Roboguru
SD

Sebutkan 5 jenis manusia purba yang ada di Indonesia !

Pertanyaan

Sebutkan 5 jenis manusia purba yang ada di Indonesia !

M. Azisy

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

5 jenis manusia purba yang ada di Indonesia meliputi Meganthropus Paleojavanicus, Pithecanthropus Mojokertensis, Pithecanthropus Robustus, Pithecanthropus Erectus, dan Pithecanthropus Soloensis.

Pembahasan

Jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia, yaitu :

  1. Meganthropus Paleojavanicus yang artinya manusia raksasa dari Jawa. Fosilnya ditemukan dari lapisan Plestosen bawah oleh von Koenigswald di Sangiran. Meganthropus memiliki badan yang tegap dan rahang yang besar dan kuat. Mereka hidup dengan mengumpulkan makanan atau food gathering.
  2. Pithecanthropus Mojokertensis yang artinya manusia kera dari Mojokerto. Jenis fosil ini ditemukan von Koenigswald di desa Perning, Mojokerto, pada lapisan Plestosen bawah. Mereka hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan (food gathering).
  3. Pithecanthropus Robustus yang artinya manusia kera yang kuat. Fosil manusia kera jenis ini ditemukan pada lapisan Plestosen bawah oleh Weidenreich dan von Koenigswald di Trinil. Menurut von Koenigswald, Pithecanthropus Robustus masih merupakan jenis yang sama dengan Pithecanthropus Mojokertensis. Hal ini berarti Pithecanthropus Robustus memiliki cara hidup yang sama yaitu dengan berburu dan mengumpulkan makanan.
  4. Pithecanthropus Erectus yang artinya manusia kera yang berjalan tegak. Jenis manusia ini ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil dan berasal dari lapisan Plestosen tengah. Pithecanthropus Erectus berjalan tegak dengan badan yang tegap dan alat pengunyah yang kuat. Namun sama halnya seperti jenis-jenis Pithecanthropus lainnya, diperkirakan Pithecanthropus Erectus pun hidupnya masih menggantungkan diri pada alam dengan cara berburu dan meramu.
  5. Pithecanthropus Soloensis yang artinya manusia kera dari Solo. Fosil ini ditemukan di Ngandong, Sangiran dan Sragen oleh Ter Haar, Oppenoorth dan von Koenigswald. Berbeda dengan jenis Pithecanthropus sebelumnya, untuk jenis Pithecanthropus Soloensis ini ditemukan pada Plestosen atas. Meskipun begitu Pithecanthropus Soloensis masih memiliki corak kehidupan yang sama yaitu dengan berburu dan meramu atau food gathering.

Dengan demikian, 5 jenis manusia purba yang ada di Indonesia meliputi Meganthropus Paleojavanicus, Pithecanthropus Mojokertensis, Pithecanthropus Robustus, Pithecanthropus Erectus, dan Pithecanthropus Soloensis.

191

2.6 (3 rating)

Nencya

Pembahasan tidak menjawab soal

Pertanyaan serupa

Berdasarkan informasi tersebut, jelaskan manusia praaksara yang dimaksud!

94

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia