Roboguru

Sebutkan dan jelaskan dampak negatif penerapan bio...

Sebutkan dan jelaskan dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan !  

  1. . . .  

  2. . . .  

Jawaban:

Berikut beberapa dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan, yaitu :  

 

  • Rusaknya ekosistem
    Bioteknologi dapat merusak lingkungan hidup dan menjalar pada kerusakan ekosistem. Sebagai contoh, tanaman bunga matahari yang telah mendapat rekayasa genetik dari bioteknologi akan menghasilkan produk panen yang banyak dan unggul, tetapi dapat menyebabkan pihak lain dirugikan, seperti kupu kupu, lebah atau kumbang yang biasanya membantu penyerbukan pada bunga akan mengalami kematian dan menurunkan populasi hewan tersebut di ekosistem. Ini disebabkan bunga matahari yang tumbuh subur akibat bioteknologi tidak lagi membutuhkan bantuan dari serangga untuk proses terjadinya penyerbukan. Beberapa jenis tanaman transgenik memiliki zat-zat tertentu yang dapat menyebabkan serangga keracunan.  
  • Berkurangnya keanekaragaman mahkluk hidup
    Bioteknologi dapat menyebabkan berkurangnya plasma nutfah atau berkurangnya keanekaragaman mahkluk hidup. Seperti pada contoh kasus di atas, yaitu beberapa populasi serangga mengalami kematian akibat tidak mendapatkan sumber makanan, dikarenakan sumber makanannya dapat membunuh hewan-hewan tersebut melalui zat-zat beracun yang dihasilkan tanaman transgenik tersebut. Menurunnya keanekaragaman makhluk hidup di suatu ekosistem akan mengacaukan jaring makanan di ekosistem tersebut.  
  • Bakteri pengurai tidak dapat berfungsi
    Beberapa tanaman transgenik tidak dapat diuraikan oleh bakteri. Kondisi tersebut membuat proses pembusukan tidak dapat terjadi yang akan berdampak pada keseimbangan ekosistem dan lingkungan hidup. Dikarenakan tidak adanya proses pembusukan, limbah pertanian tersebut akan menumpuk dan membuat tumbuhan lain yang tumbuh di kawasan tersebut rentan terserang penyakit.  

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved