Roboguru

Sebutkan dan jelaskan 4 tahap penyebab masalah sosial dalam masyarakat!

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan 4 tahap penyebab masalah sosial dalam masyarakat! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Penyebab masalah sosial dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:
  • Faktor Ekonomi. Fakor ekonomi merupakan faktor terbesar penyebab terjadinya masalah sosial. Faktor ekonomi dapat dijadikan sebagai acuan maju atau tidaknya suatu negara, serta dapat memengaruhi masalah sosial politik pada aspek psikologis dan biologis masyarakat.
  • Faktor Budaya. Hal ini disebabkan karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yang heterogen atau multikultural. Contoh kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, dan bahkan pengakuan hak milik kebudayaan lintas negara.
  • Faktor Biologis. Masalah ini dapat timbul akibat adanya ketidaksesuain keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat, seperti adanya wabah penyakit menular, virus penyakit baru, dan makanan beracun.
  • Faktor Psikologi. Kondisi ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Seperti aliran sesat dan pemahaman lainnya yang menyimpang dari ajaran agama yang jika diamati secara detail sangat tidak masuk akal.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Wahyu

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan latar belakang terjadinya permasalahan sosial perilaku seks bebas jika ditinjau dari faktor sosial budaya!

Pembahasan Soal:

Seks bebas oleh masyarakat Indonesia sederhanya dipahami sebagai hubungan seksual yang dilakukan di luar ikatan pernikahan. Praktik dari perilaku tersebut dapat dilakukan dengan seks dalam pacaran (seks pranikah), prostitusi, atau bahkan saling bertukar pasangan (swinging).   Oleh karenanya perilaku seks bebas dipandang sebagai permasalahan sosial, sebab dalam nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat Indonesia bahwa hubungan seksual dilakukan setelah adanya ikatan pernikahan antara dua belah piihak.

Hal yang melatarbelakangi permasalahan tersebut sangatlah beragam. Namun, jika ditinjau dari faktor budaya, maka hal tersebut terjadi karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial sebagai dampak negatif masuknya budaya yang tidak sesuai serta diperparah kurangnya kontrol orang tua. Sehingga pada akhirnya lahir pemahaman bahwa seks bebas merupakan hal yang biasa selama dilakukan atas rasa suka sama suka atau mau sama mau.

0

Roboguru

Berikut merupakan beberapa permasalahan yang sering muncul akibat pelaksanaan neokolonialisme, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Neo kolonialisme merupakan satu bentuk “penjajahan” baru  antara bangsa yang memiliki power yang lebih dengan bangsa-bangsa yang memiliki power yang lemah. Penjajahan dalam bentuk baru itu tidak lagi memandang kolonialisme sebagai penjajahan fisik dimana pemerintahan dan penguasaan atas semua sumberdaya dilakukan secara langsung oleh suatu bangsa terhadap bangsa lain. Neo kolonialisme berwujud keterpengaruhan yang sangat kuat bahkan ketergantungan satu bangsa terhadap bangsa lain untuk melakukan berbagai hal terhadap apa pun yang diinginkan oleh bangsa lain, misalnya dalam bidang ideologi, ekonomi, hukum, dan sebagainya.

Karena dalam soal yang ditanyakan adalah pengecualian dari dampak neokolonialisme.

Jadi, jawabannya adalah B. ketergantungan negara berkembang terhadap negara maju berkurangundefined 

0

Roboguru

Perkembangan teknologi informasi yang terjadi di masyarakat saat ini memberikan kemudahan dalam mengakses dunia maya sebagai cara dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Lapak-lapak online seperti adan...

Pembahasan Soal:

Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Salah satu contoh dampak positif tersebut yaitu kemudahan mengakses media sosial sebagai sarana dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari. Kemudahan dalam mengakses media sosial juga memberikan dampak negatif di masyarakat, yaitu adanya kemudahan dalam masuknya budaya asing ke dalam kehidupan masyarakat. Arus informasi budaya asing yang masuk ke dalam kehidupan masyarakat, perlahan budaya tersebut dikonsumsi oleh masyarakat luas. Perilaku mengonsumsi budaya luar tersebut, perlahan dapat menggeser budaya lokal yang ada di masyarakat. Permasalahan sosial di atas, disebabkan oleh adanya faktor sosial dan kebudayaan, yaitu masyarakat yang mulai mengonsumsi budaya luar sebagai budaya mereka. Sehingga dapat menggeser budaya lokal di masyarakat yang dapat menimbulkan gaya hidup bebas sebagai masalah sosial di masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined  

0

Roboguru

Salah satu permasalahan yang sering terjadi di Indonesia adalah pernikahan dini. Padahal sudah ada UU Perkawinan yang memberikan batas minimal usia pernikahan seseorang. Namun, tetap saja pernikahan d...

Pembahasan Soal:

Sikap masyarakat yang didasari oleh nilai-nilai budaya tertentu dapat menyebabkan terjadinya masalah sosial. Berkaitan dengan kondisi ini, salah satu masalah sosial yang juga dapat dipicu oleh faktor sosial budaya adalah pernikahan dini atau anak. Misalnya muncul istilah-istilah ‘perawan tua’, praktik perjodohan, dan pembatasan peranan perempuan dalam keluarga merupakan beberapa penyebab mengakarnya tradisi pernikahan dini dalam masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  undefined 

0

Roboguru

Anak jalanan yang mengemis di jalan raya menggambarkan adanya kemiskinan di daerah itu. Kadang para orang tua melibatkan anaknya untuk mengemis untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bagi sebagia...

Pembahasan Soal:

Masalah sosial berdasarkan ilustrasi merupakan masalah sosial karena faktor budaya. Faktor budaya berkaitan dengan kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang negatif dan mendarah daging serta diturunkan melalui proses sosialisasi seperti sikap malas, menggantungkan hidup kepada orang lain, pasrah, dan tidak mau bekerja keras. Ilustrasi menjelaskan bahwa mengemis bagi mereka merupakan cara mendapatkan uang yang mudah sebagai alternatif dari keterbatasan mendapatkan pekerjaan yang layak sehingga faktor penyebab masalah tersebut adalah malas dan tidak mau bekerja keras.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved