Iklan

Iklan

Pertanyaan

Terdapat cara perkembangbiakan tumbuhan: Okulasi geragih Stek Rhizoma tunas adventif Mengentern Cara perkembangbiakan yang termasuk vegetatif alami adalah nomor ....

Terdapat cara perkembangbiakan tumbuhan:

  1. Okulasi
  2. geragih
  3. Stek
  4. Rhizoma
  5. tunas adventif
  6. Mengentern

Cara perkembangbiakan yang termasuk vegetatif alami adalah nomor ....space 

Iklan

E. Roa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara perkembangbiakan yang termasuk vegetatif alami adalah nomor 2, 4, dan 5.

cara perkembangbiakan yang termasuk vegetatif alami adalah nomor 2, 4, dan 5.space 

Iklan

Pembahasan

Perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan merupakanperkembangbiakanyang tidak melibatkan sel kelamin atau tidak terjadi perkawinan (aseksual) dan berlangsung secara alami(tanpa campur tanganmanusia). Perkembangbiakan tersebut diantaranya sebagai berikut. Umbi lapis (bulbus), merupakan modifikasi batang dan daun, tersusun atas lapisan daun dan batang (cakram). Pada umbi lapis terdapat kuncup samping (anak umbi atau siung) yang apabila dipisahkan dari umbi induk, akan tumbuh menjadi individu baru. Contoh: bawang merah ( Allium cepa ). Umbi batang, merupakan modifikasi batang yang mengalami pembengkakan didalam tanah. Pada umbi batang ini terdapat mata tunas yang dapat berkembang menjadi individu baru. Selain itu, umbi batang ini bisa untuk cadangan makanan. Contoh: kentang ( Solanum tuberosum ). Tunas adventif , merupakan kuncup yang terdapat pada tepi daun, disebut juga tunas liar tepi daun. Kuncup ini dapat berkembang menjadi individu baru. Contoh: cocor bebek ( Bryophyllum pinnatum ). Rhizoma, merupakan batang yang ada di dalam tanah. Rhizoma ini beruas dan berbuku. Pada setiap bukunya, terdapat tunas yang bisa berkembang menjadi individu baru. Contoh: kunyit ( Curcuma domestica ). Stolon (geragih), merupakanbatang tumbuhan yang menjalar di atas tanah. Stolon ini berbuku-buku, setiap bukunya terdapat tunas yang bisa berkembang menjadi individu baru. Contoh: strawberry( Fragaria virginiana ). Jadi, cara perkembangbiakan yang termasuk vegetatif alami adalah nomor 2, 4, dan 5.

Perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan merupakan perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel kelamin atau tidak terjadi perkawinan (aseksual) dan berlangsung secara alami (tanpa campur tangan manusia). Perkembangbiakan tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. Umbi lapis (bulbus), merupakan modifikasi batang dan daun, tersusun atas lapisan daun dan batang (cakram). Pada umbi lapis terdapat kuncup samping (anak umbi atau siung) yang apabila dipisahkan dari umbi induk, akan tumbuh menjadi individu baru. Contoh: bawang merah (Allium cepa).
  2. Umbi batang, merupakan modifikasi batang yang mengalami pembengkakan didalam tanah. Pada umbi batang ini terdapat mata tunas yang dapat berkembang menjadi individu baru. Selain itu, umbi batang ini bisa untuk cadangan makanan. Contoh: kentang (Solanum tuberosum).
  3. Tunas adventif, merupakan kuncup yang terdapat pada tepi daun, disebut juga tunas liar tepi daun. Kuncup ini dapat berkembang menjadi individu baru. Contoh: cocor bebek (Bryophyllum pinnatum).
  4. Rhizoma, merupakan batang yang ada di dalam tanah. Rhizoma ini beruas dan berbuku. Pada setiap bukunya, terdapat tunas yang bisa berkembang menjadi individu baru. Contoh: kunyit (Curcuma domestica).
  5. Stolon (geragih), merupakan batang tumbuhan yang menjalar di atas tanah. Stolon ini berbuku-buku, setiap bukunya terdapat tunas yang bisa berkembang menjadi individu baru. Contoh: strawberry (Fragaria virginiana). 

Jadi, cara perkembangbiakan yang termasuk vegetatif alami adalah nomor 2, 4, dan 5.space 

Latihan Bab

Konsep Kilat

Perkembangbiakan pada Tumbuhan

Vegetatif Alami pada Tumbuhan Tingkat Tinggi

Vegetatif Buatan pada Tumbuhan Tingkat Tinggi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

175

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar tumbuhan berikut! Pernyataan yang benar mengenai caraperkembangbiakan tumbuhan tersebut adalah ...

5rb+

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia