Roboguru

Jelaskan perbedaan antara sosiologi dikatakan sebagai ilmu murni dan sosiologi sebagai ilmu terapan serta berikan contohnya masing-masing!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara sosiologi dikatakan sebagai ilmu murni dan sosiologi sebagai ilmu terapan serta berikan contohnya masing-masing! 

Pembahasan Soal:

Secara etimologis, sosiologi berasal dari kata socius (Bahasa Latin, artinya kawan atau teman) dan logos (Bahasa Yunani, artinya ilmu). Sosiologi secara harfiah berarti ilmu pengetahuan yang selalu berkaitan dengan bagaimana manusia hidup dengan masyarakatnya.

Perbedaan sosiologi sebagai ilmu murni dan sosiologi sebagai ilmu terapan :

  • Sosiologi sebagai ilmu murni, membentuk dan mengembangkan pengetahuan secara abstrak untuk mempertinggi mutu pengetahuan. Contohnya, seorang sosiolog sedang melakukan penelitian tentang kemiskinan. Penelitian itu bertujuan untuk mengetahui sebab dan dampak kemiskinan. 
  • Sosiologi sebagai ilmu terapan, mencari cara - cara memecahkan masalah praktis. Contohnya, seorang sosiolog memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah kemiskinan dengan berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah perbedaan antara sosiologi murni dengan sosiologi terapan?

Pembahasan Soal:

Soal tersebut merujuk pada materi fungsi sosiologi. 

Sebagai ilmu murni (pure science), sosiologi berusaha mencari pengetahuan mengenai kemiskinan tersebut; mengapa kemiskinan terjadi, apa akibatnya, serta bagaimana intensitas dan kuantitasnya. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu dijadikan pengetahuan yang semata-mata digunakan untuk pengembangan sosiologi sebagai ilmu (teori). Pada kajian murni untuk kepentingan ilmu, sosiologi tidak sedikit pun bertujuan untuk mencoba mencari jalan keluar agar masyarakat bisa terbebas dari kemiskinan.

Sebagai ilmu terapan, sosiologi dapat membantu manusia memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Kemiskinan tidak semata dikaji untuk menghasilkan pengetahuan (teori) mengenai
kemiskinan. Akan tetapi, pengetahuan yang didapat mengenai gejala sosial tersebut dilanjutkan dengan upaya praktis untuk menangani gejala-gejala itu.

Sehingga, sosiologi murni digunakan dalam bidang keilmuan saja sedangkan sosiologi terapan digunakan juga untuk memecahkan berbagai persoalan masyarakat. 

0

Roboguru

Jelaskan manfaat mempelajari sosiologi menurut pandangan kalian sendiri ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan manfaat sosiologi. Topik ini berkaitan dengan bagaiamana sosiologi memiliki manfaat dalam kehidupan individu dan masyarakatnya. Manfaat sosiologi bisa dilihat dari berbagai macam hal di antaranya;

  1. Sosiologi berperan sebagai pembangunan sosial budaya.
  2. Sosiologi berperan sebagai alat pemecahan masalah sosial.
  3. Sosiologi bermanfaat sebagai alat bantu untuk meningkatkan integritas atau persatuan.

Dengan melihat penjelasan tersebut, sosiologi membantu manusia dan masyarakatnya menuju kondisi ideal, kondisi di mana adanya persatuan, kesejahteraan, dan keharmonisan dalam masyarakat.space 

0

Roboguru

Jelaskan manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari mempelajari sosiologi?

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah manfaat mempelajari sosiologi.

Ilmu sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial bermasyarakat antara individu dengan individu, individu dengan kolompok, dan kelompok dengan kelompok. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi disebut sebagai ilmu murni dan ilmu terapan. Sebagai ilmu murni, sosiologi membentuk dan mengembangkan pengetahuan secara abstrak guna mempertinggi mutu pengetahuan tersebut. Sebagai ilmu terapan, sosiologi dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari secara nyata.

Dengan demikian, manfaat yang diperoleh dari mempelajari sosiologi sebagai ilmu murni adalah mendapatkan pengetahuan tentang berbagai bentuk realita sosial yang terjadi di masyarakat dan dapat mengkaji suatu permasalahan yang terjadi antarindividu dan antarkelompok. Sedangkan, manfaat mempelajari sosiologi sebagai ilmu terapan adalah individu menjadi lebih tanggap dan kritis terhadap gejala-gejala sosial, memahami perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat, dan mampu membantu untuk kontrol segala tindakan sosial anggota masyarakat.space space 

0

Roboguru

Sosiologi merupakan ilmu terapan yang murni karena bertujuan untuk .....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan fungsi dan peran sosiologi dalam pembangunan dan pon yang ditanyakan adalah sosiologi sebagai ilmu munri dan terapan.

Sosiologi merupakan ilmu murni dan ilmu terapan. Sosiologi disebut sebagai ilmu murni karena memiliki pengetahuan, sistematis, dan objektif. Sementara sosiologi sebagai ilmu terapan menggunakan cara-cara pengetahuan ilmiah guna memecahkan masalah praktis.   

0

Roboguru

Alasan sosiologi berkembang menjadi ilmu yang berdiri sendiri menurut Brigitte Berger adalah ...

Pembahasan Soal:

Sosiologi awalnya menjadi bagian dari filsafat sosial yang membahas masyarakat. Menurut Brigette Berger dan Peter L. Berger, sosiologi berkembang menjadi ilmu yang berdiri sendiri karena adanya ancaman terhadap tatanan sosial yang selama ini dianggap seharusnya diterima saja (threats to the taken for granted world). L. Laeyendecker mengidentifikasi ancaman tersebut meliputi Revolusi lndustri dan Revolusi Prancis, kapitalisme pada akhir abad ke-15, perubahan di bidang sosial dan politik, perubahan akibat gerakan reformasi yang dicetuskan Martin Luther, meningkatnya individualisme, lahirnya ilmu pengetahuan modern, dan berkembangnya kepercayaan pada diri sendiri. Menurut Laeyendecker, ancaman-ancaman tersebut menyebabkan perubahan-perubahan jangka panjang yang ketika itu sangat mengguncang masyarakat Eropa.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved