Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kedua teks berikut dengan cermat!


Teks 1

Si Rusa dan Si Kulomang

    Pada jaman dahulu di sebuah hutan di kepulauan Aru, hiduplah sekelompok rusa. Mereka sangat bangga akan kemampuan larinya. Pekerjaan mereka selain merumput, adalah menantang binatang lainnya untuk adu lari. Apabila mereka itu dapat mengalahkannya, rusa itu akan mengambil tempat tinggal mereka.

    Di tepian hutan tersebut terdapatlah sebuah pantai yang sangat indah. Di sana hiduplah siput laut yang bernama Kulomang. Siput laut terkenal sebagai binatang yang cerdik dan sangat setia kawan. Pada suatu hari, si Rusa mendatangi si Kulomang. Ditantangnya siput laut itu untuk adu lari hingga sampai di tanjung ke sebelas. Taruhannya adalah pantai tempat tinggal sang siput laut.

    Dalam hatinya si Rusa itu merasa yakin akan dapat mengalahkan si Kulomang. Bukan saja jalannya sangat lambat, si Kulomang juga memanggul cangkang. Cangkang itu biasanya lebih besar dari badannya. Ukuran yang demikian itu disebabkan oleh karena cangkang itu adalah rumah dari siput laut. Rumah itu berguna untuk menahan agar tidak hanyut di waktu air pasang. Dan ia berguna untuk melindungi siput laut dari terik matahari.

    Pada hari yang ditentukan si Rusa sudah mengundang kawan-kawannya untuk menyaksikan pertandingan itu. Sedangkan si Kulomang sudah menyiapkan sepuluh teman-temannya. Setiap ekor dari temannya ditempatkan mulai dari tanjung ke dua hingga tanjung ke sebelas. Dia sendiri akan berada ditempat mulainya pertandingan. Diperintahkannya agar teman-temanya menjawab setiap pertanyaan si Rusa.

    Begitu pertandingan dimulai, si Rusa langsung berlari secepat-cepatnya mendahului si Kulomang. Selang beberapa jam is sudah sampai di tanjung kedua. Nafasnya terengah-engah. Dalam hati ia yakin bahwa si Kulomang mungkin hanya mencapai jarak beberapa meter saja. Dengan sombongnya ia berteriak-teriak, "Kulomang, sekarang kau ada di mana?" Temannya si Kulomang pun menjawab, "aku ada tepat di belakangmu." Betapa terkejutnya si Rusa, ia tidak jadi beristirahat melainkan lari tunggang langgang.

    Hal yang sama terjadi berulang kali hingga ke tanjung ke sepuluh. Memasuki tanjung ke sebelas, si Rusa sudah kehabisan napas. Ia jatuh tersungkur dan mati. Dengan demikian si Kulomang dapat bukan saja mengalahkan tetapi juga memperdayai si Rusa yang congkak itu.

(Sumber: www.pendongeng.com)

Teks 2

Burung Gagak dan Sebuah Kendi

    Pada suatu musim yang sangat kering, dimana saat itu burung-burungpun sangat sulit mendapatkan sedikit air untuk diminum, seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisikan sedikit air. Tetapi kendi tersebut merupakan sebuah kendi yang tinggi dengan leher kendi sempit. Bagaimanapun burung gagak tersebut berusaha untuk mencoba meminum air yang berada dalam kendi, dia tetap tidak dapat mencapainya. Burung gagak tersebut hampir merasa putus asa dan merasa akan meninggal karena kehausan.

    Kemudian tiba-tiba sebuah ide muncul dalam benaknya. Dia lalu mengambil kerikil yang ada di samping kendi, kemudian menjatuhkannya ke dalam kendi satu persatu. Setiap kali burung gagak itu memasukkan kerikil ke dalam kendi, permukaan air dalam kendipun berangsurangsur naik dan bertambah tinggi hingga akhirnya air tersebut dapat di capai oleh sang burung Gagak.space 

(Sumber: www.ceritakecil.com)

Jadi, apakah ciri-ciri fabel fiksi ilmiah?

Jadi, apakah ciri-ciri fabel fiksi ilmiah?space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ciri-ciri fabel fiksi ilmiah adalah 1) bertema rumit, 2) isi berbentuk epik, 3) menampilkan penyelesaian masalah, dan 4) karakter tokoh diilustrasikan semirip-miripnya dengan manusia.

  ciri-ciri fabel fiksi ilmiah adalah 1) bertema rumit, 2) isi berbentuk epik, 3) menampilkan penyelesaian masalah, dan 4) karakter tokoh diilustrasikan semirip-miripnya dengan manusia. space 

Iklan

Pembahasan

Fabel adalah cerita pendek berupa dongeng yang menggambarkan watak dan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia. Fabel diceritakan bukan dengan tujuan menghibur semata, tetapi juga sebagai media pendidikan moral yang di dalamnya terselip nilai luhur, yakni pengenalan tentang budi pekerti. Fabel fiksi ilmiah merupakan jenis fabel dengan tema yang lebih rumit, yaitu dapat bertema teknologi atau modern. Ciri-ciri fabel fantasi: Bertema rumit, misalnya teknologi atau modern. Isi berbentuk epik. Menampilkan penyelesaian masalah dengan kekreatifan tokoh. Karakter tokoh diilustrasikan semirip-miripnya dengan manusia. Misalnya: sang Gagak yang membutuhkan air minum memiliki sifat yang sama seperti manusia yang selalu membutuhkan air. Dengan demikian, ciri-ciri fabel fiksi ilmiah adalah 1) bertema rumit, 2) isi berbentuk epik, 3) menampilkan penyelesaian masalah, dan 4) karakter tokoh diilustrasikan semirip-miripnya dengan manusia.

Fabel adalah cerita pendek berupa dongeng yang menggambarkan watak dan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia. Fabel diceritakan bukan dengan tujuan menghibur semata, tetapi juga sebagai media pendidikan moral yang di dalamnya terselip nilai luhur, yakni pengenalan tentang budi pekerti.

Fabel fiksi ilmiah merupakan jenis fabel dengan tema yang lebih rumit, yaitu dapat bertema teknologi atau modern.

Ciri-ciri fabel fantasi:

  1. Bertema rumit, misalnya teknologi atau modern.
  2. Isi berbentuk epik.
  3. Menampilkan penyelesaian masalah dengan kekreatifan tokoh.
  4. Karakter tokoh diilustrasikan semirip-miripnya dengan manusia. Misalnya: sang Gagak yang membutuhkan air minum memiliki sifat yang sama seperti manusia yang selalu membutuhkan air.

Dengan demikian,  ciri-ciri fabel fiksi ilmiah adalah 1) bertema rumit, 2) isi berbentuk epik, 3) menampilkan penyelesaian masalah, dan 4) karakter tokoh diilustrasikan semirip-miripnya dengan manusia. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan ciri umum fabel/legenda!

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia