Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan satu contoh dari interseksi dan konsolidasi di daerahmu!

Sebutkan satu contoh dari interseksi dan konsolidasi di daerahmu!space space

Iklan

I. Sari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Poin yang ditanyakan adalah contoh dari interseksi dan konsolidasi di daerahmu. Konsolidasi ialah serangkaian bentuk penguatan keanggotan masyarakat dalam kelompok sosial yang terdiri atas bermacam-macam elemen yaitu agama, suku, gender, status sosial, serta lainnya. Sehingga dalam hal inilah konsolidasi dilakukan dengan tujuan untuk menyatukan atau menggabungkan tiap-tiap elemen yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya asal daerah, agama, atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama. Masa orientasi siswa merupakan salah satu bentuk konsolidasi sosial. Karena dalam masa orientasi, siswa-siswa yang baru saja diterima di sekolah, diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, termasuk bertemu dan berkenalan dengan siswa-siswa lainnya. Harapannya, hal tersebut dapat memupuk rasa kebersamaan, dan menyatukan perbedaan-perbedaan (asal daerah, gender, agama, dll) sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang harmonis. Interseksi adalah sifat kategorisasi sosial yang saling terkait seperti ras, kelas, dan jenis kelamin saat diterapkan pada individu atau kelompok tertentu, yang dianggap menciptakan sistem diskriminasi atau kerugian yang tumpang tindih dan saling bergantung. Contohnya, di dalam sekolah terdapat siswa dengan berbagai latar belakang agama, jenis kelamin, asal daerah, dan lain-lain.

Poin yang ditanyakan adalah contoh dari interseksi dan konsolidasi di daerahmu.

Konsolidasi ialah serangkaian bentuk penguatan keanggotan masyarakat dalam kelompok sosial yang terdiri atas bermacam-macam elemen yaitu agama, suku, gender, status sosial, serta lainnya. Sehingga dalam hal inilah konsolidasi dilakukan dengan tujuan untuk menyatukan atau menggabungkan tiap-tiap elemen yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya asal daerah, agama, atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama. Masa orientasi siswa merupakan salah satu bentuk konsolidasi sosial. Karena dalam masa orientasi, siswa-siswa yang baru saja diterima di sekolah, diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, termasuk bertemu dan berkenalan dengan siswa-siswa lainnya. Harapannya, hal tersebut dapat memupuk rasa kebersamaan, dan menyatukan perbedaan-perbedaan (asal daerah, gender, agama, dll) sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang harmonis.

Interseksi adalah sifat kategorisasi sosial yang saling terkait seperti ras, kelas, dan jenis kelamin saat diterapkan pada individu atau kelompok tertentu, yang dianggap menciptakan sistem diskriminasi atau kerugian yang tumpang tindih dan saling bergantung. Contohnya, di dalam sekolah terdapat siswa dengan berbagai latar belakang agama, jenis kelamin, asal daerah, dan lain-lain.space space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

60

Cardio C

Jawaban tidak sesuai Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan apa yang dimaksud konsolidasi dan interseksi!

55

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia