Pertanyaan

Perhatikan pidato berikut.


    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah,

    Yang terhormat Bapak Ibu Guru Staf karyawan,

    Dan teman-temanku yang saya cintai,

    Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Terucap syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita kebahagiaan, kesehatan, dan kemasyuran yang tiada hentinya sehingga berkat kemurahan hati-Nya kita mampu hadir di ruang ini tanpa kurang suatu apapun. Tak lepas pula shalawat yang selalu kita sanjung agungkan kepada tauladan umat Islam di seluruh jagad raya ini, Nabi Muhammad SAW yang selalu dan selalu kita nantikan pertolongannya di hari akhir nanti.

    Tepat pada hari ini tanggal 21 April merupakan hari kelahiran R.A Kartini. Sampai saat ini siapakah di ruangan ini yang tidak mengenal beliau? Tentu setiap kita sudah tidak asing lagi untuk nama yang satu ini, betapa tidak, sejak usia dini di masa Taman Kanak-kanak dahulu sering kali kita memperingati hari kelahiran beliau dengan sebutan Hari Kartini. Di hari itu , semua anak-anak serempak memakai pakaian kebaya khas R.A Kartini.

    Sejarah panjang yang telah dilakukan oleh beliau walaupun beliau meninggal dalam usia yang masih muda tidak bisa kita lupakan begitu saja. Karena berkat apa yang telah beliau lakukan mampu mengubah kesetaraan gender di Indonesia serta beliau juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita.

    Dampak dari perjuangan R.A Kartini yang dapat dirasakan hingga saat ini sesuai dengan buku karangannya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Di mana sejak saat itu, pelita akan keseimbangan antara wanita dan pria makin bersinar. Wanita akhirnya mampu membuktikan bahwa mereka tidak hanya dilahirkan untuk bergemul di dalam rumah menunggu takdir dan menjalankan kewajiban melayani serta berpendidikan rendah.

    Berkat kegigihan dari R.A Kartini ini, Indonesia kini memiliki seorang yang mampu menunjukkan kepada tidak hanya kaum lelaki dinegaranya tetapi juga menunjukkan kepada dunia bahwa wanita juga mampu untuk menjadi setara dan nomor satu. Sebagai contoh nyata, kita memiliki wanita kuat seperti ibu Sri Mulyani, di mana kini beliau pindah untuk membuktikan bahwa apa yang selama ini dipandang sebelah mata kepada wanita mampu untuk ditangkis dengan segala kemampuan dari beliau.

    Perjuangan yang sejauh ini dilakukan oleh R.A. Kartini wajib kita teladani, namun jangan lupa dan terbuai bahwa apa yang telah dilakukan oleh beliau belum sepenuhnya selesai. Karena, tugas itu harus kita lanjutkan, dimana masih banyak wanita-wanita di Indonesia yang masih dipandang sebelah mata dan dianggap rendah oleh orang-orang di sekitarnya. Tentu hal ini perlu kita selesaikan bersama, agar mereka juga memiliki penghidupan yang layak seperti yang telah dirasakan sebagian besar dari wanita di Indonesia dilain wilayah.

    Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.

    Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Banyak hal yang masih jauh dari sempurna, saya minta maaf. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari peringatan Hari Kartini ini.

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

(Sumber: http://pintarpidato.blogspot.co.id/2015/03/contoh-teks-pidato-menyambut-hari-kartini.html dengan pengubahan)space space 

Sebutkan kalimat persuasif yang terdapat pidato tersebut!

Sebutkan kalimat persuasif yang terdapat pidato tersebut!space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.

 marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.space 

Pembahasan

Pidato Persuasif adalah kegiatan berbicara di depan umum yang bertujuan memengaruhi, mengajak, atau membujuk audiens agar mengikuti keinginan orang yang berpidato secara sukarela. Kalimat Persuasif adalah kalimat yang bersifat membujuk secara halus. Biasanya terdapat kata ajakan seperti ayo, mari, yuk, atau memuat kata kerja berimbuhan - lah . Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kalimat persuasif pada pidato di atas di antaranya: Tentu hal ini perlu kita selesaikan bersama , agar mereka juga memiliki penghidupan yang layak seperti yang telah dirasakan sebagian besar dari wanita di Indonesia dilain wilayah. Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.

Pidato Persuasif adalah kegiatan berbicara di depan umum yang bertujuan memengaruhi, mengajak, atau membujuk audiens agar mengikuti keinginan orang yang berpidato secara sukarela. 

Kalimat Persuasif adalah kalimat yang bersifat membujuk secara halus. Biasanya terdapat kata ajakan seperti ayo, mari, yuk, atau memuat kata kerja berimbuhan -lah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kalimat persuasif pada pidato di atas di antaranya:

Tentu hal ini perlu kita selesaikan bersama, agar mereka juga memiliki penghidupan yang layak seperti yang telah dirasakan sebagian besar dari wanita di Indonesia dilain wilayah.

Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.space 

316

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah ...

155

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia