Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan nama dari senyawa berikut: a.NaOH b. NO 2 ​ c. FeCl 3 ​ d. MgS e. SnCl 4 ​

Sebutkan nama dari senyawa berikut:

a. NaOH
b.  
c.  
d. MgS
e.  

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nama senyawa tersebut adalah Natrium hidroksida, Nitrogen dioksida, Besi(III) klorida, Magnesium sulfida, dan Timah(IV) klorida.

nama senyawa tersebut adalah Natrium hidroksida, Nitrogen dioksida, Besi(III) klorida, Magnesium sulfida, dan Timah(IV) klorida.

Iklan

Pembahasan

Aturan penamaansenyawa ionik adalah dengan menyebutkan kation terlebih dahulu, kemudian anion (senyawa ionik binerdiberi akhiran -ida). Ingat , jika kation berasal dari logam yang memiliki biloks banyak (seperti Fe,Sn, Cu, dll.) harus disebutkan biloks kationnya.Senyawa poin a,c, d, dan e merupakan senyawa ionik. Senyawa a dan d memiliki kation yang biloksnya sudah pasti (+1 dan +2) sehingga tidak perlu menuliskan biloksnya.Nama senyawa NaOH adalah Natrium hidroksida dan MgS adalah Magnesium sulfida . Senyawa c dan e memiliki kation yang biloksnya banyak, sehingga harus dituliskan dalam angka romawi.Nama senyawa adalah Besi(III) klorida sedangkan nama adalah Timah(IV) klorida . Sedangkan senyawa kovalen biner penamaannya adalah dengan menyebut unsur pertama diikuti unsur kedua dengan memberi awalan sesuai jumlah atomnya(mono, di, tri, tetra, dst.) dan diakhiri - ida . Ingat , jika unsur pertama berjumlah satu tidak perlu memberi awalan mono. Senyawa b, merupakan senyawa kovalen biner dengan nama Nitrogen dioksida . Jadi, nama senyawa tersebut adalah Natrium hidroksida, Nitrogen dioksida, Besi(III) klorida, Magnesium sulfida, dan Timah(IV) klorida.

Aturan penamaan senyawa ionik adalah dengan menyebutkan kation terlebih dahulu, kemudian anion (senyawa ionik biner diberi akhiran -ida). Ingat, jika kation berasal dari logam yang memiliki biloks banyak (seperti Fe, Sn, Cu, dll.) harus disebutkan biloks kationnya. Senyawa poin a, c, d, dan e merupakan senyawa ionik.

  • Senyawa a dan d memiliki kation yang biloksnya sudah pasti (+1 dan +2) sehingga tidak perlu menuliskan biloksnya. Nama senyawa NaOH adalah Natrium hidroksida dan MgS adalah Magnesium sulfida
  • Senyawa c dan e memiliki kation yang biloksnya banyak, sehingga harus dituliskan dalam angka romawi. Nama senyawa Fe Cl subscript 3 adalah Besi(III) klorida sedangkan nama Sn Cl subscript 4 adalah Timah(IV) klorida.

Sedangkan senyawa kovalen biner penamaannya adalah dengan menyebut unsur pertama diikuti unsur kedua dengan memberi awalan sesuai jumlah atomnya (mono, di, tri, tetra, dst.) dan diakhiri -ida. Ingat, jika unsur pertama berjumlah satu tidak perlu memberi awalan mono.

  • Senyawa b, N O subscript 2 merupakan senyawa kovalen biner dengan nama Nitrogen dioksida.

Jadi, nama senyawa tersebut adalah Natrium hidroksida, Nitrogen dioksida, Besi(III) klorida, Magnesium sulfida, dan Timah(IV) klorida.

Latihan Bab

Pendahuluan Tata Nama Senyawa

Tata Nama Senyawa Ionik

Tata Nama Senyawa Kovalen

Tata Nama Senyawa Asam

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

NABILA NAILA H

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan rumus kimia dari senyawa berikut. a. karbon disulfida b. kalium dikromat c. besi (III) hidroksida d.timbal (II) nitrat e.kalsium nitrida

1rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia