Pertanyaan

Mengunjungi Museum untuk Mengisi Kemerdekaan

    Sebagai siswa, kamu memiliki kewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Di sana, siswa dapat berkeliling melihat ruangan-ruangan yang ada dalam museum dengan dipandu oleh penjaga museum.
    Secara garis besar, museum tersebut memiliki empat ruangan. Ruangan pertama adalah ruang tamu. Ruangan ini merupakan kantor Laksamana Maeda, sekaligus menjadi tempat pertama perumusan naskah proklamasi. Ruangan kedua merupakan ruangan yang dulunya dijadikan tempat rapat Ir. Soekarno Bersama kawan-kawan perumus lain sampai dini hari. Di ruangan inilah naskah proklamasi ditulis sendiri oleh Soekarno. Saat ini, ruangan kedua ini dirawat khusus dan ditata sedemikian rupa sehingga terlihatlah suasana Ketika Soekarno membacakan naskah proklamasi di Pegangsaan Timur.
    Hal berbeda terlihat di ruangan ketiga dan keempat. Sebuah piano besar terletak di ruangan ketiga. Sementara itu, di ruangan keempat tersimpan benda-benda bersejarah lainnya. Benda-benda tersebut terdiri atas jam tangan, pulpen, dan baju-baju. Ruangan keempat juga menjadi tempat Sayuti Melik mengetik naskah proklamasi.
    Dengan berkunjung ke museum, para siswa dapat melihat-lihat benda bersejarah di sana. Selain mengetahui sejarah dari buku, mereka juga dapat melihat secara langsung tempat terjadinya peristiwa perumusan naskah proklamasi. Dengan demikian, mereka dapat lebih menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Selain itu, mereka diharapkan dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk bangsa dan negara.undefined 

Sebutkan kalimat utama paragraf 3!

Sebutkan kalimat utama paragraf 3! 

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat utama paragraf 3 adalah hal berbeda terlihat di ruangan ketiga dan keempat .

kalimat utama paragraf 3 adalah hal berbeda terlihat di ruangan ketiga dan keempat.undefined 

Pembahasan

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama, pada suatu paragraf.Keberadaan kalimat utama pada suatu paragraf sangat penting karena menjadi kerangka dasar dalam pengembangan paragraf dan mengandung keseluruhan isi pargaraf. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir. Kalimat utama pada paragraf 3 terletak di awal paragraf yaitu hal berbeda terlihat di ruangan ketiga dan keempat. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama karena kalimat tersebutdijadikan acuan dalam pengembangan paragraf. Dengan demikian, kalimat utama paragraf 3 adalah hal berbeda terlihat di ruangan ketiga dan keempat .

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama, pada suatu paragraf. Keberadaan kalimat utama pada suatu paragraf sangat penting karena menjadi kerangka dasar dalam pengembangan paragraf dan mengandung keseluruhan isi pargaraf. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Kalimat utama pada paragraf 3 terletak di awal paragraf yaitu hal berbeda terlihat di ruangan ketiga dan keempat. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama karena kalimat tersebut dijadikan acuan dalam pengembangan paragraf.

Dengan demikian, kalimat utama paragraf 3 adalah hal berbeda terlihat di ruangan ketiga dan keempat.undefined 

11

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan kalimat nomor ....

681

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia