Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 4 penyakit pada sistem pernapasan manusia….

Sebutkan 4 penyakit pada sistem pernapasan manusia….space space 

Iklan

F. Andriyani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Contoh penyakit pada sistem pernapasan manusia TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang ditandai dengan terbentuknya bintik-bintik kecil pada dinding alveolus. TBC menyebabkan alveolus mengandung banyak cairan sehingga dapat mengganggu proses difusi oksigen Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteriae , dengan gejala sakit tenggorokan, sulit bernapas, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, demam, seta pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pneumonia (radang paru-paru) adalah peradangan paru-paru yang dapat mengakibatkan alveolus terisi cairan yang berlebihan. Pneumonia dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Peminum alkohol dan perokok lebih rentan lebih rentan terhadap penyakit ini Pleuritis adalahperadangan pada selaput pembungkus organ paru-paru atau pleura. Kondisi ini menyebabkan penderitanya merasakan nyeri dada yang menusuk, terutama ketika bernapas.eradangan ini membuat pleura membengkak dan cairan pleura menjadi lengket. Kondisi ini akan menimbulkan nyeri dada setiap kali kedua lapisan pleura bergesekan, yaitu saat paru-paru mengembang (menarik napas). Pleuritis pada umumnya disebabka oleh bakteri maupun virus.

Contoh penyakit pada sistem pernapasan manusia

  • TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang ditandai dengan terbentuknya bintik-bintik kecil pada dinding alveolus. TBC menyebabkan alveolus mengandung banyak cairan sehingga dapat mengganggu proses difusi oksigen
  • Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteriae, dengan gejala sakit tenggorokan, sulit bernapas, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, demam, seta pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  • Pneumonia (radang paru-paru) adalah peradangan paru-paru yang dapat mengakibatkan alveolus terisi cairan yang berlebihan. Pneumonia dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Peminum alkohol dan perokok lebih rentan lebih rentan terhadap penyakit ini
  • Pleuritis adalah peradangan pada selaput pembungkus organ paru-paru atau pleura. Kondisi ini menyebabkan penderitanya merasakan nyeri dada yang menusuk, terutama ketika bernapas. eradangan ini membuat pleura membengkak dan cairan pleura menjadi lengket. Kondisi ini akan menimbulkan nyeri dada setiap kali kedua lapisan pleura bergesekan, yaitu saat paru-paru mengembang (menarik napas). Pleuritis pada umumnya disebabka oleh bakteri maupun virus.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan gangguan pernapasan pada manusia beserta penyebabnya!

103

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia