Roboguru

Sebutkan 2 sungai besar yang mengawali peradaban awal china

Pertanyaan

Sebutkan 2 sungai besar yang mengawali peradaban awal china

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Peradaban cina kuno muncul Dan berkembang di daerah sungai Ho Dan sungai yang tse,ke dua sungai ini lah yang mempunyai Aliran yang sangat baik,sehingga menjadi kan sektor pertanian yang berkembang, bangsa cina kuno Ada pada masa kekuasaan dinasti Chou, Dan mereka percaya pada kekuasaan dewa dewa,Karya peradaban cina kuno yang Ada sampai sekarang adalah the Great Wall China.. Bangunan ini sendiri di bangun untuk membendung serangan musuh,

Dengan demikian, 2 sungai besar yang mengawali peradaban awal china yaitu sungai Huang Ho dan Yang Tse kiang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa pusat peradaban Cina banyak ditemukan di Lembah Sungai Huang Ho/Kuning dan Yang Tse Kiang?

Pembahasan Soal:

Peradaban Lembah Sungai Kuning adalah peradaban bangsa Tiongkok, yang muncul di lembah Sungai Kuning (Hwang Ho atau yang sekarang disebut Huang He). Sungai Hwang Ho disebut sebagai Sungai Kuning karena membawa lumpur kuning sepanjang alirannya. Sungai ini bersumber dari Pegunungan Kwen-Lun di Tibet dan mengalir melalui daerah Pegunungan Cina Utara hingga membentuk dataran rendah dan bermuara di Teluk Tsii-Li, Laut Kuning. Pada daerah lembah sungai yang subur inilah kebudayaan bangsa Tiogkok berawal. Di dalam sejarah, daerah tersebut menyulitkan masyarakat Tiongkok kuno untuk melaksanakan aktivitas hidupnya karena terjadinya pembekuan es di musim dingin dan ketika es mulai mencair akan terjadi banjir serta air bah. Berbagai kesulitan dan tantangan tersebut mendorong bangsa Cina untuk berpikir dan mengatasinya dengan pembangunan tanggul raksasa di sepanjang sungai tersebut. Peradaban Tiongkok kuno berkembang di daerah sungai Ho Dan sungai yang tse. Kedua sungai ini lah yang mempunyai Aliran yang sangat baik,sehingga menjadi kan sektor pertanian yang berkembang, bangsa cina kuno Ada pada masa kekuasaan dinasti Chou, Dan mereka percaya pada kekuasaan dewa dewa,Karya peradaban cina kuno yang Ada sampai sekarang adalah The Great Wall of China. Bangunan ini sendiri di bangun untuk membendung serangan musuh dari Bangsa Utara atau Bangsa Mongol pada masa Dinasti Ming.

Dengan demikian, manusia purba yang ditemukan dalam gua-gua Choukoutien di Lembah Hoang- Ho adalah Sinantropus Pekinensis, artinya manusia Cina dari Peking. Jenis manusia ini setingkat dengan Pithecanthropus Erectus yang ditemukan di Indonesia yang mendukung kebudayaan Palaeolitikum. Kebudayaan Lembah Sungai Hoang-Ho ditemukan sekitar 3000 SM. Orang Cina menyebut negerinya sebagai Chung Kuo, artinya negeri tengah karena terletak di tengah-tengah dunia. Rakyatnya disebut Hoang-Chung Hua atau Cina, yang umumnya berada di Lembah Sungai Hoang- Ho dan Sungai Yang Tse Kiang. Di sinilah pusat peradaban Cina banyak ditemukan. Kedua sungai besar, yakni Sungai Hoang-Ho dan Sungai Yang Tse Kiang merupakan daerah yang subur sehingga menjadi urat nadi kehidupan bangsa Cina. Mereka hidup dari bercocok tanam dengan hasil gandum, padi, jagung, kedelai, dan murbai. Selain itu, mampu menghasilkan barang-barang keramik dan sutera yang diperdagangkan sampai ke luar wilayah Cina.

0

Roboguru

Dampak dari kondisi geografis dataran Tiongkok terhadap kehidupan masyarakat adalah....

Pembahasan Soal:

Sungai Huang He bersumber dari Pegunungan Kwen-Lun di Tibet dan mengalir melalui Pegunungan Tiongkok Utara dan membentuk dataran rendah yang kemudian bermuara di Teluk Tsii-Li. Dataran ini kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat Tiongkok Kuno sebagai lahan untuk bertani. Sebagian besar, masyarakat Tiongkok Kuno bekerja sebagai petani yang menggarap tanah, pekerja yang membangun kota dan pemakaman megah.

0

Roboguru

Pusat peradaban bangsa Cina banyak ditemukan di Lembah Sungai Hang-Ho dan Yang Tse Kiang sebab ....

Pembahasan Soal:

Manusia purba yang ditemukan dalam gua-gua Choukoutien di Lembah Hoang- Ho adalah Sinantropus Pekinensis, artinya manusia Cina dari Peking. Jenis manusia ini setingkat dengan Pithecanthropus Erectus yang ditemukan di Indonesia yang mendukung kebudayaan Palaeolitikum. Kebudayaan Lembah Sungai Hoang-Ho ditemukan sekitar 3000 SM. Orang Cina menyebut negerinya sebagai Chung Kuo, artinya negeri tengah karena terletak di tengah-tengah dunia. Rakyatnya disebut Hoang-Chung Hua atau Cina, yang umumnya berada di Lembah Sungai Hoang- Ho dan Sungai Yang Tse Kiang. Di sinilah pusat peradaban Cina banyak ditemukan. Kedua sungai besar, yakni Sungai Hoang-Ho dan Sungai Yang Tse Kiang merupakan daerah yang subur sehingga menjadi urat nadi kehidupan bangsa Cina. Mereka hidup dari bercocok tanam dengan hasil gandum, padi, jagung, kedelai, dan murbai. Selain itu, mampu menghasilkan barang-barang keramik dan sutera yang diperdagangkan sampai ke luar wilayah Cina.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Bangsa Mesir, Irak, India, dan Cina Kuno mengembangkan peradabannya di kawasan sungai besar, yang merupakan pusat-pusat peradaban tertua di dunia,... Sungai tersebut adalah kecuali ....

Pembahasan Soal:

Seluruh peradaban awal, baik di Mesir, Mesopotamia, India maupun Cina, kemajuannya dimulai dari kawasan lembah-lembah sungai yang subur. Air merupakan kebutuhan pokok hidup yang menyebabkan kesuburan tanah yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian . Pada saat terjadi banjir, sungai-sungai itu membawa sedimen. Sedimen adalah benda berupa serbuk yang terdapat di dalam air yang bisa menyuburkan lahan atau tanah. Seperti di peradaban Mesir, Penduduk Mesir kuno mulai menempati kawasan lembah Nil dari sekitar tahun 5000-525 SM. Musim hujan (banjir) berlangsung dari bulan September hingga Nopember. Setelah banjir surut, sungai Nil meninggalkan lumpur atau sedimen sehingga tanaman-tanaman yang tumbuh di sekitar sungai Nil itu menjadi subur seperti gandum dan kapas. Mesir adalah penghasil gandum dan produsen kapas terbesar di wilayah Timur Laut Tengah. Dengan demikian, maka corak kehidupan masyarakat Mesir menjadi negara agraris yang sangat sangat tergantung pada irigasi atau tata cara pembagian air sungai Nil. Seperti halnya sungai Nil di Mesir, sungai Eufrat dan Tigris di Mesopotamia Irak pun sering terjadi banjir sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Pada awalnya, sungai-sungai tersebut berupa rawa-rawa bahkan menjadi sarang malaria. Akan tetapi masyarakatlah yang merubah dan mengolahnya menjadiirigasi-irigasi sehingga dapat mengairi daerah pertanian lainnya. Kesuburan tanah dan kelebihan- kelebihan alam lainnya yang terdapat di sekitar sungai itu menjadi incaran dan daya tarik bagi bangsa-bangsa tandus di sekitarnya. Begitu pula dengan di India, Sejarah India kuno diawali dari lembah sungai Indus dan Gangga sekitar tahun 3000 SM. Sungai Indus dan Gangga menjadi pusat kebudayaan tertua di India. Dan yang terakhir, adalah kebudayaan tertua di Cina yang terletak di lembah sungai Huang Ho atau lebih dikenal dengan sungai kuning yang sekarang bernama Huang He. Disebut sungai kuning karena setiap terjadi banjir lumpurnya berwarna kuning. Daerah ini sangat subur seperti halnya dengan lembah Nil, Eufrat, Tigris, dan Shindu. Kesuburan dan kelebihan yang dimiliki lembah Huang Ho menyebabkan wilayah ini sering mendapatkan serangan dari suku-suku lain dengan tujuan untuk merampas wilayah Huang Ho.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah E. 

0

Roboguru

Peradaban Tiongkok Kuno dimulai dari Lembah Sungai Kuning, penyebutan Sungai Kuning dikarenakan…..

Pembahasan Soal:

Peradaban Tiongkok Kuno terdapat di sepanjang aliran Sungai Huang He yang disebut juga sebagai sungai kuning karena membawa lumpur kuning sepanjang alirannya. Sungai ini berasal dari mata air di daerah Pegunungan Kwen-Lun di Tibet dan bermuara pada Laut Kuning. Pada lembah Sungai Huang He, peradaban Tiongkok Kuno dimulai.
    

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved