Roboguru

Sebutkan kegunaan sosiologi dalam perencanaan sosial!

Pertanyaan

Sebutkan kegunaan sosiologi dalam perencanaan sosial!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kegunaan sosiologi dalam perencanaan sosial adalah sebagai berikut.

  1. Sosiologi mempunyai dasar kemampuan mendalam tentang perkembangan kebudayaan masyarakat dari taraf yang tradisional sampai pada taraf kebudayaan yang modern. Dengan demikian, proses penyusunan dan pengenalan suatu perencanaan sosial relatif lebih mudah dilakukan.
  2. Sosiologi mempunyai dasar kemampuan memahami hubungan manusia dengan alam sekitarnya, hubungan antargolongan dalam masyarakat, memahami proses perubahan dan pengaruh-pengaruh penemuan baru terhadap masyarakat.
  3. Sosiologi mempunyai disiplin ilmu yang objektif. Hal ini berarti proses pelaksanaan kerjanya lebih didasarkan pada spekulasi dan harapan yang ideal.
  4. Menurut pandangan sosiologi, perencanaan sosial merupakan alat untuk mengetahui perkembangan kehidupan masyarakat, sehingga perencanaan tersebut dapat bermanfaat dalam menghimpun kekuatan sosial dalam rangka menciptakan ketertiban masyarakat.
  5. Dalam berpikir secara sosiologis, perencanaan sosial dapat dimanfaatkan untuk mengetahui batas-batas keterbelakangan dan kemajuan masyarakat di bidang kebudayaan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah perbedaan antara sosiologi murni dengan sosiologi terapan?

Pembahasan Soal:

Soal tersebut merujuk pada materi fungsi sosiologi. 

Sebagai ilmu murni (pure science), sosiologi berusaha mencari pengetahuan mengenai kemiskinan tersebut; mengapa kemiskinan terjadi, apa akibatnya, serta bagaimana intensitas dan kuantitasnya. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu dijadikan pengetahuan yang semata-mata digunakan untuk pengembangan sosiologi sebagai ilmu (teori). Pada kajian murni untuk kepentingan ilmu, sosiologi tidak sedikit pun bertujuan untuk mencoba mencari jalan keluar agar masyarakat bisa terbebas dari kemiskinan.

Sebagai ilmu terapan, sosiologi dapat membantu manusia memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Kemiskinan tidak semata dikaji untuk menghasilkan pengetahuan (teori) mengenai
kemiskinan. Akan tetapi, pengetahuan yang didapat mengenai gejala sosial tersebut dilanjutkan dengan upaya praktis untuk menangani gejala-gejala itu.

Sehingga, sosiologi murni digunakan dalam bidang keilmuan saja sedangkan sosiologi terapan digunakan juga untuk memecahkan berbagai persoalan masyarakat. 

0

Roboguru

Ilmu pengetahuan bertujuan untuk diterapkan dan dipergunakan dalam masyarakat untuk membantu kehidupan masyarakat menunjukkan sosiologi sebagai ….

Pembahasan Soal:

Ilmu terapan adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk diterapkan dan dipergunakan dalam masyarakat untuk membantu kehidupan masyarakat. Sosiologi juga dapat berperan sebagai ilmu terapan di masyarakat. Posisi sosiologi yang berusaha untuk memecahkan masalah dan memperbaiki kehidupan di masyarakat ini, kita kenal dengan sosiologi sebagai ilmu terapan. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pilihan D. space space 

0

Roboguru

Jelaskan manfaat mempelajari sosiologi menurut pandangan kalian sendiri ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan manfaat sosiologi. Topik ini berkaitan dengan bagaiamana sosiologi memiliki manfaat dalam kehidupan individu dan masyarakatnya. Manfaat sosiologi bisa dilihat dari berbagai macam hal di antaranya;

  1. Sosiologi berperan sebagai pembangunan sosial budaya.
  2. Sosiologi berperan sebagai alat pemecahan masalah sosial.
  3. Sosiologi bermanfaat sebagai alat bantu untuk meningkatkan integritas atau persatuan.

Dengan melihat penjelasan tersebut, sosiologi membantu manusia dan masyarakatnya menuju kondisi ideal, kondisi di mana adanya persatuan, kesejahteraan, dan keharmonisan dalam masyarakat.space 

0

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan ilmu sosiologi terapan?

Pembahasan Soal:

Sosiologi terapan adalah bidang sosiologi yang fokus utamanya adalah menemukan solusi atas masalah sosial dengan bantuan pengetahuan teoritis. Berbeda dengan sosiologi murni dimana sosiolog lebih tertarik untuk memperluas ilmunya, pada sosiologi terapan fokusnya adalah pada aspek praktis dari disiplin ilmu tersebut.space space  

0

Roboguru

Sosiologi telah menjadi ilmu terapan apabila ....

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah sosiologi sebagai ilmu terapan

Sebagai ilmu terapansosiologi dapat membantu manusia memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, apabila kajiannya ditujukan untuk menemukan langkah-langkah praktis dengan menggunakan teori-teori sosiologi guna mengatasi kemiskinan, disinilah sosiologi disebut sebagai ilmu terapan.

Jadi jawaban yang tepat adalah teori-teorinya dapat menyelesaikan persoalan di masyarakatspace space(A)space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved