Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan jenis larutan penyangga yang dalam bidang kedokteran dan obat-obatan dan jelaskan prinsip kerjanya!

Sebutkan jenis larutan penyangga yang dalam bidang kedokteran dan obat-obatan dan jelaskan prinsip kerjanya!space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Larutan penyangga yang dalam bidang kedokteran dan obat-obatan diantaranya yaitu larutan penyangga asam borat pada obat tetes mata dan MgO pada obat penghilang nyeri yang prinsip kerjanyamempertahankan pH sehingga sesuai dengan pH normal tubuh manusia. Larutan penyangga atau buffer adalah larutan yang dapat menyangga (mempertahankan) pH. Larutan buffer memiliki pH yang konstan terhadap pengaruh pengenceran atau ditambah sedikit asam atau basa.Larutan buffer digunakan secara luas dalam kimia analitis, biokimia, bakteriologi,fotografi, industri kulit, dan zat warna. Dalam bidang industri, terutama bidang farmasi (obat-obatan), diperlukan keadaan pH yang stabil. Perubahan pH akan menyebabkan khasiat zat aktif dalam obat-obatan akan terus berkurang atau hilang sama sekali. Sistem penyangga yang biasa digunakan dalam obat-obatan adalah sebagai berikut. Asam asetilsalisilat merupakan komponen utama dari tablet aspirin yang merupakan obat penghilang nyeri. Adanya asam pada aspirin dapat menyebabkan perubahan pH pada lambung.Perubahan pH ini mengakibakan pembentukan hormon yang merangsang penggumpalan darah terhambat, sehingga pendarahan tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, pada aspirin ditambahkan MgO yang dapat mentransfer kelebihan asam . Obat tetes mata merupakan salah satu aplikasi dari larutan penyangga dalam industri farmasi. Obat tetes mata yang diteteskanpada selaput lendir mata di sekitar kelopak mata dan bola mata harus memiliki pH yang sama dengan air mata, yaitu sekitar 7,4. Dengan demikian, maka tidak akan menimbulkan rasa nyeri, pedih atau rasa terbakar pada mata. Obat tetes mata mengandung larutan penyangga asam borat. Asam borat mampu mempertahankan pH sehinggasesuai dengan pH air mata.

Larutan penyangga yang dalam bidang kedokteran dan obat-obatan diantaranya yaitu larutan penyangga asam borat pada obat tetes mata dan  pada obat penghilang nyeri yang prinsip kerjanya mempertahankan pH sehingga  sesuai dengan pH normal tubuh manusia.

Larutan penyangga atau buffer adalah larutan yang dapat menyangga (mempertahankan) pH. Larutan buffer memiliki pH yang konstan terhadap pengaruh pengenceran atau ditambah sedikit asam atau basa. Larutan buffer digunakan secara luas dalam kimia analitis, biokimia, bakteriologi, fotografi, industri kulit, dan zat warna.

Dalam bidang industri, terutama bidang farmasi (obat-obatan), diperlukan keadaan pH yang stabil. Perubahan pH akan menyebabkan khasiat zat aktif dalam obat-obatan akan terus berkurang atau hilang sama sekali. Sistem penyangga yang biasa digunakan dalam obat-obatan adalah sebagai berikut.

  1. Asam asetilsalisilat merupakan komponen utama dari tablet aspirin yang merupakan obat penghilang nyeri. Adanya asam pada aspirin dapat menyebabkan perubahan pH pada lambung. Perubahan pH ini mengakibakan pembentukan hormon yang merangsang penggumpalan darah terhambat, sehingga pendarahan tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, pada aspirin ditambahkan  yang dapat mentransfer kelebihan asam.
  2. Obat  tetes  mata  merupakan  salah  satu  aplikasi  dari  larutan  penyangga  dalam industri farmasi. Obat  tetes  mata yang diteteskan pada  selaput  lendir  mata  di  sekitar  kelopak mata dan bola mata harus memiliki pH yang sama dengan air mata, yaitu sekitar 7,4. Dengan demikian, maka tidak akan menimbulkan rasa nyeri, pedih atau rasa terbakar pada mata. Obat tetes mata mengandung larutan penyangga asam borat. Asam borat mampu mempertahankan pH sehingga sesuai dengan pH air mata.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

272

Alika Melda Padilah

Makasih ❤️

Kamaya Sanderan

Pembahasan lengkap banget Bantu banget

Nurul hafadah

Makasih ❤️

Sri Ganesya

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam produk pasta gigi, biasanya digunakan asam silikat ( H 2 ​ SiO 3 ​ )dan natrium silikat ( Na 2 ​ SiO 3 ​ ) sebagai penyangga pH (buffer). Jika ion H + dimasukkan, bagaimana reaksi yang terjadi?

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia