Roboguru

Sebutkan agenda reformasi tahun 1998!

Pertanyaan

Sebutkan agenda reformasi tahun 1998!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Berikut ini 6 agenda reformasi 1998. yaitu:

  1. Pengadilan terhadap Soehartodan pengikutnya. Agenda utama dari reformasi yang dilakukan saat reformasi pada tahun 1998 yang pertama adalah melakukan pengadilan terhadap Soeharto dan pengikutnya. Hal tersebut dikarenakan Soeharto telah menjabat sebagai presiden Inddonesia dalam waktu kurang lebih 32 tahun semasa pemerintahananya dan merekalah yang melakukan maraknya praktek korupsi, kolusi dan nepotisme yang kemudian menyebabkan kerugian bagi negara hingga triliuan rupiah.
  2. Amandemen UUD 1945, yang kedua adlah dilakukanya perubahan terhadap UUD 1945 yang dimana pada kondisi tersebut rakyat Indonesia melihat Soeharto dapat memimpin selama 32 tahun dan Soekarno dapat memimpin seumur hidupnya dikarenakan tidak memiliki hukum yang menjadi batasan dalam melakukan jabatan atas sebuah kekuasaan baik itu presiden dan juga menteri. Apabila tidak dilakukan amandemen, maka pemerintahan selanjutnya dapat melakukan hal yang sama.
  3. Otonomi Daerah. Dikarenakan pada masa pemerintahan orde baru hanya dilakukan pengembangan pada satu titik yaitu pulau Jawa. Maka dharapkan untuk membuka jalan bagi otonomi daerah sebagi salah satu agenda untuk melakukan reformasi sehingga semua daerah dapat melakukan perkembangan daerahnya sendiri guna untuk meratakan pembangunan dan juga kesejahteraan.
  4. Menghapus Dwifungsi ABRI. Pada masa itu, Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau dikenal dengan ABRI memiliki dua funsi yaitu fungsi keamanan dan juga fungsi sosial politik. Pada hal ini, fungsi dari kedua jenis itu menyebabkan permasalahan pada masa orde baru dimana menjadi sebuah kekuatan yang sangat besar dan bukan berada dipihak rakyat sipil. Maka diharapkan dengna dilakukannya perubahan undang-undang maka tidak akan ada lagi hal yang sama terjadi selanjutnya.
  5. Menghapuskan Korupsi, Kolusi Nepotisme. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, pada masa Soeharto terjadi KKN besar-besaran yang dimana menyebabkan Indonesia tidak lagi berjalan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. OLeh sebab itu, maka rakyat Indonesia memberikan tuntutan untuk melakukan penghapusan dalam agenda reformasi.
  6. Menegakkan Supremasi Hukum. Pada masa pemerintahan orde baru, hukum yang dibuat justru hanya untuk menghukum rakyat itu sendiri dan para penguasa dapat melakukan hal yang sesuai dengan keinginannya sendiri. Oleh karena itu, pada era selanjutnya supremasi hukum diharapkan untuk berdiri tegak dan tidak hanya menghukum rakyat saja, tetapi dapat menghukum pemimpin juga.

Dengan demikian, agenda reformasi meliputi adili Soeharto dan kroni - kroninya, tegakkan supremasi hukum, amandemen UUD 1945, hapus dwifungsi ABRI, berantas KKN(Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dan otonomi daerah yang seluas - luasnya

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuntutan reformasi disuarakan melalui aksi demonstrasi mahasiswa. Demonstrasi terbesar mahasiswa dilakukan dengan menduduki gedung...

Pembahasan Soal:

Selama aksi demonstrasi tuntuan mahasiswa agar pemerintahan Orde Baru melakukan reformasi, para Mahasiswa turun ke berbagai lokasi untuk menyuarakan pendapatnya. Salah satu lokasi yang diduduki mahasiswa adalah gedung MPR/DPR sebagai usaha untuk memaksa lembaga legislatif tersebut mengadakan Sidang Paripurna.


Dengan demikian, demonstrasi terbesar mahasiswa dilakukan dengan menduduki Gedung MPR/DPRundefined 

Roboguru

Tujuan pokok dari gerakan Reformasi Indonesia pada tahun 1997 adalah....

Pembahasan Soal:

Sejak 13 Mei 1998 rakyat meminta agar Presiden Soeharto mengundurkan diri. Tanggal 14 Mei 1998 terjadi kerusuhan di Jakarta dan di Surakarta. Tanggal 15 Mei 1998 Presiden Soeharto pulang dari mengikuti KTT G-15 di Kairo, Mesir. Tanggal 18 Mei para mahasiswa menduduki gedung MPR/DPR dan pada saat itu ketua DPR/MPR mengeluarkan pernyataan agar Presiden Soeharto mengundurkan diri. Hal ini jelas berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah yang merosot sampai Rp15.000 per dollar. Dari realita di atas, akhirnya tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto menyerahkan kekuasaan kepada B.J. Habibie, yang membuka peluang suksesi kepemimpinan nasional kepada B.J. Habibie. Tujuan reformasi adalah terciptanya kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan sosial yang lebih baik dari masa sebelumnya adapun tujuan Reformasi lainnya adalah. 

  1. Reformasi politik bertujuan tercapainya demokratisasi.
  2. Reformasi ekonomi bertujuan meningkatkan tercapainya masyarakat.
  3. Reformasi hukum bertujuan tercapainya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.
  4. Reformasi sosial bertujuan terwujudkan integrasi bangsa Indonesia.


Berdasarkan penjelasan di atas maka tujuan pokok dari Reformasi adalah terciptanya kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan sosial yang lebih baik dari masa sebelumnya

Roboguru

Aksi-aksi demonstrasi kebanyakan dimotori oleh mahasiswa karena ...

Pembahasan Soal:

Gerakan reformasi tahun 1998 dimotori oleh gerakan mahasiswa. Hal tersebut disebabkan oleh sikap kritis serta responsif mahasiswa dalam melihat kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah orde baru. Dalam tindakannya, mahasiswa menilai bahwa kebijakan pemerintah orde baru banyak yang dilakukan secara otoriter. Selain itu, pemerintah orde baru bersikap represif dalam menanggapi kritik-kritik mahasiswa. Hal tersebut dibuktikan dengan ditembaknya 4 mahasiswa Trisakti dalam aksi demontrasi tanggal 12 Mei 1998. Hal tersebut selanjutnya memicu gelombang protes yang lebih besar dari mahasiswa.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Tanggapan pemerintahan orde baru terhadap tuntutan reformasi...

Pembahasan Soal:

Gerakan Reformasi sendiri memiliki beberapa tuntutan, yaitu menegakkan supremasi hukum, memberantas KKN, mengadili Presiden Soeharto beserta kroninya, melakukan amandemen UUD 1945, mencabut dwifungsi ABRI, dan memberikan otonomi kepada daerah. 

21 Mei 1998, Soeharto mundur/lengser dari jabatannya sebagai presiden RI selama 32 tahun, karena situasi politik yang tidak kondusif dan terjadinya demo besar termasuk di Ibukota Jakarta.

Dengan demikian, tanggapan pemerintahan orde baru terhadap tuntutan reformasi yaitu mundur dari jabatannya.

Roboguru

Unjuk rasa menuntut reformasi yang dilakukan mahasiswa pada 1998 semakin tidak terkendali dan meluas ke seluruh Indonesia. Kondisi ini terjadi karena ....

Pembahasan Soal:

Krisis multidimensional pada 1997-1998 menyebabkan tuntutan reformasi semakin menguat. Pada awalnya gerakan reformasi hanya dilakukan di beberapa kampus terkemuka di Indonesia. Pada perkembangannya tuntutan reformasi semakin meluas karena tidak mendapatkan respons positif dari pemerintah. Oleh karena itu, para mahasiswa turun ke jaian bersama organisasi massa lainnya yang juga menuntut reformasi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved