Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan 3 gangguan pada sistem pernapasan!

 Sebutkan dan jelaskan 3 gangguan pada sistem pernapasan!undefined 

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

contoh dari gangguan pada sistem pernapasan adalah TBC, asma, dan pneumonia.

contoh dari gangguan pada sistem pernapasan adalah TBC, asma, dan pneumonia. 

Pembahasan

3 gangguan pada sistem pernapasan Asma Asma merupakan salah satu kelainan yang menyerang saluran pernapasan. Beberapahal yang menyebabkan terjangkitnya asma, antara lain asap rokok, debu, bulu hewanpeliharaan, dan lain-lain. Benda-benda yang merupakan zat pemicu alergi (alergen) tersebutmenyebabkan terjadinya pembengkakan pada saluran pernafasan, sehingga menjadi lebihdangkal daripada kondisi normal. Pneumonia Merupakan infeksi yang terjadi pada paru-paru. Penyebab terjadinyapneumonia, antara lain karena infeksi dari virus, bakteri, jamur dan parasit lainnya.Pada paru-paru penderita pneumonia terdapat cairan yang kental. Cairan tersebut dapatmengganggu pertukaran gas pada paru-paru. Hal ini menyebabkan oksigen yang diserap oleh darah menjadi kurang. TBC Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Bacillus tuberculosis pada paru-paru. Infeksibakteri inilah yang menyebabkan terjadinya radang paru-paru. Selain itu, penyakit ini jugamenyebabkan alveolus mengandung banyak cairan sehingga mengganggu proses difusiantara oksigen dan karbondioksida. Dengan demikian, contoh dari gangguan pada sistem pernapasan adalah TBC, asma, dan pneumonia.

3 gangguan pada sistem pernapasan

  1. Asma
    Asma merupakan salah satu kelainan yang menyerang saluran pernapasan. Beberapa hal yang menyebabkan terjangkitnya asma, antara lain asap rokok, debu, bulu hewan peliharaan, dan lain-lain. Benda-benda yang merupakan zat pemicu alergi (alergen) tersebut menyebabkan terjadinya pembengkakan pada saluran pernafasan, sehingga menjadi lebih dangkal daripada kondisi normal. 
  2. Pneumonia
    Merupakan infeksi yang terjadi pada paru-paru. Penyebab terjadinya pneumonia, antara lain karena infeksi dari virus, bakteri, jamur dan parasit lainnya. Pada paru-paru penderita pneumonia terdapat cairan yang kental. Cairan tersebut dapat mengganggu pertukaran gas pada paru-paru. Hal ini menyebabkan oksigen yang diserap  oleh darah menjadi kurang.
  3. TBC
    Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Bacillus tuberculosis pada paru-paru. Infeksi bakteri inilah yang menyebabkan terjadinya radang paru-paru. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan alveolus mengandung banyak cairan sehingga mengganggu proses difusi antara oksigen dan karbondioksida.

Dengan demikian, contoh dari gangguan pada sistem pernapasan adalah TBC, asma, dan pneumonia. 

2rb+

5.0 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan gangguan pernapasan pada manusia beserta penyebabnya!

93

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia