Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks narasi berikut dengan saksama!


Helen Keller, Tunarungu Pendobrak Keterbatasan 

    Banyak orang di dunia kemungkinan besar pernah mendengar nama unik dari tokoh dunia satu ini, Helen Keller. Buta dan tuli tak pernah menghentikannya untuk selalu berkarya, bahkan untuk menghasilkan buku. Helen merupakan perempuan tunanetra dan tunarungu pertama yang berhasil menjadi seorang penulis, aktivis politik, dan dosen. Dia selalu dikenang sebagai contoh kekuatan besar terhadap advokasi bagi orang-orang dengan disabilitas. 
    Helen Adams Keller lahir pada 7 Juni 1880 di Tuscumbia, Alabama, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Arthurer yang merupakan keturunan Kolonel Alexander Spottswood, seorang gubernur kolonial irginia. Sementara itu, sang ibu, Kate Adams Keller, berasal dari keluarga Inggris terkemuka. Ayah Helen berprofesi sebagai kapten pasukan konfederasi. Keluarganya kehilangan banyak kekayaan pada masa perang saudara sehingga membuat mereka hidup sederhana. 
    Helen mulai berbicara sejak usia 6 bulan dan dapat berjalan pada usia 1 tahun. Pada usia 19 bulan, Helen menjadi buta dan tuli karena penyakit yang tidak diketahui, tetapi kemungkinan karena rubella atau demam scarlet. Pada saat itu, dokter keluarganya menyebut penyakit yang menyerang Helen sebagai "demam otak" sehingga membuat suhu badannya tinggi. lbu Helen menyadari putrinya tidak bereaksi terhadap apapun ketika bel makan malam berbunyi atau lambaian tangan tepat di depan wajahnya. Tumbuh kembangnya dibantu oleh tri bungsu koki di rumahnya, Martha Washington. Keduanya menciptakan metode terbatas untuk berkomunikasi. Mereka selanjutnya menemukan lebih dari enam belas simbol komunikasi satu sama lain. Namun, Helen menjadi anak yang liar dan tidak patuh. Dia menendang dan perteriak ketika marah serta cekikikan tak terkendali ketika merasa bahagia.
    Helen Keller bertemu dengan gurunya, Anne Sullivan, pada 3 Maret 1887. Pertemuan tersebut menjadi hari yang kelak akan mengubah hidup Helen saat dewasa. Hari itu, Anne Mansfield Sullivan tiba di Tuscumbia untuk menjadi gurunya. Dia mengawali tugasnya dengan mengajarkan isyarat jari kepada Helen kecil, dimulai dengan kata "doll'. Kata itu dipilih untuk membantu Helen memahami hadiah yang selama ini ia bawa ke mana-mana, yaitu sebuah boneka. Pertama-tama, Helen tampak tertarik, tetapi selanjutnya dia menentangnya dan menolak perintah Anne. Helen menjadi frustrasi atas kesulitan belajar yang dia hadapi. Anne meminta kepada keluarga Keller agar ia dan Helen pindah ke suatu tempat sehingga anak perempuan itu dapat berkonsentrasi. Kemudian, mereka pindah ke sebuah pondok di perkebunan. 
    Setelah melewati kesulitan dramatis, Anne berhasil mengajarkan kata "water". Anne membantu Helen menghubungkan antara objek dan huruf-huruf itu dengan membawanya ke pompa air, menempatkan tangannya ke ujung pompa. Anne menekan tuas untuk mengeluarkan air dingin hingga mengenai salah satu tangan Helen yang kemudian mengeja kata "water" di tangan satunya. Hingga malam tiba, ia telah belajar tiga puluh kata. 
    Sewaktu mengecap pendidikan, Helen belajar menguasai alfabet dengan cepat, baik manual maupun huruf timbul, khusus bagi orang buta serta meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Pada tahun 1890, ketika umurnya masih 10 tahun, ia mencoba untuk belajar berbicara. Entah bagaimana, ia mengetahui bahwa seorang gadis buta tuli di Norway sudah dapat berbicara dengan baik. Nona Sarah Fuller di Horace Mann School merupakan orang pertama yang menjadi guru vokal untuknya. 
    Sejak masih kecil, ia selalu berkata suatu hari saya· akan masuk perguruan inggi dan akhirnya ia membuktikannya. Pada tahun 1898, ia berhasil masuk ke Cambridge School for Young Ladies sebelum akhirnya ia masuk ke Radcliffe College pada musim gugur 1900 dan menamatkan sekolahnya pada tahun 1904 dengan prestasi cumlade. Selama tahun-tahun berikutnya sampai ia meninggal di tahun 1936, Anne Sullivian selalu berada di sampingnya, terus-menerus mengeja buku demi buku, ceramah demi ceramah melalui tangan Helen. 
    Pendidikan formalnya berakhir sewaktu ia menerima gelar sarjana muda, tetapi selama hidupnya ia selalu belajar secara informal hal-hal yang penting bagi masyarakat modern. Dengan pengetahuannya yang luas serta banyaknya pencapaian di bidang pendidikan, ia dianugerahkan gelar doktor kehormatan dari Temple University Dan Harvard University serta dari Universitas Glasgow di Skotlandia; Berlin, Jerman; Delhi, India; dan Witwatersran di Johannesburg Afrika Selatan. Ia juga merupakan peserta kehormatan untuk Education Institute di Scotland. 
    Pada tahun 1905, Anne Sullivan menikah dengan John Macy, seorang kritikus dan sosialis terkemuka. Pernikahan tersebut tidak mengubah hubungan guru dan murid tersebut. Helen akhirnya tinggal bersama Anne dan suaminya. Keduanya terus memberikan waktu untuk pendidikan dan akivitas Helen. Selama masih berstatus murid di Radcliffe, Helen memulai karier menulis yang kemudian ditekuninya selama hampir lima puluh tahun. 
    Pada tahun 1903, "The Story of My Life" (kisah hidupku) muncul dalam bentuk cerita bersambung di Ladies Home Journal dan kemudian muncul dalam bentuk buku. Buku tersebut merupakan karya yang paling populer dan telah diterjemahkan ke dalam lima puluh bahasa, termasuk Marathi, Pusthu, Tagalog, dan Vedu. Buku itu juga dibuat dalam bentuk edisi buku tipis di Amerika Serikat. Publikasinya yang lain adalah Optimis; An Essay; The World I Live In; The Song of The Stone Wall; Out of The Dark; My Religion; Midstream- My Later Life; Peace at Eventide,· Helen Keller in Scotland; Helen Keller Journal; Let Us Have Faith; Teacher, Anne Sullivan Macy dan The Open Door. 
    Helen Keller adalah wanita tegar yang menjadi inspirasi bagi dunia. Ia dikenal sebagai pejuang hak-hak wanita, pembela orang cacat, serta pengarang produktif dan sukses. Helen Keller bisa membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak bisa mengekang manusia untuk sukses, selama ada keyakinan diri, kerja keras, dan semangat. 

Sumber: internasional.kompas.comspace 

Tentukan struktur teks narasi tersebut menggunakan format berikut ini!

Tentukan struktur teks narasi tersebut menggunakan format berikut ini!

space 

Iklan

A. Naufalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

struktur klimaks terdapat pada paragraf empat yaituHelen Keller bertemu dengan gurunya, Anne Sullivan, pada 3 Maret 1887. Pertemuan tersebut menjadi hari yang kelak akan mengubah hidup Helen saat dewasa.Hari itu, Anne Mansfield Sullivan tiba di Tuscumbia untuk menjadi gurunya. Dia mengawali tugasnya dengan mengajarkan isyarat jari kepada Helen kecil, dimulai dengan kata "doll'. Kata itu dipilih untuk membantu Helen memahami hadiah yang selama ini ia bawa ke mana-mana, yaitu sebuah boneka. Pertama-tama, Helen tampak tertarik, tetapi selanjutnya dia menentangnya dan menolak perintah Anne. Helen menjadi frustrasi atas kesulitan belajar yang dia hadapi. Anne meminta kepada keluarga Keller agar ia dan Helen pindah ke suatu tempat sehingga anak perempuan itu dapat berkonsentrasi. Kemudian, mereka pindah ke sebuah pondok di perkebunan.

struktur klimaks terdapat pada paragraf empat yaitu Helen Keller bertemu dengan gurunya, Anne Sullivan, pada 3 Maret 1887. Pertemuan tersebut menjadi hari yang kelak akan mengubah hidup Helen saat dewasa. Hari itu, Anne Mansfield Sullivan tiba di Tuscumbia untuk menjadi gurunya. Dia mengawali tugasnya dengan mengajarkan isyarat jari kepada Helen kecil, dimulai dengan kata "doll'. Kata itu dipilih untuk membantu Helen memahami hadiah yang selama ini ia bawa ke mana-mana, yaitu sebuah boneka. Pertama-tama, Helen tampak tertarik, tetapi selanjutnya dia menentangnya dan menolak perintah Anne. Helen menjadi frustrasi atas kesulitan belajar yang dia hadapi. Anne meminta kepada keluarga Keller agar ia dan Helen pindah ke suatu tempat sehingga anak perempuan itu dapat berkonsentrasi. Kemudian, mereka pindah ke sebuah pondok di perkebunan.space 

Iklan

Pembahasan

Teks cerita inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan definisi tadi, tujuan teks inspirasi adalah untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam mencapai tujuan yang diharapkan secara positif. Struktur teks cerita inspiratif terdiri dari: Judul, bagian paling awal sebuah karya. Orientasi, berupa pengantar cerita yang berisikan pengenalan tokoh dan latar cerita. Komplikasi, berupa klimaks dari cerita di mana terdapat kisah yang menjadi teladan atau inspirasi. Klimaks, berupa puncak dalam alur cerita karena pada tahap ini menjadi penentu perubahan nasib tokoh. Resolusi,berupa kisah yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan atau keteladanan. Koda, adalah penutup cerita yang berupa kesimpulan dan pesan moral. Klimaks adalah puncak dalam alur cerita yang berisi mengenai penentu perubahan nasib yang dialami tokoh. Berdasarkan kutipan: Helen Keller bertemu dengan gurunya, Anne Sullivan, pada 3 Maret 1887. Pertemuan tersebut menjadi hari yang kelak akan mengubah hidup Helen saat dewasa. Kalimat tersebut menunjukkan adanya alur cerita yang menjadi penentu perubahan nasib yang dialami oleh Helen. Helen yang awalnya tak dapat mengenal kata, setelah bertemu dengna gurunya yaitu Anne Sullivian akhirnya dapat mengenai kata dan berkembang menjadi gadis yang cerdas. Dengan demikian, struktur klimaks terdapat pada paragraf empat yaituHelen Keller bertemu dengan gurunya, Anne Sullivan, pada 3 Maret 1887. Pertemuan tersebut menjadi hari yang kelak akan mengubah hidup Helen saat dewasa.Hari itu, Anne Mansfield Sullivan tiba di Tuscumbia untuk menjadi gurunya. Dia mengawali tugasnya dengan mengajarkan isyarat jari kepada Helen kecil, dimulai dengan kata "doll'. Kata itu dipilih untuk membantu Helen memahami hadiah yang selama ini ia bawa ke mana-mana, yaitu sebuah boneka. Pertama-tama, Helen tampak tertarik, tetapi selanjutnya dia menentangnya dan menolak perintah Anne. Helen menjadi frustrasi atas kesulitan belajar yang dia hadapi. Anne meminta kepada keluarga Keller agar ia dan Helen pindah ke suatu tempat sehingga anak perempuan itu dapat berkonsentrasi. Kemudian, mereka pindah ke sebuah pondok di perkebunan.

Teks cerita inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan definisi tadi, tujuan teks inspirasi adalah untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam mencapai tujuan yang diharapkan secara positif.

Struktur teks cerita inspiratif terdiri dari:

  1. Judul, bagian paling awal sebuah karya.
  2. Orientasi, berupa pengantar cerita yang berisikan pengenalan tokoh dan latar cerita.
  3. Komplikasi, berupa klimaks dari cerita di mana terdapat kisah yang menjadi teladan atau inspirasi.
  4. Klimaks, berupa puncak dalam alur cerita karena pada tahap ini menjadi penentu perubahan nasib tokoh. 
  5. Resolusi, berupa kisah yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan atau keteladanan.
  6. Koda, adalah penutup cerita yang berupa kesimpulan dan pesan moral.

Klimaks adalah puncak dalam alur cerita yang berisi mengenai penentu perubahan nasib yang dialami tokoh. 

Berdasarkan kutipan:
Helen Keller bertemu dengan gurunya, Anne Sullivan, pada 3 Maret 1887. Pertemuan tersebut menjadi hari yang kelak akan mengubah hidup Helen saat dewasa.

Kalimat tersebut menunjukkan adanya alur cerita yang menjadi penentu perubahan nasib yang dialami oleh Helen. Helen yang awalnya tak dapat mengenal kata, setelah bertemu dengna gurunya yaitu Anne Sullivian akhirnya dapat mengenai kata dan berkembang menjadi gadis yang cerdas. 

Dengan demikian, struktur klimaks terdapat pada paragraf empat yaitu Helen Keller bertemu dengan gurunya, Anne Sullivan, pada 3 Maret 1887. Pertemuan tersebut menjadi hari yang kelak akan mengubah hidup Helen saat dewasa. Hari itu, Anne Mansfield Sullivan tiba di Tuscumbia untuk menjadi gurunya. Dia mengawali tugasnya dengan mengajarkan isyarat jari kepada Helen kecil, dimulai dengan kata "doll'. Kata itu dipilih untuk membantu Helen memahami hadiah yang selama ini ia bawa ke mana-mana, yaitu sebuah boneka. Pertama-tama, Helen tampak tertarik, tetapi selanjutnya dia menentangnya dan menolak perintah Anne. Helen menjadi frustrasi atas kesulitan belajar yang dia hadapi. Anne meminta kepada keluarga Keller agar ia dan Helen pindah ke suatu tempat sehingga anak perempuan itu dapat berkonsentrasi. Kemudian, mereka pindah ke sebuah pondok di perkebunan.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Sesilia Atyantika

Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

Rahmah hayati

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan dan jelaskan struktur penggalan cerita tersebut!

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia