Roboguru

Tujuan pokok dari gerakan Reformasi Indonesia pada tahun 1997 adalah....

Pertanyaan

Tujuan pokok dari gerakan Reformasi Indonesia pada tahun 1997 adalah....

Pembahasan Soal:

Sejak 13 Mei 1998 rakyat meminta agar Presiden Soeharto mengundurkan diri. Tanggal 14 Mei 1998 terjadi kerusuhan di Jakarta dan di Surakarta. Tanggal 15 Mei 1998 Presiden Soeharto pulang dari mengikuti KTT G-15 di Kairo, Mesir. Tanggal 18 Mei para mahasiswa menduduki gedung MPR/DPR dan pada saat itu ketua DPR/MPR mengeluarkan pernyataan agar Presiden Soeharto mengundurkan diri. Hal ini jelas berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah yang merosot sampai Rp15.000 per dollar. Dari realita di atas, akhirnya tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto menyerahkan kekuasaan kepada B.J. Habibie, yang membuka peluang suksesi kepemimpinan nasional kepada B.J. Habibie. Tujuan reformasi adalah terciptanya kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan sosial yang lebih baik dari masa sebelumnya adapun tujuan Reformasi lainnya adalah. 

  1. Reformasi politik bertujuan tercapainya demokratisasi.
  2. Reformasi ekonomi bertujuan meningkatkan tercapainya masyarakat.
  3. Reformasi hukum bertujuan tercapainya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.
  4. Reformasi sosial bertujuan terwujudkan integrasi bangsa Indonesia.


Berdasarkan penjelasan di atas maka tujuan pokok dari Reformasi adalah terciptanya kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan sosial yang lebih baik dari masa sebelumnya

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan dan jelaskan faktor pendorong terjadinya Reformasi!

Pembahasan Soal:

Gerakan Reformasi merupakan salah satu peristiwa sejarah Indonesia saat berakhirnya masa Orde Baru. Reformasi merupakan perubahan tatanan kehidupan lama menuju tatanan kehidupan baru yang lebih baik. Reformasi merupakan formulasi menuju Indonesia baru dengan tatanan baru. Reformasi terjadi karena kondisi politik dan ekonomi Indonesia pada masa Orde Baru tidak terkendali. Rakyat Indonesia menjadi semakin kritis dan menyatakan bahwa pemerintahan Orde Baru tidak berhasil menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur, adil, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Berikut ini merupakan faktor pendorong terjadinya gerakan reformasi:

  1. adapun faktor politik yang di antaranya, yaitu: adanya rasa tidak percaya karena KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) di dalam pemerintahan, adanya keinginan demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. dan gerakan mahasiswa yang menginginkan perubahan.
  2. adapun faktor ekonomi yang di antaranya yaitu: adanya krisis mata uang rupiah, naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat, sulitnya mendapatkan barang-barang kehidupan pokok.
  3. faktor sosial: adanya kerusuhan pada tanggal 13 dan 14 Mei 1998 terhadap etnis Tionghoa
  4. faktor hukum: belum adanya keadilan perlakuan hukum yang sama di antara warga negara.

Dengan demikian, faktor pendorong gerakan reformasi antara lain meliputi faktor politik, faktor ekonomi, faktor sosial masyarakat dan faktor hukum yang semuanya bertujuan untuk mendapatkan tata kehidupan negara yang baru untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur, adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

0

Roboguru

Tanggapan pemerintahan orde baru terhadap tuntutan reformasi...

Pembahasan Soal:

Gerakan Reformasi sendiri memiliki beberapa tuntutan, yaitu menegakkan supremasi hukum, memberantas KKN, mengadili Presiden Soeharto beserta kroninya, melakukan amandemen UUD 1945, mencabut dwifungsi ABRI, dan memberikan otonomi kepada daerah. 

21 Mei 1998, Soeharto mundur/lengser dari jabatannya sebagai presiden RI selama 32 tahun, karena situasi politik yang tidak kondusif dan terjadinya demo besar termasuk di Ibukota Jakarta.

Dengan demikian, tanggapan pemerintahan orde baru terhadap tuntutan reformasi yaitu mundur dari jabatannya.

0

Roboguru

Jelaskan latar belakang terjadinya tuntutan reformasi

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1998, di Indonesia, terjadi gerakan reformasi yang diwakili oleh mahasiswa Indonesia. Keinginan untuk reformasi, terutama disebabkan karena adanya ketertutupan sistem politik dan kehidupan demokrasi pada Masa Orde Baru, sehingga lahirnya gerakan reformasi adalah upaya untuk kembali membuka keterbukaan dalam sistem politik dan pengelolaan negara.
Adapun hal-hal yang melatarbelakangi terjadinya tuntutan reformasi di antaranya, secara ekonomi kurs rupiah melemah Rp.17.000/dolar AS, akibat dari efek domino krisis moneter yang melanda sebagian negara2 di Asia. Selain itu utang luar negeri Indonesia mencapai US$ 138 miliar, inflasi / naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat, sulitnya mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok
Secara politik, pada Orde Baru  budaya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) telah mengakar kuat di dalam tubuh birokrasi pemerintahan. Besarnya peranan militer dalam orde baru- DPR dan MPR tidak lagi berfungsi secara demokratis, serta adanya rasa krisis kepercayaan kepada pemerintah Orde Baru yang penuh dengan KKN.
Dalam bidang hukum, misalnya belum adanya keadilan dalam perlakuan hukum yang sama di antara warga negara

Dengan demikian munculnya gerakan reformasi dilatarbelakangi oleh terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia.

0

Roboguru

Pascareformasi 1998, kedudukan Pancasila sebagai asas tunggal dalam partai politik dihapus. Ketentuan tersebut dikukuhkan dalam peraturan . . . yang dikeluarkan pada masa pemerintahan B. J. Habibie.

Pembahasan Soal:

Tap. MPR No. XVIII/MPR/1998, Ketetapan ini mencabut Tap. MPR No. 11/MPR/1978, yang berisi tentang Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (P4 atau Ekaprasetia Pancakarsa). Selain itu, ketetapan ini juga menetapkan pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

0

Roboguru

Terjadinya krisis ekonomi, politik dan sosial pada tahun 1998 menimbulkan reaksi masyarakat sehingga kepercayaan terhadap kepemimpinan Soeharto menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan ....

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Orde Baru perekonomian Indonesia dapat dikatakan berkembang pesat. Pembangunan infrastruktur yang meningkat dan merata, sehingga dapat dinikmati masyarakat. Namun, hal tersebut dibarengi dengan praktek Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN). Puncaknya pada tahun 1998 terjadi krisis multidimensional meliputi sistem ekonomi, politik dan sosial. Hal tersebut mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Atas kondisi demikian, timbul berbagai gejolak dan demostrasi masyarakat. Hal ini menyebabkan Soeharto menyatakan diri berhenti sebagai presiden setelah 32 tahun memimpin Indonesia.

Dengan demikian, krisis multidimensional menyebabkan mundurnya Soeharto dari kursi kepresidenan sehingga berakhir era Orde Baru.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved