Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebut dan jelaskan dampak setelah adanya perang dunia 1 dan perang dunia 2 terhadap kehidupan diberbagai aspek baik dibidang politik, ekonomi, sosial dan budaya!

Sebut dan jelaskan dampak setelah adanya perang dunia 1 dan perang dunia 2 terhadap kehidupan diberbagai aspek baik dibidang politik, ekonomi, sosial dan budaya!undefined

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dampak setelah adanya Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan dunia secara umum menimbulkantatanan baru terutama mengenai politik dunia kemudian perang juga banyak menimbulkan kerugian yang besar dalam bidang ekonomi, kekacauan serta kemiskinan terjadi. Dalam kehidupan sosial masyarakat munculnya kesadaran akan perdamaian dan pemulihan keadaan akibat perang. Namun tidak semuanya berdampak negatif, adapun dalam bidang budaya kemajuan-kemajuan yang dialami dunia juga banyak, contohnya berkembangnya ilmu pengetahuan dan budaya pasca perang.

dampak setelah adanya Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan dunia secara umum menimbulkan tatanan baru terutama mengenai politik dunia kemudian perang juga banyak menimbulkan kerugian yang besar dalam bidang ekonomi, kekacauan serta kemiskinan terjadi. Dalam kehidupan sosial masyarakat munculnya kesadaran akan perdamaian dan pemulihan keadaan akibat perang. Namun tidak semuanya berdampak negatif, adapun dalam bidang budaya kemajuan-kemajuan yang dialami dunia juga banyak, contohnya berkembangnya ilmu pengetahuan dan budaya pasca perang. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Konflik skala internasional yang pernah terjadi di dunia ialah Perang Dunia I (1914-1918) Perang Dunia II (1939-1945). Kedua perang ini meninggalkan begitu banyak kerugian dan tentunya duka mendalam. Berikut dampak dari Perang Dunia I dan Perang Dunia II dalam berbagai aspek kehidupan,antara lain: A. Perang Dunia I Bidang Politik: Munculnya negara-negara baru dan berkembangnya paham Komunisme dan Fasisme. Bidang Ekonomi : Terjadi krisis ekonomi Malaise pada 1929 yang melanda dunia dan hutang yang menumpuk akibat biaya perang. Bidang Sosial : Terjadi gerakan genosida di Armenia dan timbulnya korban meninggal sekitar 50 juta jiwa. Bidang Budaya : Berkembangnya seni, sastra, filsafat dan musik. B. Perang Dunia II Bidang Politik: Munculnya negara-negara superpower yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet serta terjadinya gelombang kemerdekaan salah satunya di Indonesia. Bidang Ekonomi : Amerika Serikat muncul sebagai negara kreditur salah satunya bagi Jerman dan berkembangnya sistem ekonomi liberal, komando dan campuran. Bidang Sosial : Banyaknyakorban perang sehingga mendorong masyarakat dunia membentuk United Nation Relief Rehabilitation Administration (UNRRA). Bidang Budaya :Ilmu pengetahuan berkembang pesat, menghasilkan teknologi yang lebih maju. Dengan demikian dampak setelah adanya Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan dunia secara umum menimbulkantatanan baru terutama mengenai politik dunia kemudian perang juga banyak menimbulkan kerugian yang besar dalam bidang ekonomi, kekacauan serta kemiskinan terjadi. Dalam kehidupan sosial masyarakat munculnya kesadaran akan perdamaian dan pemulihan keadaan akibat perang. Namun tidak semuanya berdampak negatif, adapun dalam bidang budaya kemajuan-kemajuan yang dialami dunia juga banyak, contohnya berkembangnya ilmu pengetahuan dan budaya pasca perang.

Konflik skala internasional yang pernah terjadi di dunia ialah Perang Dunia I (1914-1918) Perang Dunia II (1939-1945). Kedua perang ini meninggalkan begitu banyak kerugian dan tentunya duka mendalam. Berikut dampak dari Perang Dunia I dan Perang Dunia II dalam berbagai aspek kehidupan, antara lain:

A. Perang Dunia I

  1. Bidang Politik : Munculnya negara-negara baru dan berkembangnya paham Komunisme dan Fasisme.
  2. Bidang Ekonomi : Terjadi krisis ekonomi Malaise pada 1929 yang melanda dunia dan hutang yang menumpuk akibat biaya perang.
  3. Bidang Sosial : Terjadi gerakan genosida di Armenia dan timbulnya korban meninggal sekitar 50 juta jiwa.
  4. Bidang Budaya : Berkembangnya seni, sastra, filsafat dan musik. 

B. Perang Dunia II

  1. Bidang Politik : Munculnya negara-negara superpower yaitu Amerika Serikat  dan Uni Soviet serta terjadinya gelombang kemerdekaan salah satunya di Indonesia. 
  2. Bidang Ekonomi : Amerika Serikat muncul sebagai negara kreditur salah satunya bagi Jerman dan berkembangnya sistem ekonomi liberal, komando dan campuran.
  3. Bidang Sosial : Banyaknya korban perang sehingga mendorong masyarakat dunia membentuk United Nation Relief Rehabilitation Administration (UNRRA).
  4. Bidang Budaya : Ilmu pengetahuan berkembang pesat, menghasilkan teknologi yang lebih maju.

Dengan demikian dampak setelah adanya Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan dunia secara umum menimbulkan tatanan baru terutama mengenai politik dunia kemudian perang juga banyak menimbulkan kerugian yang besar dalam bidang ekonomi, kekacauan serta kemiskinan terjadi. Dalam kehidupan sosial masyarakat munculnya kesadaran akan perdamaian dan pemulihan keadaan akibat perang. Namun tidak semuanya berdampak negatif, adapun dalam bidang budaya kemajuan-kemajuan yang dialami dunia juga banyak, contohnya berkembangnya ilmu pengetahuan dan budaya pasca perang. 

Latihan Bab

LBB

Perang Dunia II

PBB

Perang Dunia I

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

34rb+

Wahyu eka nanda prasetia

Bagus

Judid

Makasih ❤️ Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Pembahasan lengkap banget Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tolong jelaskan sejarah perang dunia ke-2 dari awal sampai akhir !

5rb+

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia