Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan macam-macamperkembangbiakan vegetatif alami tumbuhan. Jelaskan dan masing-masingberikan contohnya!

Sebutkan macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami tumbuhan. Jelaskan dan masing-masing berikan contohnya!space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Perkembangbiakan vegetatif merupakan jenis perkembangbiakan pada tumbuhan tanpa melalui pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Vegetatif pada tumbuhan dapat terjadi melalui dua cara, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. Vegetatif alami terjadi tanpa adanya bantuan dari manusia. Perkembangbiakan secaravegetatif alami, di antaranya: Akar tinggal (rhizoma) : perkembangbiakan ini terjadi dengan cara batangmenjalar di dalam tanah dan menumbuhkan tunas. Contohnya pada lengkuas, jahe, kunyit, dan temulawak. Spora : alat perkembangbiakan non-biji yang berisi sel-sel gametofit. Contoh tumbuhan yang bereproduksi menggunakan spora adalah tumbuhan paku danlumut. Umbi lapis :perkembangbiakan yang terdiri dari tumpukan daun berlapis dan tebal. Contohnya pada bawang merah, bawang putih, dan bunga lili. Umbi akar : perkembangbiakan yang menumbuhkan cabang baru dari bekas batangnya.Akar pada tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar beralih fungsi menyimpan cadangan makanan. Contohnya pada ubi kayu danwortel. Umbi batang : perkembangbiakan melalui batang yang tumbuh di dalam tanah dan berfungsi sebagai cadangan makanan. Contohnya pada kentang danubi jalar. Geragih (stolon) : perkembangbiakan melalui bagian batang yang tumbuh menjadi cabang batang yang menjalar di permukaan tanah. Contohnya pada stroberi danrumput teki. Tunas : perkembangbiakan yang menumbuhkan tumbuhan baru dari tunas lateral di atas permukaan tanah. Contohnya pada pisang, tebu, dan bambu. Tunas adventif : perkembangbiakan melalui tunas yang tumbuh di luar bagian batang. Contohnya pada cocor bebek.

Perkembangbiakan vegetatif merupakan jenis perkembangbiakan pada tumbuhan tanpa melalui pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Vegetatif pada tumbuhan dapat terjadi melalui dua cara, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. Vegetatif alami terjadi tanpa adanya bantuan dari manusia. Perkembangbiakan secara vegetatif alami, di antaranya:space

  • Akar tinggal (rhizoma): perkembangbiakan ini terjadi dengan cara batang menjalar di dalam tanah dan menumbuhkan tunas. Contohnya pada lengkuas, jahe, kunyit, dan temulawak.
  • Spora: alat perkembangbiakan non-biji yang berisi sel-sel gametofit. Contoh tumbuhan yang bereproduksi menggunakan spora adalah tumbuhan paku dan lumut.
  • Umbi lapis: perkembangbiakan yang terdiri dari tumpukan daun berlapis dan tebal. Contohnya pada bawang merah, bawang putih, dan bunga lili.
  • Umbi akar: perkembangbiakan yang menumbuhkan cabang baru dari bekas batangnya. Akar pada tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar beralih fungsi menyimpan cadangan makanan. Contohnya pada ubi kayu dan wortel.
  • Umbi batang: perkembangbiakan melalui batang yang tumbuh di dalam tanah dan berfungsi sebagai cadangan makanan. Contohnya pada kentang dan ubi jalar.
  • Geragih (stolon): perkembangbiakan melalui bagian batang yang tumbuh menjadi cabang batang yang menjalar di permukaan tanah. Contohnya pada stroberi dan rumput teki.
  • Tunas: perkembangbiakan yang menumbuhkan tumbuhan baru dari tunas lateral di atas permukaan tanah. Contohnya pada pisang, tebu, dan bambu.
  • Tunas adventif: perkembangbiakan melalui tunas yang tumbuh di luar bagian batang. Contohnya pada cocor bebek.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

naswah

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Rizki Merdekawati

Ini yang aku cari!

Glenn Anersio Singkali

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Terdapat cara perkembangbiakan tumbuhan: Okulasi geragih Stek Rhizoma tunas adventif Mengentern Cara perkembangbiakan yang termasuk vegetatif alami adalah nomor ....

364

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia