Pertanyaan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan YME, berkat rahmat dan hidayahNya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang prospek pengembangan Pantai Senggigi sebagai salahsatu objek wisata pantai di PulauLombok. Bapak-bapak, ibu-ibu serta hadirin yang berbahagia. Seperti yang kita ketahui, Pantai Senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas tersendiri, pantai dengan teluknya yang indah. Pantai yang airnya bening dan pasirnya putih serta dikelilingi pegunungan dengan bukit yang menghijau. Keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru ( blue coral ). Oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganyaini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang. Kalimat ajakan dalam penggalan pidato tersebut adalah...

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan YME, berkat rahmat dan hidayahNya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang prospek pengembangan Pantai Senggigi sebagai salah satu objek wisata pantai di Pulau Lombok.

Bapak-bapak, ibu-ibu serta hadirin yang berbahagia. Seperti yang kita ketahui, Pantai Senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas tersendiri, pantai dengan teluknya yang indah. Pantai yang airnya bening dan pasirnya putih serta dikelilingi pegunungan dengan bukit yang menghijau. Keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). Oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.


Kalimat ajakan dalam penggalan pidato tersebut adalah... 

  1. Seperti yang kita ketahui, Pantai Senggigi sebagai aset daerah, memiliki ciri khas tersendiri.undefined 

  2. Pantai Senggigi airnya bening dan pasirnya putih serta dikelilingi pegunungan dengan bukit yang menghijau.undefined 

  3. Pantai Senggigi mempunyai pantai dengan pasir putih dan teluknya yang sangat indah dan mempesona.undefined 

  4. Aset yang tidak ternilai, dijaga, dan dilestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.undefined 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.undefined 

Pembahasan

Pembahasan

Teks pidato persuasif adalah teks yang disampaikan kepada khalayak berisi suatu pesan, arahan, atau bujukan. Pernyataan-pernyataan di dalam teks tersebut mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan pembicaranya.Dalam teks pidato, kata persuasif sangatlah penting untuk menarik perhatian seseorang agarmengikuti arahan dari pembicara. Kata persuasif adalah kata-kata yang mengandung ajakan, imbauan, bujukan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Katapersuasif pada teks pidato dapat ditandai dengan penggunaan kata harus, perlu,hendaknya, sebaiknya, usahakanlah, jangan, hindarilah , dan sejenisnya. Selain itu, teks pidato sering ditandai dengan menggunakan kata penting, harus, sepantasnya , dan kata kerja imperatif jadikanlah . Berdasarkan penggalan pidato di atas, kalimat persuasif ditunjukkan pada kalimat terakhir, yaitu " Oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganyaini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang ". Pada kalimat ini, pernyataan persuasif ditandai dengan penggunaan kata hendaknya , yang menguraikan ajakanuntuk menjaga dan melestarikan aset Pantai Senggigi agar dapat diwariskan pada generasi mendatang. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

Teks pidato persuasif adalah teks yang disampaikan kepada khalayak berisi suatu pesan, arahan, atau bujukan. Pernyataan-pernyataan di dalam teks tersebut mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan pembicaranya. Dalam teks pidato, kata persuasif sangatlah penting untuk menarik perhatian seseorang agar mengikuti arahan dari pembicara.undefinedKata persuasif adalah kata-kata yang mengandung ajakan, imbauan, bujukan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Kata persuasif pada teks pidato dapat ditandai dengan penggunaan kata harus, perlu, hendaknya, sebaiknya, usahakanlah, jangan, hindarilah, dan sejenisnya. Selain itu, teks pidato sering ditandai dengan menggunakan kata penting, harus, sepantasnya, dan kata kerja imperatif jadikanlah.

Berdasarkan penggalan pidato di atas, kalimat persuasif ditunjukkan pada kalimat terakhir, yaitu "Oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang". Pada kalimat ini, pernyataan persuasif ditandai dengan penggunaan kata hendaknya, yang menguraikan ajakan untuk menjaga dan melestarikan aset Pantai Senggigi agar dapat diwariskan pada generasi mendatang. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.undefined 

11rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ...

663

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia