Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 2 cara masyarakat mewariskan masa lalunya?

Sebutkan 2 cara masyarakat mewariskan masa lalunya?undefined

Iklan

F. Freelancer6

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara masyarakat mewariskan masa lalunya adalah melalui keluarga dan melalui masyarakat baik secara langsung (lisan) beria petuah/cerita ataupun dengan tingkah laku.

cara masyarakat mewariskan masa lalunya adalah melalui keluarga dan melalui masyarakat baik secara langsung (lisan) beria petuah/cerita ataupun dengan tingkah laku. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Dalam kehidupan masyarakat, pernakah mendengar mitos bahwa duduk di depan pintu akan membuat sulit rezeki/jodoh? Ataukah pernahkan oleh orangtua di ceritakan mengenai legenda cerita Ciung Wanara? Keduanya merupakan sebuah metode penyampaian bahkan pewarisan masa lalu, dimana sebenarnya terdapat makna yang terkandung bukan masalah akan mempersulit rezeki bahkan jodoh namun zaman dahulu banyak perempuan yang duduk di depan pintu dan menghalangi jalan orang lain. Ciung Wanara merupakan legenda Jawa Barat terutama berkaitan dengan Kerajaan Galuh. Proses tersebut pada intinya ialah pemberian makna, pesan, nilai kehidupan melalui petuah/cerita bahkan ada juga melalui tingkah laku. Disampaikan kepada generasi selanjutnya untuk mengenalkan masa lalu dari generasi sebelumnya. Berikut cara masyarakatdalam mewariskan apa yang mereka miliki, yaitu: Melalui keluarga. Keluarga merupakan lingkup sosial terkecil, tetapi paling kental dalam hidup kebersamaan. Dapat dilakukan secara langsung melalui lisan dimana diberitahukan mengenai tradisi ataupun adat istiadat yang belaku. Kemudian dapat dilakukan juga secara tidak langsung atau melalui contoh dalam hal perilaku sehari-hari. Melalui masyarakat. Dimana terdapat nasihat dari para leluhur/orang yang dituakan. Selain itu pula dapat melalui adat istidat atau tradisi yang ditampilkan secara langsung oleh suatu masyarakat tertentu. Dengan demikian cara masyarakat mewariskan masa lalunya adalah melalui keluarga dan melalui masyarakat baik secara langsung (lisan) beria petuah/cerita ataupun dengan tingkah laku.

Dalam kehidupan masyarakat, pernakah mendengar mitos bahwa duduk di depan pintu akan membuat sulit rezeki/jodoh? Ataukah pernahkan oleh orangtua di ceritakan mengenai legenda cerita Ciung Wanara? Keduanya merupakan sebuah metode penyampaian bahkan pewarisan masa lalu, dimana sebenarnya terdapat makna yang terkandung bukan masalah akan mempersulit rezeki bahkan jodoh namun zaman dahulu banyak perempuan yang duduk di depan pintu dan menghalangi jalan orang lain. Ciung Wanara merupakan legenda Jawa Barat terutama berkaitan dengan Kerajaan Galuh. Proses tersebut pada intinya ialah pemberian makna, pesan, nilai kehidupan melalui petuah/cerita bahkan ada juga melalui tingkah laku. Disampaikan kepada generasi selanjutnya untuk mengenalkan masa lalu dari generasi sebelumnya. Berikut cara masyarakat dalam mewariskan apa yang mereka miliki, yaitu:

  1. Melalui keluarga. Keluarga merupakan lingkup sosial terkecil, tetapi paling kental dalam hidup kebersamaan. Dapat dilakukan secara langsung melalui lisan dimana diberitahukan mengenai tradisi ataupun adat istiadat yang belaku. Kemudian dapat dilakukan juga secara tidak langsung atau melalui contoh dalam hal perilaku sehari-hari.
  2. Melalui masyarakat. Dimana terdapat nasihat dari para leluhur/orang yang dituakan. Selain itu pula dapat melalui adat istidat atau tradisi yang ditampilkan secara langsung oleh suatu masyarakat tertentu.

 

Dengan demikian cara masyarakat mewariskan masa lalunya adalah melalui keluarga dan melalui masyarakat baik secara langsung (lisan) beria petuah/cerita ataupun dengan tingkah laku. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah informasi berikut dengan seksama. Peristiwa sejarah pada dasarnya merupakan perubahan yang terjadi pada masa lalu manusia itu sendiri yang mempengaruhi kehidupan manusia pada masa kini. Den...

10

4.1

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia