Pertanyaan

Sebut dan jelaskan bagian penutup pidato persuasif!

Sebut dan jelaskan bagian penutup pidato persuasif!space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Bagian penutup pidato terdiri atas bagian kesimpulan,ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.

Bagian penutup pidato terdiri atas bagian kesimpulan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.space 

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Struktur pembangun teks pidato persuasif terdiri dari tiga unsur utama, yaitu sebagai berikut. 1. Pembukaan. Pembukaan teks pidato persuasi terdiri atas tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, juga ucapan syukur, dan tujuan pidato. a. Salam pembuka, berisi salam dan sapaan kepada orang yang menghadiri acara tersebut. Contoh dari salam pembuka, seperti assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera, dan selamat pagi. b. Ucapan penghormatan atau sapaan , berisi sapaan kepada pendengar yang menghadiri acara tersebut. c.Ucapan syukur, kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberi kesehatan dan rahmat sehingga dapat menghadiri suatu acara. d.Ucapan terima kasih, bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan mendukung acara tersebut. e.Tujuan pidato, berisi pembuka untuk masuk ke isi pidato. 2. lsi Pidato. lsi merupakan bagian inti pidato. Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung, dan pesan berupa imbauan atau ajakan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara terperinci tentang hal-hal yang terkait dengan pendapat, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan. 3. Penutup Pidato. Bagian terakhir dalam suatu pidato adalah bagian penutup. Bagian penutup pidato terdiri atas bagian sebagai berikut. a. Kesimpulan. Bagian ini berisi kesimpulan dari isi suatu pidato. b. Ucapan terima kasih. Bagian ini berisi ucapan terima kasih pembicara kepada pendengar atas kehadiran dan atensinya. c. Permohonan maaf. Bagian ini berisi permohonan maaf pembicara atas kesalahan dalam penggunaan tata bahasa dan tingkah laku yang dianggap kurang sopan dan berkenan di hati para pendengar. d. Salam Penutup. Salam penutup berisi ucapan salam untuk mengakhiri suatu pidato. Dengan demikian, Bagian penutup pidato terdiri atas bagian kesimpulan,ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Struktur pembangun teks pidato persuasif terdiri dari tiga unsur utama, yaitu sebagai berikut.

1. Pembukaan. Pembukaan teks pidato persuasi terdiri atas tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, juga ucapan syukur, dan tujuan pidato.

a. Salam pembuka, berisi salam dan sapaan kepada orang yang menghadiri acara tersebut. Contoh
dari salam pembuka, seperti assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera, dan selamat pagi.

b. Ucapan penghormatan atau sapaan, berisi sapaan kepada pendengar yang menghadiri acara tersebut.

c. Ucapan syukur,  kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberi kesehatan dan rahmat sehingga dapat menghadiri suatu acara.

d. Ucapan terima kasih, bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan mendukung acara tersebut.

e. Tujuan pidato, berisi pembuka untuk masuk ke isi pidato.

2. lsi Pidato. lsi merupakan bagian inti pidato. Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung, dan pesan berupa imbauan atau ajakan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara terperinci tentang hal-hal yang terkait dengan pendapat, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan.

3. Penutup Pidato. Bagian terakhir dalam suatu pidato adalah bagian penutup. Bagian penutup pidato terdiri atas bagian sebagai berikut.

a. Kesimpulan. Bagian ini berisi kesimpulan dari isi suatu pidato.

b. Ucapan terima kasih. Bagian ini berisi ucapan terima kasih pembicara kepada pendengar atas kehadiran dan atensinya.

c. Permohonan maaf. Bagian ini berisi permohonan maaf pembicara atas kesalahan dalam penggunaan tata bahasa dan tingkah laku yang dianggap kurang sopan dan berkenan di hati para pendengar.

d. Salam Penutup. Salam penutup berisi ucapan salam untuk mengakhiri suatu pidato.

Dengan demikian, Bagian penutup pidato terdiri atas bagian kesimpulan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.space 

771

Iklan

Pertanyaan serupa

Permohonan maaf pada pidato terletak pada bagian .... pidato.

393

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia