Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah penggalan cerita berikut!


Bila menyukai tanaman dan hobi menanam, kita akan tahu betapa luar biasanya kehebatan rumput. Kita tentu pernah mendengar pepatah, "Mencabut rumput harus sampai ke akarnya." Artinya, rumput sangatlah kuat. Ketahanannya luar biasa. Bila kita mencabutnya, tetapi masih menyisakan sedikit saja akarnya, rumput akan kembali tumbuh, menjalar, dan memenuhi tempatnya. Saat musim kemarau, rumput terlihat kering dan layu. Saat musim hujan tiba, ia akan tumbuh seperti semula. Guna memiliki kekuatan dan ketahanan hidup seperti rumput, kita perlu memiliki akar yang kuat. Akar ini berupa nilai-nilai kehidupan yang kuat, yang akan menopang diri kita di masa-masa sulit. Teguh dan tidak mudah digoyangkan oleh badai kehidupan.space 

Sebutkan dan jelaskan struktur penggalan cerita tersebut!

Sebutkan dan jelaskan struktur penggalan cerita tersebut!space 

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

struktur penggalan cerita tersebut ialah perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.

struktur penggalan cerita tersebut ialah perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.space 

Iklan

Pembahasan

Teks cerita inspirasi merupakan teks yang berisi kisah nyata dan pengalaman hidup seseorang, yang dapat dijadikan inspirasi untuk menambah semangat dalam mencapai tujuan pembacanya. Struktur yang terdapat dalam teks cerita inspirasi di atas adalah: Perumitan peristiwa, merupakan peristiwa menuju ke puncak konflik. Bagin ini terdapat dalam kalimat yang berbunyi " Bila menyukai tanaman dan hobi menanam, kita akan tahu betapa luar biasanya kehebatan rumput. Kita tentu pernah mendengar pepatah, "Mencabut rumput harus sampai ke akarnya." Artinya, rumput sangatlah kuat. Ketahanannya luar biasa. Bila kita mencabutnya, tetapi masih menyisakan sedikit saja akarnya, rumput akan kembali tumbuh, menjalar, dan memenuhi tempatnya" Komplikasi, merupakan struktur yang berisi puncak atau isi cerita. Bagian ini terdapat dalam kalimat yang berbunyi " Saat musim kemarau, rumput terlihat kering dan layu. Saat musim hujan tiba, ia akan tumbuh seperti semula." Resolusi, merupakan peristiwa yang menyadarkan tentang kebaikan. Bagian ini terdapat dalam kalimat yang berbunyi " Guna memiliki kekuatan dan ketahanan hidup seperti rumput, kita perlu memiliki akar yang kuat." Koda, merupakan bagian yang berupa pesan moral. Bagian ini terdapat dalam kalimat yang berbunyi " Akar ini berupa nilai-nilai kehidupan yang kuat, yang akan menopang diri kita di masa-masa sulit. Teguh dan tidak mudah digoyangkan oleh badai kehidupan." Jadi, struktur penggalan cerita tersebut ialah perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.

Teks cerita inspirasi merupakan teks yang berisi kisah nyata dan pengalaman hidup seseorang, yang dapat dijadikan inspirasi untuk menambah semangat dalam mencapai tujuan pembacanya.

Struktur yang terdapat dalam teks cerita inspirasi di atas adalah:

  1. Perumitan peristiwa, merupakan peristiwa menuju ke puncak konflik. Bagin ini terdapat dalam kalimat yang berbunyi  "Bila menyukai tanaman dan hobi menanam, kita akan tahu betapa luar biasanya kehebatan rumput. Kita tentu pernah mendengar pepatah, "Mencabut rumput harus sampai ke akarnya." Artinya, rumput sangatlah kuat. Ketahanannya luar biasa. Bila kita mencabutnya, tetapi masih menyisakan sedikit saja akarnya, rumput akan kembali tumbuh, menjalar, dan memenuhi tempatnya"
  2. Komplikasi, merupakan struktur yang berisi puncak atau isi cerita. Bagian ini terdapat dalam kalimat yang berbunyi "Saat musim kemarau, rumput terlihat kering dan layu. Saat musim hujan tiba, ia akan tumbuh seperti semula."
  3. Resolusi, merupakan peristiwa yang menyadarkan tentang kebaikan. Bagian ini terdapat dalam kalimat yang berbunyi "Guna memiliki kekuatan dan ketahanan hidup seperti rumput, kita perlu memiliki akar yang kuat."
  4. Koda, merupakan bagian yang berupa pesan moral. Bagian ini terdapat dalam kalimat yang berbunyi "Akar ini berupa nilai-nilai kehidupan yang kuat, yang akan menopang diri kita di masa-masa sulit. Teguh dan tidak mudah digoyangkan oleh badai kehidupan."


Jadi, struktur penggalan cerita tersebut ialah perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

sekar arum

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lakukanlah analisis struktur teks di atas! Buatlah tabel dan kerjakan di buku tugas!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia