Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan pembagian periode pergerakan nasional di Indonesia!

Sebutkan pembagian periode pergerakan nasional di Indonesia!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Masa Pergerakan Nasional di Indonesia dibagi menjadi tiga periode, antara lain Masa Awal, Masa Radikal, dan Masa Bertahan. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Masa Pergerakan Nasional di Indonesia dibagi menjadi tiga periode, yaitu: 1. Masa Awal. Pada Masa Awal, pergerakan kebangsaan Indonesia ditandai dengan munculnya organisasi-organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam dan Indische Partij. Masa awal pergerakan nasional ini berlangsung tahun 1908 sampai 1920. 2. Masa Radikal. Pada Masa Radikal, organisasi-organisasi pergerakan nasional memilih bersikap non-kooperatif terhadap pemerintah kolonial Belanda. Organisasi tersebut antara lain Perhimpunan Indonesia, Partai Nasional Indonesia, dan Partai Komunis Indonesia. Masa radikal berlangsung dari tahun 1920 sampai 1930. 3. Masa Bertahan/Moderat. Pada Masa Bertahan, strategi perjuangan bangsa Indonesia yang awalnya radikal non-kooperatif lalu berubah menjadi moderat atau kooperatif karena mau bekerjasama dengan pemerintah kolonial Belanda. Masa ini belangsung mulai tahun 1930 sampai 1942.

Masa Pergerakan Nasional di Indonesia dibagi menjadi tiga periode, antara lain Masa Awal, Masa Radikal, dan Masa Bertahan.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Masa Pergerakan Nasional di Indonesia dibagi menjadi tiga periode, yaitu:

1. Masa Awal. Pada Masa Awal, pergerakan kebangsaan Indonesia ditandai dengan munculnya organisasi-organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam dan Indische Partij. Masa awal pergerakan nasional ini berlangsung tahun 1908 sampai 1920.

2. Masa Radikal. Pada Masa Radikal, organisasi-organisasi pergerakan nasional memilih bersikap non-kooperatif terhadap pemerintah kolonial Belanda. Organisasi tersebut antara lain Perhimpunan Indonesia, Partai Nasional Indonesia, dan Partai Komunis Indonesia. Masa radikal berlangsung dari tahun 1920 sampai 1930.

3. Masa Bertahan/Moderat. Pada Masa Bertahan, strategi perjuangan bangsa Indonesia yang awalnya radikal non-kooperatif lalu berubah menjadi moderat atau kooperatif karena mau bekerjasama dengan pemerintah kolonial Belanda. Masa ini belangsung mulai tahun 1930 sampai 1942.

Latihan Bab

Akar Nasionalisme dan Demokrasi

Strategi Pergerakan

Konsep Kilat

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan empat periode pergerakan nasional Indonesia beserta ciri strategi perjuangan yang ditetapkan.

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia