Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan ciri umum fabel/legenda!

Sebutkan ciri umum fabel/legenda! space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Fabel dan legenda termasuk jenis dongeng. Fabel merupakan cerita mengenai kehidupan dunia binatang yang memilikinilai moral serta budi pekerti. Ciri umum fabel: Tokoh utamanya merupakan binatang. Cerita fabel memiliki pesan moral. Isi cerita fabel diambil dari kisah kehidupan sehari-hari manusia. Cerita memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat. Rangkaian sebab-akibat diurutkan dari awal sampai akhir. Fabel menggunakan latar alam (hutan, sungai, kolam, dll). Sementara itu, legenda adalahcerita rakyat yang ada di masyarakat dan berhubungan dengan suatu peristiwa. Peristiwa tersebut bisa melahirkan suatu asal usul, suatu nama daerah, atau hal-hal yang berkaitan dengan alam sekitar. Ciri umum legenda: Isi cerita dianggap benar-benar pernah terjadi. Tokoh utama cerita legenda adalah manusia. Bersifat lokal berdasarkan perkembangan cerita tersebut. Isi cerita menceritakan tokoh pada zaman tertentu. Dengan demikian, ciri umum fabel adalah 1) tokoh utamanya merupakan binatang, 2) memiliki pesan moral, 3) dari kisah kehidupan manusia, 4) rangkaian peristiwa sebab akibat, 5) menggunakan latar alam. Sementara itu, ciri umum legenda adalah 1) isi dianggap benar-benar terjadi, 2) tokoh utama adalah manusia, 3) bersifat lokal, 4) menceritakan tokoh pada zaman tertentu.

Fabel dan legenda termasuk jenis dongeng. Fabel merupakan cerita mengenai kehidupan dunia binatang yang memiliki nilai moral serta budi pekerti.

Ciri umum fabel:

  1. Tokoh utamanya merupakan binatang.
  2. Cerita fabel memiliki pesan moral.
  3. Isi cerita fabel diambil dari kisah kehidupan sehari-hari manusia.
  4. Cerita memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat. Rangkaian sebab-akibat diurutkan dari awal sampai akhir.
  5. Fabel menggunakan latar alam (hutan, sungai, kolam, dll).

Sementara itu, legenda adalah cerita rakyat yang ada di masyarakat dan berhubungan dengan suatu peristiwa. Peristiwa tersebut bisa melahirkan suatu asal usul, suatu nama daerah, atau hal-hal yang berkaitan dengan alam sekitar.

Ciri umum legenda:

  1. Isi cerita dianggap benar-benar pernah terjadi.
  2. Tokoh utama cerita legenda adalah manusia.
  3. Bersifat lokal berdasarkan perkembangan cerita tersebut.
  4. Isi cerita menceritakan tokoh pada zaman tertentu.space 

Dengan demikian, ciri umum fabel adalah 1) tokoh utamanya merupakan binatang, 2) memiliki pesan moral, 3) dari kisah kehidupan manusia, 4) rangkaian peristiwa sebab akibat, 5) menggunakan latar alam.

Sementara itu, ciri umum legenda adalah 1) isi dianggap benar-benar terjadi, 2) tokoh utama adalah manusia, 3) bersifat lokal, 4) menceritakan tokoh pada zaman tertentu. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Riky Ferdian

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan fabel dengan legenda.

68

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia