Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut. Masa pendudukan Jepang di Indonesia terbilang singkat dari tahun 1942 sampai 1945. Namun, dampak yang ditimbulkan pemerintahan Jepang terhadap bangsa Indonesia sangat besar, baik di bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. Contohnya, Jepang memperkenalkan program tonarigumi, yaitu suatu sistem pemerintahan tingkat bawah atau dasar. Sistem ini hertujuan melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat di desa-desa. Hingga kini, sistem tersebut masih berlaku dan lebih dikenal dengan rukun tetangga. Kita mempelajari sejarah terutama karena sejarah ....

Perhatikan pernyataan berikut.

Masa pendudukan Jepang di Indonesia terbilang singkat dari tahun 1942 sampai 1945. Namun, dampak yang ditimbulkan pemerintahan Jepang terhadap bangsa Indonesia sangat besar, baik di bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. Contohnya, Jepang memperkenalkan program tonarigumi, yaitu suatu sistem pemerintahan tingkat bawah atau dasar. Sistem ini hertujuan melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat di desa-desa. Hingga kini, sistem tersebut masih berlaku dan lebih dikenal dengan rukun tetangga.

Kita mempelajari sejarah terutama karena sejarah ....

  1. A. mengandung pelajaran-pelajaran berharga

  2. B. mengajarkan perbedaan antara ilmu dan pengetahuan
     

  3. C. membuat kita mengetahui kehidupan manusia pada masa lalu
     

  4. D. diamanatkan dan diwajibkan dalam kurikulum pendidikan nasional

  5. E. membuat kita mengenal perjalanan sebuah bangsa atau kebudayaan

Iklan

R. Anissa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban: A Ketika kita mempelajari sejarah kita juga mempelajari kehidupan karena sejarah mengandung pelajaran-pelajaran berharga. Belajar sejarah dapa membuat kita mengenal bangsa kita sendiri dan bangsa lain dengan lebih dekat. Mempelajari sejarah tidak lebih dari sekedar mengetahui hal-hal yang terjadi pada masa lalu apalagi hanya menghafal peristiwa dan angka-angka saja. Melalui sejarah seseorang juga memiliki cara berpikir lebih holistik dan multiprespektif dalam memandang suatu peristiwa.

Jawaban: A

Ketika kita mempelajari sejarah kita juga mempelajari kehidupan karena sejarah mengandung pelajaran-pelajaran berharga. Belajar sejarah dapa membuat kita mengenal bangsa kita sendiri dan bangsa lain dengan lebih dekat. Mempelajari sejarah tidak lebih dari sekedar mengetahui hal-hal yang terjadi pada masa lalu apalagi hanya menghafal peristiwa dan angka-angka saja. Melalui sejarah seseorang juga memiliki cara berpikir lebih holistik dan multiprespektif dalam memandang suatu peristiwa.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Nilai dan makna sejarah yang berharga terletak pada kenyataan, bahwa sejarah mengajarkan kepada kita ...

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia