Roboguru

Sebutkan 4 raja-raja dari Kerajaan Mataram Kuno?

Pertanyaan

Sebutkan 4 raja-raja dari Kerajaan Mataram Kuno?

Pembahasan Soal:

Berikut ini raja-raja dari Kerajaan Mataram Kuno:

  1. Sanjaya, pendiri (732-760 M).
  2. Rakai Panangkaran, awal berkuasanya Wangsa Syailendra (760-780 M).
  3. Rakai Panunggalan alias Dhara nindra (780-800 M).
  4. Rakai Warak alias Samaragrawira (800-820 M).
  5. Rakai Garung alias Samaratungga (820-840 M).
  6. Rakai Pikatan suami Pramodawardhani, awal kebangkitan Wangsa Sanjaya (840 – 856 M).
  7. Rakay Kayuwani alias Dyah Lokapala (856-882 M).
  8. Rakai Watuhumalang (882-899 M).
  9. Rakai Watukura Dyah Balitung (898-915 M).
  10. Mpu Daksa (915-919 M).
  11. Rakay Layang Dyah Tulodong (919 M-924M).
  12. Rakai Sumba Dyah Wawa (924M).
  13. Mpu Sindok (awal periode Jawa Timur).
  14. Sri Lokapala suami Sri Isanatunggawijaya.
  15. Makuthawangsawardhana.
  16. Dharmawangsa Teguh, Kerajaan Mataram berakhir.

Dengan demikian, raja-raja dari Kerajaan Mataram Kuno yaitu Sanjaya, Rakai Panangkaran, Rakai Panunggalan, Rakai Warak, Rakai Garung, Rakai Pikatan suami Pramodawardhani, awal kebangkitan Wangsa Sanjaya, Rakay Kayuwani alias Dyah Lokapala, Rakai Watuhumalang, Rakai Watukura Dyah Balitung, Mpu Daksa, Rakay Layang Dyah Tulodong, Rakai Sumba Dyah Wawa, Mpu Sindok, Sri Lokapala, Dharmawangsa Teguh.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Mataram Kuno yang terpecah dapat dipersatukan kembali pada masa pemerintahan...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Matarm Kuno pada masa pemerintahan Samaratungga dikuasai oleh dua dinasti, yakni Syailendra yang menganut Buddha Mahayana dan Sanjaya yang menganut Hindu Siwa. Dinasti Syailendra menguasai Jawa Tengah bagian utara, sedangkan Dinasti Sanjaya menguasai Jawa Tengah bagian selatan. Samaratungga kemudian menikahkan putrinya, yakni Pramodhawardhani dengan Rakai Pikatan, penguasa dari Dinasti Sanjaya pada 832 M. Selanjutnya. kedua pihak bersatu memerintah kerajaan, Akan tetapi, pengaruh Rakai Pikatan lebih kuat sehingga ia menjadi penguasa tunggal setelah kematian Raja Samaratungga.

Dengan demikian, Raja yang dapat mempersatukan kembali kerajaan Mataram Kuno adalah Rakai Pikatan.

0

Roboguru

Pertentangan di antara keluarga Mataram tampaknya terus berlangsung hingga masa pemerintahan Mpu Sindok pada tahun 929 Masehi. Pertikaian yang tidak pernah terhenti itu menyebabkan Mpu Sindok memindah...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 927-929 M, Kerajaan Mataram Kuno mengalami krisis politik. Krisis politik ini disebabkan karena pertentangan di antara keluarga Mataram mengenai takhta. Pertikaian tersebut terus berlanjut hingga pergantian kekuasaan. Akibat pertikaian tersebut, raja pada saat itu, yaitu Mpu Sindok, memindahkan ibu kota kerajaan dari Medang ke Jawa Timur sekaligus mendirikan dinasti baru yang bernama Dinasti Isyana.
Selain itu, faktor lain yang membuat pemindahan pusat kerajaan ini juga dipicu oleh keadaan alam di sekitar kerajaan, yakni akibat adanya letusan Gunung Merapi pada tahun 1006 M. Oleh karena itu, pemindahan pusat kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur, dipicu selain oleh faktor dari dalam kerajaan, juga bersumber dari faktor luar kerajaan, tepatnya faktor alam.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Perpindahan pusat pemerintahan Mataram Jawa Tengah ke Jawa Timur terjadi masa pemerintahan raja...

Pembahasan Soal:

Pada abad ke-10, kerajaan Mataram Kuno berpindah dari wilayah Jawa Tengah ke Jawa Timur. Dampak letusan gunung Merapi, banyak orang meninggal dunia serta bangunan roboh rusak berat karena bencana alam. Untuk itulah maka raja menghendaki perpindahan kerajaan Mataram Hindu dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Berbagai bencana, letusan gunung Merapi yang hebat, membuat semakin lengkap kutukan para Dewa. Untuk itulah Mpu Sendok sebagai raja Mataram Hindu terakhir beranggapan, pusat pemerintahan harus dipindahkan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur agar dapat warna baru dan pemerintahan baru.space

Dengan demikian, Perpindahan pusat pemerintahan Mataram Jawa Tengah ke Jawa Timur terjadi masa pemerintahan Mpu Sendok.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Mengapa pemindahan pusat pemerintahan Mataram Kuno dari Jawa Tengah ke Jawa Timur secara ekonomi mengandung arti strategis?

Pembahasan Soal:

Terjadinya perpindahan pusat pemerintahan Mataram Kuno ke Jawa timur ini tentunya berdasarkan beberapa alasan yang kuat. Hal yang pertama adalah kondisi sosial politik yang semakin tidak stabil akibat perang memperebutkan kekuasaan antar kerabat istana sendiri. Hal yang kedua yang menjadi penyebab perpindahan ini adalah sebagaimana pendapat yang diajukan oleh van Bemmelem, yang didukung juga oleh Boechari, adalah bahwa pada masa pemerintahan Dyah Wawa (924-929 M) telah terjadi bencana alam akibat letusan gunung Merapi.


Hal yang ketiga adalah persoalan ekonomi dan perdagangan. Semasa kejayaannya, dari masa pemerintahan raja Panangkaran hingga raja Balitung, Mataram Kuno periode Jawa Tengah ini membangun banyak bangunan-bangunan suci yang berukuran besar dan megah.


Dengan demikian, arti strategis pemindahan ibu kota Mataram Kuno adalah karena lokasinya mendukung untuk pembangunan ulang arsitektur kerajaan dan pertahanan negaraspace space

0

Roboguru

Berikut merupakan nama dari raja-raja dari mataram kuno dinasti sanjaya! Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya Sri Maharaja Rakai Panangkaran Sri Maharaja Rakai Panunggalan Sri Maharaja Rakai Warak S...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Mataram adalah kelanjutan dari Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah sekitar abad VIII yang kemudian pindah ke Jawa Timur pada abad X. Sebutan “Mataram Kuno” atau “Mataram Hindu” adalah untuk membedakannya dengan Kerajaan Mataram Islam yang berdiri pada abad XVI. Kerajaan Mataram Kuno ini berlokasi di pedalaman Jawa Tengah, di sekitar daerah yang banyak dialiri sungai, seperti Sungai Progo, Bogowonto dan Bengawan Solo. Daerah ini juga di lingkari oleh pegunungan. Kerajaan Mataram dikenal dari prasasti Canggal yang berasal dari halaman percandian di Gunung Wukir Magelang. Prasasti ini berhuruf pallawa dan berbahasa sansekerta, serta berangka tahun 654 S (732 M). Isinya adalah memperingati didirikannya sebuah lingga (lambang Siwā) oleh raja Sanjaya diatas bukit Kunjarākunjā di pulau Yawadwipā yang kaya akan hasil bumi. Menurut prasati ini, Jawa mula-mula diperintah oleh Raja Sanna, raja ketiga dari Kerajaan Galuh. Ia memerintah dengan bijaksana dalam waktu yang cukup lama. Setelah meninggal, ia digantikan oleh putranya bernama Sanjaya.

Sanjaya menciptakan pemerintahan yang aman, makmur dan sentosa. Ia kemudian dianggap sebagai pendiri Dinasti Sanjaya dan berkuasa di Mataram dalam kurun waktu yang panjang.  Kerajaan Mataram Kuno mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sri Maharaja Watukara Dyah Balitung. Di masa kekuasaannya, daerah-daerah di sebelah timur Mataram berhasil ditaklukkannya. Oleh karena itu, daerah kekuasaan Mataram semakin luas, yang meliputi Bagelen (Jawa Tengah) sampai Malang (Jawa Timur).  Pada masa ini, raja banyak memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya dengan berbagai hadiah sebagai balas jasa. Hal ini mengantarkan Kerajaan Mataram Kuno pada masa kejayaannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved