Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan tiga jenis cacatpada mata!

Sebutkan dan jelaskan tiga jenis cacat pada mata!

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Beberapa cacat mata dan penjelasannya sebagai berikut. Rabun jauh (miopi) Miopi atau rabun jauh adalah mata yang hanya dapat melihat dengan jelas benda-benda dekat. Mata miopi memilikititik dekat lebih dekat dari 25 cm dan titik jauh terbatas padajarak tertentu. Miopi biasanya disebabkan oleh bola matayang terlalu lonjong, bahkan kadang-kadang lengkungankorneanya terlalu besar. Pada mata miopi, bayangan bendajauh jatuh di depan retina, seperti diilustrasikan pada gambardibawah ini. Akibatnya, bayangan benda jauh akan tampak kabur. Rabun dekat (hipermetropi) Hipermetropi atau rabun dekat adalah mata yangtidak dapat melihat benda-benda dekat dengan jelas. Matahipermetropi memiliki titik dekat lebih jauh dari 25 cm dantitik jauhnya tak terhingga. Meskipun dapat melihat denganjelas benda-benda jauh, titik dekat yang lebih besar dari 25 cm membuat mata hipermetropi mengalami kesulitan untukmembaca pada jarak baca normal. Cacat mata ini disebabkanoleh bola mata yang terlalu memipih atau lengkungan korneanyakurang. Ketika mata hipermetropi digunakan untuk melihatbenda-benda dekat, bayangan benda-benda ini akan jatuhdi belakang retina, seperti diilustrasikan pada gambar dibawah ini. Akibatnya, bayangan benda dekat menjadi terlihat kabur. Astigmatis (silindris) Pada penderita astigmatisma, benda titik akanterlihat sebagai sebuah garis dan kabur, seperti diilustrasikan pada gambar dibawah ini. Hal ini terjadi karena lensa matanya tidakberbentuk bola, melainkan berbentuk silinder.

Beberapa cacat mata dan penjelasannya sebagai berikut.

  1. Rabun jauh (miopi)
    Miopi atau rabun jauh adalah mata yang hanya dapat melihat dengan jelas benda-benda dekat. Mata miopi memiliki titik dekat lebih dekat dari 25 cm dan titik jauh terbatas pada jarak tertentu. Miopi biasanya disebabkan oleh bola mata yang terlalu lonjong, bahkan kadang-kadang lengkungan korneanya terlalu besar. Pada mata miopi, bayangan benda jauh jatuh di depan retina, seperti diilustrasikan pada gambar dibawah ini.

    Akibatnya, bayangan benda jauh akan tampak kabur.
     
  2. Rabun dekat (hipermetropi)
    Hipermetropi atau rabun dekat adalah mata yang tidak dapat melihat benda-benda dekat dengan jelas. Mata hipermetropi memiliki titik dekat lebih jauh dari 25 cm dan titik jauhnya tak terhingga. Meskipun dapat melihat dengan jelas benda-benda jauh, titik dekat yang lebih besar dari 25 cm membuat mata hipermetropi mengalami kesulitan untuk membaca pada jarak baca normal. Cacat mata ini disebabkan oleh bola mata yang terlalu memipih atau lengkungan korneanya kurang. Ketika mata hipermetropi digunakan untuk melihat benda-benda dekat, bayangan benda-benda ini akan jatuh di belakang retina, seperti diilustrasikan pada gambar dibawah ini. 

    Akibatnya, bayangan benda dekat menjadi terlihat kabur. 
     
  3. Astigmatis (silindris)
    Pada penderita astigmatisma, benda titik akan terlihat sebagai sebuah garis dan kabur, seperti diilustrasikan pada gambar dibawah ini.

    Hal ini terjadi karena lensa matanya tidak berbentuk bola, melainkan berbentuk silinder. 

Latihan Bab

Gangguan Mata

Kamera

Lup

Mikroskop

54

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang benar tentang cacat mata adalah ...

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia