Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan bukti-bukti transaksi!

Sebutkan bukti-bukti transaksi!  

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Bukti transaksi adalah dokumen sebagai tanda bukti yang mengesahkan atas kegiatan sebuah transaksi yang dilakukan. Terdapat dua bentuk bukti Transaksi, antara lain sebagai berikut. Bukti Transaksi Internal Bukti transaksi internal adalahbukti transaksi yang digunakan untuk kegiatan transaksi di dalam lingkugan perusahaan . Berikut bukti transaksi internal: Memo , surat perintah dari atasan kepada bawahan untuk melakukan aktivitas tertentu, seperti direktur pemasaran meminta untuk membuat hasil laporan penjualan bulan ini. Bukti kas masuk , bukti yang dikeluarkan bagian keuangan sebagai tandatelah terjadi aliran kas masuk ke perusahaan. Bukti kas keluar , bukti yang dikeluarkan bagian keuangan sebagai tanda telah terjadi aliran kas keluar ke perusahaan. Bukti Transaksi Eksternal Bukti transaksi eksternal adalahbukti transaksi antara perusahaan dengan pihak luar perusahaan . Berikut bukti transaksi eksternal: Kuitansi , bukti bahwa perusahaan telah menerima atau membayar sejumlah uang secara tunai. Faktur , bukti transaksi penjualan atau pembelian secara kredit. Nota kredit , bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual (retur penjualan). Nota kredit dikeluarkan oleh pihak penjual. Nota debit , dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual atau bukti yang berisi informasi yang menyatakan tentang pengiriman kembali barang yang tidak sesuai dengan pesanan (retur pembelian).

Bukti transaksi adalah dokumen sebagai tanda bukti yang mengesahkan atas kegiatan sebuah transaksi yang dilakukan. Terdapat dua bentuk bukti Transaksi, antara lain sebagai berikut.

Bukti Transaksi Internal

Bukti transaksi internal adalah bukti transaksi yang digunakan untuk kegiatan transaksi di dalam lingkugan perusahaan. Berikut bukti transaksi internal:

  1. Memo, surat perintah dari atasan kepada bawahan untuk melakukan aktivitas tertentu, seperti direktur pemasaran meminta untuk membuat hasil laporan penjualan bulan ini.
  2. Bukti kas masuk, bukti yang dikeluarkan bagian keuangan sebagai tanda telah terjadi aliran kas masuk ke perusahaan.
  3. Bukti kas keluar, bukti yang dikeluarkan bagian keuangan sebagai tanda telah terjadi aliran kas keluar ke perusahaan.

Bukti Transaksi Eksternal

Bukti transaksi eksternal adalah bukti transaksi antara perusahaan dengan pihak luar  perusahaan. Berikut bukti transaksi eksternal:

  1. Kuitansi, bukti bahwa perusahaan telah menerima atau membayar sejumlah uang secara tunai.
  2. Faktur, bukti transaksi penjualan atau pembelian secara kredit.
  3. Nota kredit, bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual (retur penjualan). Nota kredit dikeluarkan oleh pihak penjual.
  4. Nota debit, dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual atau bukti yang berisi informasi yang menyatakan  tentang pengiriman kembali barang yang tidak sesuai dengan pesanan (retur pembelian). undefined 

Latihan Bab

Karakteristik dan Bukti Transaksi Perusahaan Jasa

Aturan Debet Kredit dan Saldo Normal

Penggolongan Akun

Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Carikanlah definisi dan gambar bentuk dari bukti transaksi!

52

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia