Roboguru

Sebutkan kecenderungan yang terjadi sebagai akibat globalisasi di negara berkembang!

Pertanyaan

Sebutkan kecenderungan yang terjadi sebagai akibat globalisasi di negara berkembang!undefined 

Pembahasan Soal:

Globalisasi selain memudahkan hubungan komunikasi, transportasi, pertukaran tekologi dan kebudayaan antarnegara, juga menuntut negara-ngara untuk memiliki keampuan bersaing dalam kehidupan global.

Bagi negara-negara yang siap dan mampu bersaing, globalisasi dapat memberikan keuntungan. Namun, bagi negara-ngara berkembang yang belum siap, karena ketertingalan dalam kepemilikan modal, teknologi dan sumberdaya manusia, akan menimbulkan hambatan dan permasalahan, seperti tingginya tingkat konsumsi terhadap barang-barang impor, sulitnya memproteksi industri lokal dan lain sebagainya.

Ketidakmampuan dalam memasuki persaingan global, akan membuat negara-ngara berkembang akan memiliki kecenderungan mengalami westernisasi (kebarat-baratan) yaitu hanya bergaya, mengonsumsi budaya negara maju tapi tidak memiliki kemajuan itu sendiri, dan kedua mengalami ketergantungan (dependensi) terhadap barang, investasi dan teknologi dari negara-negara maju.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka kecenderungan yang terjadi karena adanya globalisasi bagi negara berkembang adalah westernisasi (kebarat-baratan) dan dependensi (ketergantungan).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved