Roboguru

Sebutkan bukti-bukti terjadinya evolusi!

Pertanyaan

Sebutkan bukti-bukti terjadinya evolusi! 

Pembahasan Soal:

Proses evolusi tidak dapat dikaji secara eksperimental atau secara empiris. Proses evolusi hanya bisa didukung melalui bukti-bukti atau petunjuk-petunjuk terjadinya evolusi. Petunjuk-petunjuk evolusi antara lain sebagai berikut.

  1. Variasi dalam spesies, dapat disebabkan oleh faktor genetis dan lingkungan. Contoh: variasi yang terdapat pada satu spesies kumbang.
  2. Temuan fosil, fosil merupakan sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu. Contoh: fosil hewan purba yang berasal dari Indonesia yaitu Kura-kura Atlas (Colossochelys atlas) dari Sulawesi.
  3. Homologi dan analogi alat tubuh, homologi merupakan hewan yang memiliki bagian tubuh dengan struktur yang sama namun fungsinya berbeda. Contoh: sayap burung dan lengan manusia. Analogi merupakan hewan yang memiliki bagian tubuh dengan struktur yang berbeda namun fungsinya sama. Contoh: sayap burung dengan sayap kupu-kupu.
  4. Alat tubuh sisa, para ahli berpendapat bahwa organ yang tidak dipakai atau tidak berguna akan tereduksi menjadi alat sisa. Contoh:  leburan tulang belakang manusia bagian bawah yang membentuk tulang ekor.
  5. Persamaan embrio, perbandingan perkembangan embrio berbagai macam makhluk hidup ternyata juga menunjukkan adanya kesamaan. Perkembangan awal beberapa spesies menunjukkan bentuk dan stuktur tubuh yang sama, kemudian masing-masing spesies berkembang dengan modifikasi yang berbeda. Contoh: perbandingan embriologi pada filum Vertebrata.
  6. Kemiripan biokimia, untuk mengetahui tingkat kekerabatan dua spesies dapat dilakukan dengan membandingkan DNA dan mencari persamaan jumlah urutan asam amino dalam protein penting. Contoh: manusia dan simpanse memiliki urutan asam amino dan hemoglobin yang sama.
  7. Penyebaran geografik, bukti evolusi yang pertama kali ditemukan Darwin adalah bukti dari penyebaran geografik. Contoh: keragaman burung Finch di Galapagos.
  8. Domestikasi, merupakan usaha manusia untuk mengubah atau menjadikan hewan dan tumbuhan liar menjadi hewan dan tumbuhan budidaya. Contoh: perkawinan selektif yang dilakukan oleh manusia telah menghasilkan banyak varian anjing mulai dari Chihuahua sampai dengan anjing Saint Bernard.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kelelawar memiliki sistem sonar sebagai bentuk adaptasi ketika terbang pada malam hari yang gelap. Dengan adanya sistem sonar tersebut memungkinkan kelelawar mengetahui arah dan jarak-jarak benda di s...

0

Roboguru

Tuliskan pemikiran Anda bagaimana cara membuktikan bahwa kemampuan cara berjalan seperti di atas diperoleh dari moyangnya secara turun-temurun!

0

Roboguru

Jika benar bahwa moyang manusia berjalan dengan empat kaki, mengapa cara itu ditinggalkannya?

0

Roboguru

Alat-alat yang tersisa pada organisme dapat di anggap sebagai petunjuk adanya evolusi. Pada manusia yang bukan merupakan alat tubuh yang tersisa adalah . . . .

0

Roboguru

Dalam teori evolusi, hal-hal berikut ini memungkinkan terjadinya evolusi adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved