Roboguru

Meningkatnya pemanasan global (global warming) mendorong berbagai negara berupaya mengatasi permasalahan lingkungan tersebut, termasuk Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan Indonesia untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Meningkatnya pemanasan global (global warming) mendorong berbagai negara berupaya mengatasi permasalahan lingkungan tersebut, termasuk Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan Indonesia untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah .... undefined 

  1. mengoptimalkan pelestarian dan fungsi hutan sebagai paru-paru duniaundefined 

  2. mengoptimalkan penggunaan energi yang berasal dari minyak bumi undefined 

  3. mengoptimalkan penggunaan kendaraan pribadi untuk bepergianundefined 

  4. menghentikan produksi kendaraan bermotor undefined 

  5. menghentikan beroperasinya berbagai industri undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Meningkatnya masalah global di era globalisasi bisa dilihat dari upaya berbagai negara dalam mengatasi global warming. Salah satu yang bisa dilakukan Indonesia agar mencegah global warming adalah dengan mengoptimalkan pelestarian dan fungsi hutan sebagai paru-paru dunia, karena dengan itu global warming bisa diminimalisir.

Dengan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.mengoptimalkan pelestarian dan fungsi hutan sebagai paru-paru duniaundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pengurangan sumber daya alam setiap tahunnya, seperti minyak bumi dan logam mulia membuat beberapa negara berinvestasi di negara lain untuk mengeruk sumber daya di negara tersebut. Contoh yang mudah d...

Pembahasan Soal:

Meningkatnya masalah bersama adalah ciri-ciri globalisasi. Misalnya meningkatnya masalah bersama pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional, dan lain-lain. Dalam hal ini, masalah ini harus diselesaikan secara bersamaan tidak hanya satu negara saja yang mampu menyelesaikannya. Contohnya kekurangan sumber daya alam yang bisa menjadi masalah bersama dari sisi lingkungan. Ada beberapa sumber daya alam yang pasti akan mengalami pengurangan setiap tahunnya. Misalnya minyak bumi dan logam mulia. Dengan adanya eksploitasi yang berlebih terhadap sumber daya alam tersebut dikhawatirkan akan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang parah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined  

0

Roboguru

Sebutkan kecenderungan yang terjadi sebagai akibat globalisasi di negara berkembang!

Pembahasan Soal:

Globalisasi selain memudahkan hubungan komunikasi, transportasi, pertukaran tekologi dan kebudayaan antarnegara, juga menuntut negara-ngara untuk memiliki keampuan bersaing dalam kehidupan global.

Bagi negara-negara yang siap dan mampu bersaing, globalisasi dapat memberikan keuntungan. Namun, bagi negara-ngara berkembang yang belum siap, karena ketertingalan dalam kepemilikan modal, teknologi dan sumberdaya manusia, akan menimbulkan hambatan dan permasalahan, seperti tingginya tingkat konsumsi terhadap barang-barang impor, sulitnya memproteksi industri lokal dan lain sebagainya.

Ketidakmampuan dalam memasuki persaingan global, akan membuat negara-ngara berkembang akan memiliki kecenderungan mengalami westernisasi (kebarat-baratan) yaitu hanya bergaya, mengonsumsi budaya negara maju tapi tidak memiliki kemajuan itu sendiri, dan kedua mengalami ketergantungan (dependensi) terhadap barang, investasi dan teknologi dari negara-negara maju.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka kecenderungan yang terjadi karena adanya globalisasi bagi negara berkembang adalah westernisasi (kebarat-baratan) dan dependensi (ketergantungan).

0

Roboguru

Cara menangkal dampak negatif globalisasi adalah....

Pembahasan Soal:

Dampak negatif dari globalisasi dapat kita atasi dengan tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai agama dan nilai-nilai Pancasila yang merupakan pedoman berperilaku yang sudah disosialisasikan sejak kecil dan harus menjadi kepribadian bangsa. Tanpa adanya pedoman berperilaku maka seorang individu akan menjadi labil dan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bersifat negatif.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Dspace space

0

Roboguru

Pada era globalisasi saat ini memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas pariwisata ke berbagai negara di dunia. Salah satunya, yaitu aktivitas wisatawan asing yang melakukan perjalanan wisata ke ...

Pembahasan Soal:

Karakteristik globalisasi meliputi perubahan dalam konsep ruang dan waktu, ketergantungan pasar dan produksi ekonomi di negara-negara berbeda, peningkatan interaksi kultural, dan meningkatnya masalah bersama. Berdasarkan kasus di atas, globalisasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas pariwisata ke berbagai negara merupakan salah satu aktivitas yang dapat menimbulkan masalah global. Masalah global tersebut, yaitu salah satunya tragedi bom Bali yang memakan korban jiwa baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Dapat dikatakan bahwa tragedi bom Bali yang memiliki hubungan dengan aksi terorisme tersebut, merupakan salah satu bentuk masalah global yang dapat mengganggu stabilitas keamanan suatu negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Plastik merupakan bahan yang tidak dapat terurai dengan baik. Pencemaran laut akibat sampah plastik menunjukkan terjadinya permasalahan . . . .

Pembahasan Soal:

Salah satu dampak negatif globalisasi adalah kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan hidup dapat diartikan sebagai proses deteriorasi atau penurunan mutu (kemunduran) lingkungan. Deteriorasi lingkungan ini ditandai dengan hilangnya sumber daya tanah, air, udara, punahnya flora dan fauna liar, dan kerusakan ekosistem.

\Kerusakan Lingkungan. Secara umum, kerusakan lingkungan dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu proses alam dan ulah manusia. Maraknya sampah plastik menunjukkan bahwa manusia tidak lagi bisa mengontrol aktivitasnya, rendahnya kesadaran dan pengetahuan manusia mengenai hal tersebut membuat manusia tidak mengindahkan lingkungan. Sebagai penyumbang plastik terbesar kedua di dunia, Indonesia harus selangkah lebih maju dari sekarang. Adanya imbauan untuk penggunaan plastik seharusnya dapat dipahami masyarakat dengan cara sederhana membawa kantong belanja sendiri, mendaur ulang sampah plastik, ataupun tidak membuang sampah tersebut sembarangan. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved