Pertanyaan

Jelaskan cacat mata dan penanganannya!

Jelaskan cacat mata dan penanganannya!space 

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berikut beberapa contoh cacat mata: 1. Rabun jauh (Miopi) Penderita miopi tidak dapat melihat benda pada jarak jauh, dan memiliki titik dekat kurang dari 25 cm. Titik jauh mata miopi terletak pada jarak tertentu. Bayangan benda akan jatuh di depan retina sehingga benda yang berjarak terlalu jauh tidak terlihat jelas. Untuk mengatasi mata miopi, dibutuhkan kacamata berlensa cekung (negatif). 2. Rabun dekat (Hipermetropi) Penderita hipermetropi memiliki titik dekat lebih dari 25 cm. Bayangan benda jatuh di belakang retina sehingga tidak dapat melihat pada jarak dekat. Penderita hipermetropi dapat ditolong dengan kacamata berlensa cembung (positif). 3.Presbiopi (Mata Tua) Cacat mata presbiopi umumnya diderita oleh orang yang lanjut usia. Penderita presbiopi memiliki titik jauh yang terbatas di depan matanya dan titik dekat yang lebih dari 25 cm, sehingga tidak dapat melihat jelas benda-benda yang jauh maupun dekat dengan mata. Penderita presbiopi dapat ditolong dengan kacamataberlensa rangkap (bifokal) yang terdiri dari lensa cekung dan cembung. 4. Astigmatisma Cacat mata astigmatisma disebabkan karena permukaan depan bola mata melengkung tidak sama besar ke semua arah, seperti suatu lingkaran. Hal ini menyebabkan bayangan yang dihasilkan tidak jelas. Astigmatisma merupakan cacat mata yang menyebabkan mata tidak dapat melihat garis secara lurus, dan diatasi dengan kacamata lensa silinder, yang dibuat lengkung pada satu arah.

Berikut beberapa contoh cacat mata:

1. Rabun jauh (Miopi)

Penderita miopi tidak dapat melihat benda pada jarak jauh, dan memiliki titik dekat kurang dari 25 cm. Titik jauh mata miopi terletak pada jarak tertentu. Bayangan benda akan jatuh di depan retina sehingga benda yang berjarak terlalu jauh tidak terlihat jelas. Untuk mengatasi mata miopi, dibutuhkan kacamata berlensa cekung (negatif).

2. Rabun dekat (Hipermetropi)

Penderita hipermetropi memiliki titik dekat lebih dari 25 cm. Bayangan benda jatuh di belakang retina sehingga tidak dapat melihat pada jarak dekat. Penderita hipermetropi dapat ditolong dengan kacamata berlensa cembung (positif).

3. Presbiopi (Mata Tua)

Cacat mata presbiopi umumnya diderita oleh orang yang lanjut usia. Penderita presbiopi memiliki titik jauh yang terbatas di depan matanya dan titik dekat yang lebih dari 25 cm, sehingga tidak dapat melihat jelas benda-benda yang jauh maupun dekat dengan mata. Penderita presbiopi dapat ditolong dengan kacamata berlensa rangkap (bifokal) yang terdiri dari lensa cekung dan cembung.

4. Astigmatisma

Cacat mata astigmatisma disebabkan karena permukaan depan bola mata melengkung tidak sama besar ke semua arah, seperti suatu lingkaran. Hal ini menyebabkan bayangan yang dihasilkan tidak jelas. Astigmatisma merupakan cacat mata yang menyebabkan mata tidak dapat melihat garis secara lurus, dan diatasi dengan kacamata lensa silinder, yang dibuat lengkung pada satu arah.space 

1rb+

5.0 (2 rating)

Hendi Permana

Ini yang aku cari!

Iklan

Pertanyaan serupa

Mata sebagai anugerah dari Alloh SWT dan dilamnya terdapat alat optik. Secara umum sėmakin bertambah umur mata mengalami miopi, hipermetropi dan presbiopi. Jelaskan pengertian miopi, hipermetropi dan ...

21

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia