Roboguru

Jelaskan perbedaan antara intersected social structure dan consolidated sosial structure dan berikan masing-masing contohnya!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara intersected social structure dan consolidated sosial structure dan berikan masing-masing contohnya!

Pembahasan Soal:

Intersected social structure : struktur sosial dikatakan intersected atau interseksi, apabila unsur yang ada pada struktur tersebut bersifat menyilang. Interseksi sosial merupakan persilangan suatu golongan dalam kelompok dari beragam seksi baik berupa suku, agama, jenis kelamin, ataupun kelas sosial. Interseksi sosial ini terjadi karena terjalinnya hubungan diantara beragam seksi tersebut. Misalnya seseorang pergi merantau ke kota lain untuk pendidikan, di kota tersebut terdapat beragam suku, mereka saling berhubungan satu sama lain hingga berteman akrab. Berdasarkan contoh ini, interseksi dapat menghasilkan dampak positif yaitu meningkatkan solidaritas. 
Adapun dampak negatifnya, ketika berbagai suku saling berhubungan yang memiliki latar belakang berbeda, akan menimbulkan konflik sosial adanya kesalahpahaman ataupun pertentangan yang terjadi antarindividu ataupun kelompok yang berhubungan/berinteraksi. 

consolidated sosial structure : konsolidasi merupakan suatu usaha untuk menyatukan ataupun memperkuat hubungan antara dua kelompok atau lebih. sehingga dapat dikatakan konsolidasi ini mengutamakan persatuan. Misalnya konsolidasi dalam bisnis, adanya perpaduan satu atau dua perusahaan menjadi perusahaan baru. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan satu contoh dari interseksi dan konsolidasi di daerahmu!

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah contoh dari interseksi dan konsolidasi di daerahmu.

Konsolidasi ialah serangkaian bentuk penguatan keanggotan masyarakat dalam kelompok sosial yang terdiri atas bermacam-macam elemen yaitu agama, suku, gender, status sosial, serta lainnya. Sehingga dalam hal inilah konsolidasi dilakukan dengan tujuan untuk menyatukan atau menggabungkan tiap-tiap elemen yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya asal daerah, agama, atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama. Masa orientasi siswa merupakan salah satu bentuk konsolidasi sosial. Karena dalam masa orientasi, siswa-siswa yang baru saja diterima di sekolah, diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, termasuk bertemu dan berkenalan dengan siswa-siswa lainnya. Harapannya, hal tersebut dapat memupuk rasa kebersamaan, dan menyatukan perbedaan-perbedaan (asal daerah, gender, agama, dll) sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang harmonis.

Interseksi adalah sifat kategorisasi sosial yang saling terkait seperti ras, kelas, dan jenis kelamin saat diterapkan pada individu atau kelompok tertentu, yang dianggap menciptakan sistem diskriminasi atau kerugian yang tumpang tindih dan saling bergantung. Contohnya, di dalam sekolah terdapat siswa dengan berbagai latar belakang agama, jenis kelamin, asal daerah, dan lain-lain.space space

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud konsolidasi dan interseksi!

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah pengertian konsolidasi dan interseksi.

Dalam struktur sosial konsolidasi merupakan usaha untuk menata kembali suatu kelompok sosial   yang   dinilai   mengalami   perpecahan   atau ketidakkompakan.  Selain  itu,  konsolidasi  juga  berarti sebagai  usaha  memperkuat  parameter  (nilai  ukur)  suatu kelompok  (in  group)  terhadap  kelompok  yang  lain  (outgroup). Sebagai  contohnya,  ketika  suatu  kelompok  merasa terancam  keberadaannya,  karena  melihat  kelompok  lain menjadi solid dan bersatu padu, maka kelompok tersebut akan melakukan konsolidasi atau penguatan demi eksisnya kelompok  bersangkutan.

Interseksi adalah sifat kategorisasi sosial yang saling terkait seperti ras, kelas, dan jenis kelamin saat diterapkan pada individu atau kelompok tertentu, yang dianggap menciptakan sistem diskriminasi atau kerugian yang tumpang tindih dan saling bergantung. Proses interseksi  ini  sangat  terlihat  dalam  sebuah  organisasi-organisasi  sosial.  Dalam  organisasi  sosial  terdiri  atas berbagai  macam  penggolongan  atau  perbedaan  misalnya, perbedaan ras, agama, jenis kelamin, dan lain-lain. Namun, karena  adanya  persamaan  tujuan  dalam  sebuah  visi  misi organisasi, mereka membentuk suatu kesatuan. Kondisi ini menimbulkan suatu ikatan baru di antara para anggotanya. Ikatan  baru  ini  mampu  memperlemah  perbedaan-perbedaan  yang  pada  dasarnya  sudah  dimiliki  masing-masing  dari  mereka.  Dengan  demikian,  proses  interseksi  dapat mempercepat  integrasi  sosial,  sebab  dalam  proses  interseksi mengutamakan  proses  persamaan  bukan  perbedaan.space space

Roboguru

Jelaskan perbedaan interseksi dan konsolidasi!

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah tentang intereksi dan konsolidasi

Interseksi adalah persilangan keanggotaan kelompok sosial, sedangkan konsolidasi adalah penguatan identitas keanggotaan dalam kelompok sosial.space space 

Roboguru

Seorang Sosiolog Peter M. Blau membagi struktur sosial menjadi dua bentuk yaitu ....

Pembahasan Soal:

Seorang sosiolog kelahiran Austria, Peter M. Blau, membagi struktur sosial, menjadi dua bentuk, yaitu intersected social structure atau interseksi sosial dan consolidated social structure atau konsolidasi sosial. Interseksi sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, yaitu intersection, yang kemudian dapat kita artikan sebagai perpotongan, titik pertemuan, atau persilangan antar seksi atau bagian. Seksi di sini diartikan sebagai suatu keanggotaan suatu kelompok sosial, yang bisa terbagi berdasarkan suku, ras, agama, gender, profesi, keahlian, dan lain sebagainya. Sedangkan konsolidasi, suatu struktur sosial dikatakan consolidated apabila terjadi tumpang tindih parameter (tolak ukur) dan mengakibatkan penguatan identitas keanggotaan dalam sebuah kelompok sosial. Maka jawabannya adalah C.undefined 

Roboguru

Jelaskan perbedaan interseksi dan konsolidasi !

Pembahasan Soal:

Perbedaan interseksi dan konsolidasi yaitu :

  • Interseksi, berasal dari kata intersection yang berarti sebuah titik pertemuan dari dua buah garis. Secara khusus interseksi berarti persilangan antara dua himpunan (atau lebih) yang setiap anggotanya juga menjadi bagian dari dua himpunan (atau lebih) dari masing-masing himpunan tersebut. Misalnya, sekelompok mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi tergabung dalam demonstrasi.
  • Konsolidasi, yaitu berasal dari bahasa Inggris, consolidation yang berarti penguatan atau pengukuhan. Dalam struktur sosial  konsolidasi merupakan usaha untuk menata  kembali suatu kelompok sosial yang dinilai mengalami perpecahan atau ketidakkompakan. Selain itu, konsolidasi juga berarti sebagai usaha memperkuat parameter (nilai ukur) suatu kelompok (in group) terhadap kelompok yang lain (out group).space space 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved