Roboguru

Di bawah ini yang BUKAN merupakan petunjuk terjadinya evolusi adalah. . . .

Pertanyaan

Di bawah ini yang BUKAN merupakan petunjuk terjadinya evolusi adalah. . . .space space 

  1. Adanya variasi individu dalam satu keturunanspace space 

  2. Adanya peristiwa kembar identikspace space 

  3. Adanya fosil di berbagai lapisan bumispace space 

  4. Adanya embriologi perbandinganspace space  

  5. Adanya perbandingan fisiologispace space 

Pembahasan Soal:

Petunjuk evolusi digunakan untuk menjawab kebenaran tentang adanya evolusi. Berbagai petunjuk terjadinya evolusi antara lain:

  1. Adanya variasi individu dalam satu keturunan digunakan sebagai petunjuk adanya evolusi yang mengarah pada terbentuknya spesies - spesies baru.
  2. Pengaruh persebaran geografis disebabkan oleh perbedaan iklim menekankan darimana organisme berasal, bagaimana mereka menyebar, dan bagaimana distribusinya pada masa sekarang.
  3. Adanya perbandingan anatomi dan morfologi melalui homologi organ yaitu organ - organ yang mempunyai bentuk asal sama dan kemudian berubah strukturnya sehingga fungsinya berbeda, sedangkan analogi organ yaitu organ - organ yang sama fungsinya tetapi memiliki asal usul yang berbeda.
  4. Adanya perbandingan embriologi terdapat hubungan kekerabatan yang ditunjukkan adanya persamaan bentuk perkembangan yang dialami dari zigot sampai embrio. Makin banyak persamaan yang dimiliki embrio menunjukkan makin dekatnya hubungan kekerabatan.
  5. Temuan fosil merupakan sisa hewan dan tumbuhan yang telah membatu berada pada lapisan - lapisan bumi tertentu. Lapisan bumi menunjukkan usia bumi sehingga dijadikan petunjuk adanya hewan atau tumbuhan pada masa tertentu.
  6. Adanya perbandingan fisiologi dan biokimia dengan analisis biologi molekuler antara materi genetik yang terkandung pada kromosom makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya menunjukkan kemiripan urutan genetik

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Beberapa bukti evolusi adalah sebagai berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Beberapa bukti evolusi adalah sebagai berikut, kecuali spesiasi. Spesiasi merupakan proses pembentukan spesies baru. Beberapa bukti evolusi antara lain:

  1. variasi
  2. pengaruh penyebaran geografis
  3. fosil
  4. homologi
  5. sisa alat tubuh tak terpakai
  6. embriologi perbandingan
  7. kemiripan biokimia
  8. domestifikasi

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Beberapa bukti evolusi adalah sebagai berikut, KECUALI ....

Pembahasan Soal:

Proses evolusi tidak dapat dikaji secara eksperimental atau secara empiris. Proses evolusi hanya bisa didukung melalui bukti-bukti atau petunjuk-petunjuk terjadinya evolusi. Petunjuk-petunjuk evolusi antara lain adanya variasi di antara individu dalam spesies, temuan fosil, perbandingan anatomi (homologi dan analogi), alat tubuh sisa, persamaan embrio, kemiripan biokimia, penyebaran geografi, dan peristiwa domestikasi. Sedangkan, spesiasi merupakan proses pembentukan spesies baru melalui mekanisme tertentu. Para ilmuwan membedakan spesies berdasarkan kemampuan organisme untuk dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil (subur) atau memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Memiliki kemampuan berarti kedua organisme tersebut dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan fertil, meskipun hal tersebut tidak terjadi di alam.space 

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Sebutkan bukti-bukti terjadinya evolusi!

Pembahasan Soal:

Proses evolusi tidak dapat dikaji secara eksperimental atau secara empiris. Proses evolusi hanya bisa didukung melalui bukti-bukti atau petunjuk-petunjuk terjadinya evolusi. Petunjuk-petunjuk evolusi antara lain sebagai berikut.

  1. Variasi dalam spesies, dapat disebabkan oleh faktor genetis dan lingkungan. Contoh: variasi yang terdapat pada satu spesies kumbang.
  2. Temuan fosil, fosil merupakan sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu. Contoh: fosil hewan purba yang berasal dari Indonesia yaitu Kura-kura Atlas (Colossochelys atlas) dari Sulawesi.
  3. Homologi dan analogi alat tubuh, homologi merupakan hewan yang memiliki bagian tubuh dengan struktur yang sama namun fungsinya berbeda. Contoh: sayap burung dan lengan manusia. Analogi merupakan hewan yang memiliki bagian tubuh dengan struktur yang berbeda namun fungsinya sama. Contoh: sayap burung dengan sayap kupu-kupu.
  4. Alat tubuh sisa, para ahli berpendapat bahwa organ yang tidak dipakai atau tidak berguna akan tereduksi menjadi alat sisa. Contoh:  leburan tulang belakang manusia bagian bawah yang membentuk tulang ekor.
  5. Persamaan embrio, perbandingan perkembangan embrio berbagai macam makhluk hidup ternyata juga menunjukkan adanya kesamaan. Perkembangan awal beberapa spesies menunjukkan bentuk dan stuktur tubuh yang sama, kemudian masing-masing spesies berkembang dengan modifikasi yang berbeda. Contoh: perbandingan embriologi pada filum Vertebrata.
  6. Kemiripan biokimia, untuk mengetahui tingkat kekerabatan dua spesies dapat dilakukan dengan membandingkan DNA dan mencari persamaan jumlah urutan asam amino dalam protein penting. Contoh: manusia dan simpanse memiliki urutan asam amino dan hemoglobin yang sama.
  7. Penyebaran geografik, bukti evolusi yang pertama kali ditemukan Darwin adalah bukti dari penyebaran geografik. Contoh: keragaman burung Finch di Galapagos.
  8. Domestikasi, merupakan usaha manusia untuk mengubah atau menjadikan hewan dan tumbuhan liar menjadi hewan dan tumbuhan budidaya. Contoh: perkawinan selektif yang dilakukan oleh manusia telah menghasilkan banyak varian anjing mulai dari Chihuahua sampai dengan anjing Saint Bernard.

0

Roboguru

Jelaskan petunjuk-petunjuk yang menunjukkan terjadinya evolusi.

Pembahasan Soal:

Petunjuk-petunjuk yang menunjukkan terjadinya evolusi yaitu:

  1. variasi dalam spesies, setiap individu pada spesies yang sama dipastikan memiliki perbedaan/ variasi
  2. fosil, merupakan sisa makhluk hidup yang telah membatu
  3. homologi organ, merupakan organ yang berasal dari struktur asal yang sama namun memiliki fungsi yang berbeda
  4. alat tubuh sisa, merupakan organ tubuh yang tidak terpakai dan akhirnya terjadi reduksi
  5. perbandingan embriologi, pada masa awal embrio semua vertebrata memiliki kesamaan bentuk dan akan terlihat perbedaan pada perkembangan selanjutnya
  6. kemiripan biokimia, susunan DNA dapat dijadikan landasan hubungan kekerabatan makhluk hidup
  7. penyebaran geografik, misalnya keragaman burung Finch di Galapagos
  8. domestikasi, secara tidak sengaja telah menciptakan bentuk makhluk hidup yang berbeda dari nenek moyangnyaspace space 

0

Roboguru

Sebutkan bukti-bukti terjadinya evolusi!

Pembahasan Soal:

Terjadinya evolusi tidak bisa dikaji secara empiris maupun eksperimental. Proses evolusi hanya bisa dilihat melalui bukti-bukti yang meyakinkan terjadinya evolusi. Bukti-bukti evolusi antara lain adanya variasi di antara individu dalam spesies, temuan fosil, homologi dan analogi alat tubuh, alat tubuh sisa, persamaan embrio, kemiripan biokimia, penyebaran geografi, dan domestikasi. Contoh dari bukti terjadinya evolusi adalah adanya umbai cacing pada manusia, adanya tulang ekor pada manusia, dan analogi sayap burung dengan sayap kupu-kupu, dimana keduanya memiliki fungsi yang sama, namun struktur penyusunnya berbeda.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved