Roboguru

Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri sosiologi!

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri sosiologi!space space 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah ciri-ciri sosiologi.

Ciri-ciri sosiologi, sebagai berikut:

  1. Empiris, artinya bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi yang dilakukan terhadap kenyataan dan akal sehat, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif
  2. Teoritis, artinya bahwa ilmu pengetahuan yang selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil pengamatan, abstraksi tersebut merupakan kesimpulan logis yang memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori
  3. Kumulatif, artinya bahwa disusun berdasarkan teori-teori yang telah ada sebelumnya atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama
  4. Non-etis, artinya bahwa tidak mempersoalkan baik buruknya suatu masalah, tetapi berusaha untuk menjelaskan masalah.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang termasuk ciri-ciri sosiologi adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Harry M. Johnson dalam bukunya Sosiology: A Systemic Introduction (1967), setiap ilmu mempunyai karakteristik yang khas. Begitu juga sosiologi, karakteristik keilmuan sosiologi sebagai berikut.

  1. Sosiologi bersifat empiris, artinya sosiologi itu mendasarkan diri pada observasi dan penalaran, bukan atas dasar wahyu atau hasil spekulasi.
  2. Sosiologi bersifat teoretis, artinya sosiologi berusaha memberi ikhtisar (summary) yang menunjukkan hubungan pernyataan atau proporsi-proporsi secara logis.
  3. Sosiologi bersifat kumulatif, artinya teori-teori sosiologi dibangun atas dasar teori yang sudah ada. Teori-teori baru yang lebih besar dan luas, pada dasarnya merupakan penyempurnaan teori-teori yang sudah ada.
  4. Sosiologi bukan etika (non etis), artinya sosiologi bukan ajaran tentang tata susila. Para sosiolog tidak membicarakan apakah suatu tingkah laku sosial itu baik atau buruk. Tugas seorang sosiolog adalah mengungkap atau menerangkan tindakan sosial sebagai fakta sosial.

Berdasarkan soal di atas yang termasuk ciri sosiologi adalah kumulatif, maka jawaban yang tepat adalah A. undefined

Roboguru

Sebutkan sifat Sosiologi sebagai suatu ilmu ...

Pembahasan Soal:

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah sosiologi yang memiliki sifat-sifat atau kriteria yang memenuhi standar ilmu pengetahuan. Sifat-sifat tersebut di antaranya;

  • Empiris, artinya ilmu pengetahuan yang didasarkan pada observasi (pengamatan) dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif melainkan objektif.
  • Teoritis, artinya ilmu pengetahuan berasal dari abstraksi hasil pengamatan di lapangan, sehingga menjadi suatu teori yang logis.
  • Kumulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, lalu memperbaiki, memperluas, sehingga memperkuat teori sebelumnya.
  • Nonetis, artinya tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi bersifat netral dalam menjelaskan masalah.

Dengan melihat penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sifat sosiologi di antaranya; Empiris, Teoritis, Kumulatif, dan Nonetis.space 

Roboguru

Sosiologi sebagai ilmu telah memenuhi semua unsur ilmu pengetahuan. Menurut Harry M. Johnson dalam bukunya Sociology A Systematic Introduction (1960), sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai 4 ci...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah ciri-ciri sosiologi menurut Harry M. Johnson.

Menurut Harry M. Johnson, ciri-ciri sosiologi, antara lain:

  • Empiris, artinya ilmu pengetahuan didasarkan pada observasi dan logika, dan hasilnya tidak spekulatif.
  • Teoritis, artinya ilmu pengetahuan selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil-hasil penelitian.
  • Kumulatif, artinya teori sosiologi dibentuk berdasarkan teori-teori yang sudah ada dengan tujuan untuk memperbaiki dan memperluas.
  • Nonetis, artinya sosiologi tidak mempermasalahkan baik atau buruk suatu fakta karena tujuan sosiologi adalah menjabarkan fakta secara analitis dan objektif.space space 
Roboguru

Berikut ini yang bukan sifat dan hakikat ilmu sosiologi adalah ...

Pembahasan Soal:

Sosiologi memiliki sifat-sifat yang melekat sebagai ilmu. Sifat-sifat tersebut di antaranya;

  1. Empiris, sosiologi mendasarkan pada obeservasi atau pengamatan di masyarakat sehingga hasilnya berupa fakta atau kenyataan dan tidak spekulatif.
  2. Teoritis, hasil pengamatan atau observasi tersebut membentuk abstraksi-abstraksi dan membentuk teori.
  3. Kumulatif, dalam teorinya sosiologi mengalami proses penyempurnaan teori-teori lama menjadi teori baru. Hal ini sesuai dengan sifat masyarakat dinamis, sehingga teori sosiologi juga dinamis.
  4. Nonetis, sebagai disiplin ilmu sosiologi tidak memberikan penilaian baik dan buruk suatu fenomena, tetapi mengakji mengapa fenomena tersebut bisa ada di masyarakat.

Dengan melihat penjelasan tersebut, yang bukan merupakan sifat atau hakikat sosiologi adalah E.space 

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri berikut ! Menerangkan setiap tindakan sosial sebagai bagian dari fakta sosial Ilmu disusun berdasarkan hasil observasi logis terhadap fakta sosial Abstraksi disusun berdasark...

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri Sosiologi ada 4, yaitu:

  1. Empiris, artinya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan didasarkan pada observasi terhadap kenyataan menggunakan akal sehat dan indra, sehingga hasilnya tidak bersifat spekulatif.
  2. Teoritis, artinya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil pengamatan empiris. Abstraksi merupakan penarikan kesimpulan yang menjelaskan hubungan sebab-akibat dari gejala-gejala sosial yang diteliti.
  3. Kumulatif, artinya sosiologi membangun argumen yang tidak turun begitu saja di ruang hampa, melainkan disusun atas teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Teori-teori tersebut merupakan hasil dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.
  4. Non etis, artinya sosiologi membahas suatu permasalahan sosial tanpa mempersoalkan nilainya, yaitu baik atau buruknya suatu persoalan yang dibahas. Sosiologi lebih berkepentingan untuk menjelaskan mengapa suatu fenomena terjadi. Penjelasan tersebut juga harus logis, mendalam, dan mudah dipahami.

Jadi, jawabannya adalah A 1), 2), dan 3) undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved