Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan nama bentuk molekul serta kepolaran senyawa berikut! Br 2 ​

Sebutkan nama bentuk molekul serta kepolaran senyawa berikut!

space space space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Molekul Br 2 ​ mempunyai bentuk molekul lineardan bersifat nonpolar. Struktur ruang atau bentuk suatu molekul dapat diramalkan berdasarkan adanya PasanganElektron lkatan (PEl) dan Pasangan Elektron Bebas (PEB) pada kulit terluar dariatom pusat di dalam molekul tersebut. Pasangan elektron yang terdapat padakulit terluar dari suatu atom pusat memiliki muatan sejenis sehingga terjadisuatu gaya tolak-menolak. Pasangan-pasangan elektron ini akan memperkecilgaya tolak-menolak tersebut dengan membentuk suatu susunan tertentu. Teoriini dikenal sebagai Teori Tolakan Pasangan Elektron Kulit Valensi atau TeoriVSEPR ( Valence Shell Electron Pair Repulsion ). Dalam meramalkan geometri molekul berdasarkan teori VSEPR, kita perlu menentukan banyaknya PEI dan PEB pada atom pusat dengan rumus: dengan: A = atom pusat X = pasangan elektron ikatan m = jumlah PEI pada atom pusat E = pasangan elektron bebas n = jumlah PEB pada atom pusat Brom (Br) mempunyai konfigurasi elektron 35 ​ Br : 2 8 18 7 .Molekul Br 2 ​ memiliki struktur Lewis sebagai berikut: Rumus VSEPR dari Br 2 ​ adalah AX 2 ​ . Senyawa Br 2 ​ memiliki bentuk molekul linear. Kepolaran suatu molekul dapat diprediksi melalui bentuk molekulnya. Senyawa dengan bentuk molekul simetris merupakan senyawa nonpolar, karena elektron tertarik sama kuat ke segala arah. Sementara senyawa dengan bentuk molekul asimetris merupakan senyawa polar, elektron tertarik ke salah satu atom menyebabkan adanya perbedaan keelektronegatifan. Br 2 ​ mempunyai bentuk molekul simetris, maka Br 2 ​ merupakan senyawa nonpolar.

Molekul  mempunyai bentuk molekul linear dan bersifat nonpolar.

Struktur ruang atau bentuk suatu molekul dapat diramalkan berdasarkan adanya Pasangan Elektron lkatan (PEl) dan Pasangan Elektron Bebas (PEB) pada kulit terluar dari atom pusat di dalam molekul tersebut. Pasangan elektron yang terdapat pada kulit terluar dari suatu atom pusat memiliki muatan sejenis sehingga terjadi suatu gaya tolak-menolak. Pasangan-pasangan elektron ini akan memperkecil gaya tolak-menolak tersebut dengan membentuk suatu susunan tertentu. Teori ini dikenal sebagai Teori Tolakan Pasangan Elektron Kulit Valensi atau Teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion). 

Dalam meramalkan geometri molekul berdasarkan teori VSEPR, kita perlu menentukan banyaknya PEI dan PEB pada atom pusat dengan rumus:

italic A italic X subscript m italic E subscript n 

dengan:
A = atom pusat
X = pasangan elektron ikatan
m = jumlah PEI pada atom pusat
E = pasangan elektron bebas
n = jumlah PEB pada atom pusat 

Brom (Br) mempunyai konfigurasi elektron . Molekul  memiliki struktur Lewis sebagai berikut:

 

Rumus VSEPR dari  adalah . Senyawa  memiliki bentuk molekul linear.

Kepolaran suatu molekul dapat diprediksi melalui bentuk molekulnya. Senyawa dengan bentuk molekul simetris merupakan senyawa nonpolar, karena elektron tertarik sama kuat ke segala arah. Sementara senyawa dengan bentuk molekul asimetris merupakan senyawa polar, elektron tertarik ke salah satu atom menyebabkan adanya perbedaan keelektronegatifan.

 mempunyai bentuk molekul simetris, maka  merupakan senyawa nonpolar.space space space

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

142

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan nama bentuk molekul serta kepolaran senyawa berikut! HCl

282

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia