Roboguru

Berikut merupakan beberapa permasalahan yang sering muncul akibat pelaksanaan neokolonialisme, kecuali ...

Pertanyaan

Berikut merupakan beberapa permasalahan yang sering muncul akibat pelaksanaan neokolonialisme, kecuali ...undefined 

  1. eksploitasi sumber daya alam meningkatundefined 

  2. ketergantungan negara berkembang terhadap negara maju berkurangundefined 

  3. kapitalisme berpengaruh terhadap sektor ekonomi dan politik di negara berkembangundefined 

  4. negara berkembang hanya memperoleh sebagian kecil dari keuntunganundefined 

  5. kerusakan lingkungan di negara berkembangundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Neo kolonialisme merupakan satu bentuk “penjajahan” baru  antara bangsa yang memiliki power yang lebih dengan bangsa-bangsa yang memiliki power yang lemah. Penjajahan dalam bentuk baru itu tidak lagi memandang kolonialisme sebagai penjajahan fisik dimana pemerintahan dan penguasaan atas semua sumberdaya dilakukan secara langsung oleh suatu bangsa terhadap bangsa lain. Neo kolonialisme berwujud keterpengaruhan yang sangat kuat bahkan ketergantungan satu bangsa terhadap bangsa lain untuk melakukan berbagai hal terhadap apa pun yang diinginkan oleh bangsa lain, misalnya dalam bidang ideologi, ekonomi, hukum, dan sebagainya.

Karena dalam soal yang ditanyakan adalah pengecualian dari dampak neokolonialisme.

Jadi, jawabannya adalah B. ketergantungan negara berkembang terhadap negara maju berkurangundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan teks berikut ini! Perkembangan teknologi informasi yang terjadi di masyarakat saat ini memberikan kemudahan dalam mengakses dunia maya sebagai cara dalam melakukan aktivitas sehari-hari. ...

Pembahasan Soal:

Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Salah satu contoh dampak positif tersebut yaitu kemudahan mengakses media sosial sebagai sarana dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari. Kemudahan dalam mengakses media sosial juga memberikan dampak negatif di masyarakat, yaitu adanya kemudahan dalam masuknya budaya asing ke dalam kehidupan masyarakat. Arus informasi budaya asing yang masuk ke dalam kehidupan masyarakat, perlahan budaya tersebut dikonsumsi oleh masyarakat luas. Perilaku mengonsumsi budaya luar tersebut, perlahan dapat menggeser budaya lokal yang ada di masyarakat. Permasalahan sosial di atas, disebabkan oleh adanya faktor sosial dan kebudayaan, yaitu masyarakat yang mulai mengonsumsi budaya luar sebagai budaya mereka. Sehingga dapat menggeser budaya lokal di masyarakat yang dapat menimbulkan gaya hidup bebas sebagai masalah sosial di masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined  

0

Roboguru

Jelaskan secara runtut, contoh masalah sosial yang ada, penyebab, pihak yang terlibat, dan cara mengatasi masalah sosial tersebut!

Pembahasan Soal:

Contoh : Kemiskinan adalah salah satu masalah sosial di kota-kota besar. Penyebab masalah ini adalah laju urbanisasi yang tinggi , tingkat pendidikan yang rendah dari kaum urban dan tidak memiliki ketrampilan, sehingga sulit mendapatkan pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang cukup. Pihak-pihak yang terkait dalam masalah sosial ini adalah kaum urban dan pemerintah kota, Upaya mengatasi masalah tersebut adalah menekan laju urbanisasi, memberi kemudahan bagi kaum miskin kota untuk mengikuti pendidikan dan ketrampilan di kota, membuka lapangan kerja dan mendorong semangat berwirausaha bagi masyarakat miskin kota.

0

Roboguru

Bangunan liar dibantaran sungai dibongkar paksa petugas pemerintah Kota Jombang sehingga menimbulkan bentrok. Pada awalnya masyarakat diizinkan menggunakan lahan karena bangunannya tidak permanen. Aka...

Pembahasan Soal:

Konflik dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya 1) perbedaan antara individu, 2) perbedaan kebudayaan, 3) perbedaan kepentingan, 4) perubahan sosial. Berdasarkan kasus di atas,  konflik terjadi karena pembongkaran bangunan di bantaran sungai. Latar belakng konflik karena adanya perbedaan kepentingan, bantaran wilayah menurut pemerintah daerah merupakan milik pemerintah yang diperuntukan untuk aliran sungan dan serapan, oleh warga masyarakat didirikan bangunan permanen, sehingga wilayah tersebut tidak lagi sesuai dengan pemanfaatannya. Terlebih wilayah tersebut milik pemerintah, sedangkan bangunan yang didirikan adalah bangunan permanen.  Perbedaan kepentingan antara pemerintah sebagai pemilik lahan dan masyarakat yang menempati lahan tersebut yang memicu konflik.

Jadi, jawabannya adalah C Perbedaan kepentinganundefined 

0

Roboguru

Tuliskan penyebab munculnya masalah sosial!

Pembahasan Soal:

Menurut  Elly M. Setiadi dan Usman Kolip dalam buku Pengantar Sosiologi (2011), dijelaskan bahwa faktor penyebab kemunculan masalah sosial dibedakan menjadi empat kategori, yaitu:

  1. Faktor ekonomi. Masalah sosial muncul disebabkan karena adanya ketimpangan pendapatan, ketidakmerataan pembangunan, dan ketidaksamaan dalam hak akses. Contoh pengangguran, kemiskinan, dan tingkat kriminalitas.
  2. Faktor budaya. Masalah sosial muncul karena ketidaksesuaian antara nilai, norma, dan perilaku masyarakat. Contoh kenakalan remaja, tawuran, westernisasi.
  3. Faktor biologis. Masalah sosial karena faktor biologis berkaitan dengan kondisi fisik manusia. Contoh: penyakit menular.
  4. Faktor psikologis. Masalah sosial karena faktor psikologis biasanya berhubungan dengan gangguan psikologis yang dialami suatu masyarakat. Contoh: seseorang yang memiliki permasalahan yang rumit kemudian menjadi beban fikiran yang mengakibatkan depresi. undefined

0

Roboguru

Jelaskan, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial. dalam soal tersebut berkaitan dengan konsep masalah sosial, yang berarti suatu keadaan yang tidak dikehendaki oleh masyarakat. dalam soal, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial bisa dijabarkan sebagai berikut di antaranya;

  1. Masalah sosial karena disorganisasi;
    1. Kemiskinan
    2. disorganisasi keluarga
    3. lingkungan hidup
    4. peperangan
    5. dan lain sebagainya
  2. Masalah sosial karena perilaku menyimpang;
    1. kriminalitas
    2. prostitusi
    3. alkoholisme
    4. dan lain sebagainya

Dengan melihat penjelasan tersebut, faktor lahirnya masalah sosial pada intinya dibagi dua hal yaitu; karena disorganisasi dan karena adanya perilaku menyimpang dalam diri individu.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved