Roboguru

Sebutkan dan jelaskan faktor pendorong terjadinya Reformasi!

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan faktor pendorong terjadinya Reformasi!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Gerakan Reformasi merupakan salah satu peristiwa sejarah Indonesia saat berakhirnya masa Orde Baru. Reformasi merupakan perubahan tatanan kehidupan lama menuju tatanan kehidupan baru yang lebih baik. Reformasi merupakan formulasi menuju Indonesia baru dengan tatanan baru. Reformasi terjadi karena kondisi politik dan ekonomi Indonesia pada masa Orde Baru tidak terkendali. Rakyat Indonesia menjadi semakin kritis dan menyatakan bahwa pemerintahan Orde Baru tidak berhasil menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur, adil, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Berikut ini merupakan faktor pendorong terjadinya gerakan reformasi:

  1. adapun faktor politik yang di antaranya, yaitu: adanya rasa tidak percaya karena KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) di dalam pemerintahan, adanya keinginan demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. dan gerakan mahasiswa yang menginginkan perubahan.
  2. adapun faktor ekonomi yang di antaranya yaitu: adanya krisis mata uang rupiah, naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat, sulitnya mendapatkan barang-barang kehidupan pokok.
  3. faktor sosial: adanya kerusuhan pada tanggal 13 dan 14 Mei 1998 terhadap etnis Tionghoa
  4. faktor hukum: belum adanya keadilan perlakuan hukum yang sama di antara warga negara.

Dengan demikian, faktor pendorong gerakan reformasi antara lain meliputi faktor politik, faktor ekonomi, faktor sosial masyarakat dan faktor hukum yang semuanya bertujuan untuk mendapatkan tata kehidupan negara yang baru untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur, adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 25 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Indonesia memasuki masa reformasi setelah pengunduran diri Presiden Soeharto. Uraikan pendapat Anda mengenai reformasi!

Pembahasan Soal:

Reformasi adalah suatu gerakan yang bertujuan mendorong adanya perubahan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial budaya yang lebih baik dan demokratis. Adapun gerakan reformasi di Indonesia diawali dengan protes besar-besaran dan demonstrasi pada bulan Mei 1998 dan menimbulkan banyak korban. Beberapa tuntunan reformasi seperti: Berantas KKN, turunkan Soeharto dari kursi pemerintahan dan hapuskan dwifungsi ABRI. Untuk sekarang, reformasi belum baik karena adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Namun kenyataannya, KKN masih merajalela dan akses pendidikan yang belum merata.

Dengan demikian, keadaan Indonesia masih belum bisa dikatakan baik di bidang ekonomi, politik dan lain sebagainya ditambah dengan budaya KKN yang masih merajalela.

0

Roboguru

Gerakan reformasi Indonesia pada tahun 1998 mempunyai agenda utama adalah….

Pembahasan Soal:

Agenda utama dari demonstrasi angkatan 98 adalah menurunkan Soeharto. Pemerintahan Soeharto menghadapi permasalahan multidimensional, permalahan ekonomi karena krisis ekonomi asia yang berawal dari Thailand dan permasalahan politik karena terjadi ketidakpercayaan hasil pemilu 1997. 

Demonstrasi berawal dari kekecewaan dengan kemenangan Golkar di Pemilu 1997 yang berujung bakal semakin lamanya kekuasaan Soeharto disambut dengan aksi unjuk rasa oleh mahasiswa di Yogyakarta. Ketua Senat Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Di sisi ekonomi, Krisis Keuangan Asia dimulai pada tanggal 2 Juli 1997 ketika pemerintah Thailand yang saat itu dibebani utang luar negeri yang besar, memutuskan untuk mengambangkan mata uang baht sehingga meningkatkan harga dollar terhadap mata uang baht.

Hal tersebut juga terjadi di Indonesia pada bulan Agustus 1997 ketika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah dari Rp 2.500,00 menjadi Rp 2.650,00 per 1 USD. Nilai ini terus memburuk. Rupiah mulai merangkak naik dari Rp 5.000, Rp 7.000, Rp 11.000 dan terus melemah dalam waktu singkat. Pada tahun 1998, rupiah bahkan mencapai nilai paling buruk Rp 16.800 per 1 USD.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Sebutkan 3 (tiga) sebab munculnya reformasi di indonesia..

Pembahasan Soal:

Reformasi merupakan suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kearah yang lebih baik secara konstitusional. Lahirnya reformasi karena pemerintah Orde Baru  berjalan secara otoriter dan sentralistik dan tidak memberikan ruang demokrasi, kemudian kegiatan KKN (Kolusi, Korupsi, Nepotisme) semakin marak dilakukan dilingkar keluarga pemerintahan Orde Baru, serta diperparah lagi dengan terjadinya krisis moneter, nilai rupiah jatuh secara drastis, dampaknya terus menggerus segala bidang kehidupan, mulai dari bidang ekonomi, politik dan sosial yang membuat masyarakat semakin sengsara.

Dengan demikian sebab munculnya reformasi adalah pemerintahan Orde Baru berjalan otoriter/sentralistik, maraknya kegiatan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), dan terjadinya krisis moneter.

0

Roboguru

Mengapa Soeharto mengundurkan diri?

Pembahasan Soal:

Faktor yang menjadi penyebab jatuhnya pemerintahan Orde Baru dikarenakan krisis poitik, krisis ekonomi dan krisis sosial. Guna menanggulangi krisis moneter dan mengurangi beban anggaran negara, pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak. Tindakan ini mengakibatkan kenaikan harga barang-barang lainnya. Akibatnya, munculah aksi protes di mana-mana, baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun oleh masyarakat. Aksi mahasiswa dan masyarakat ini kemudian berubah menjadi aksi yang menuntut perubahan fundamental dalam pemerintahan negara. Sejak saat itulah muncul gerakan reformasi. Kalangan mahasiswa berperan sebagai ujung tombak gerakan reformasi. Tanpa kenal takut, mereka menggelar berbagai demonstrasi dengan resiko menghadapi tindakan kekerasan dari aparat keamanan. Keberanian itu dibuktikan dari gugurnya empat mahasiswa Universitas Trisakti dalam demonstrasi  pada tanggal 12 Mei 1998. Peristiwa tersebut disusul dengan kerusuhan massa yang memporak-porandakan Jakarta pada tanggal 13-14 Mei 1998 dan di Solo pada tanggal 14-15 Mei 1998.
Melihat situasi yang tidak menentu di tanah air, Presiden Soeharto mempersingkat kunjngannya di Kairo, Mesir. Sementara itu, gerakan reformasi semakin meningkat. Sejak tanggal 19 Mei 1998, ribuan mahasiswa  dari puluhan perguruan tinggi menduduki Gedung MPR/DPR. Mereka menuntut agar Soeharto mundur dari kursi kepresidenan. Menghadapi tuntutan tersebut Preside Soeharto mengadakan pertemuan dengan sembilan tokoh masyarakat dan menyatakan akan merombak Kabinet Pembangunan VII menjadi Kabinet Reformasi. Namun, tuntutan pengunduran diri Soeharto tetap tidak surut. Namun, ketidaksediaan sejumlah tokoh menjadi anggota kabinet Reformasi mengakibatkan pembentukan kabinet ini mengalami kegagalan. Akhirnya, pada tanggal 21 Mei 1998, Soeharto menyatakan berhenti sebagai presiden dan menyerahkan jabatannya kepada Wakil Presiden, B. J. Habibie.

Dengan demikian, mundurnya Soeharto karena ditinggalkan oleh para loyalisnya. serta kegagalan dalam pembentukan Kabinet Reformasi.
 

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Agenda utama gerakan Reformasi ditunjukkan oleh kombinasi...

Pembahasan Soal:

Agenda utama gerakan reformasi 1998 adalah menuntut Presiden Soeharto turun dari kursi kepresidenan. Adapun agenda gerakan reformasi 1998 lainnya, yaitu:

  1. suksesi kepemimpinan nasional
  2. amandemen UUD 1945
  3. pemberantasan KKN
  4. penghapusan dwifungsi ABRI
  5. penegakkan supremasi hukum
  6. pelaksanaan otonomi daerah

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved