Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah tangga panjangnya 5 meter bersandar pada sebuah tembok yang tingginya 4 m. Hitunglah jarak kaki tangga pada dinding!

Sebuah tangga panjangnya 5 meter bersandar pada sebuah tembok yang tingginya 4 m. Hitunglah jarak kaki tangga pada dinding!

Iklan

S. Difhayanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jarak tangga dengan dinding adalah 3 m.

jarak tangga dengan dinding adalah 3 m.

Iklan

Pembahasan

Teorema Pythagoras berbunyikuadrat panjang sisi miring suatu segitiga siku-siku (salah satu sudutnya 9 0 ∘ ) adalah sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi lainnya. Secara sederhana, teorema Pythagoras dapat dirumuskan sebagai berikut: dengan merupakan sisi terpanjang (sisi yang menghadap sudut 90°) pada segitiga siku-siku. Pembahasan: Ilustrasi di atas dapat digambarkan sebagai segitiga siku-siku dengan sudut siku-siku terbentuk antara tembok dengan lantai. Panjang sisi tegak segitiganya adalah tinggi tembok dengan jarak tembok dengan ujung tangga bawah serta panjang sisi miringnya adalah panjang tangga. Diketahui: Tinggi tembok 4 m maka tinggi segita 4 m. Panjang tangga 5 m maka sisi miring segitiga 5 m. Sehingga, diperoleh persamaan sebagai berikut. Karena jaraktidak mungkin negatif maka diperoleh panjang jarak adalah 3m. Jadi, jarak tangga dengan dinding adalah 3 m.

Teorema Pythagoras berbunyi kuadrat panjang sisi miring suatu segitiga siku-siku (salah satu sudutnya ) adalah sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi lainnya. Secara sederhana, teorema Pythagoras dapat dirumuskan sebagai berikut:

begin mathsize 14px style a squared equals b squared plus c squared end style

dengan begin mathsize 14px style a end style merupakan sisi terpanjang (sisi yang menghadap sudut 90°) pada segitiga siku-siku.

Pembahasan:

Ilustrasi di atas dapat digambarkan sebagai segitiga siku-siku dengan sudut siku-siku terbentuk antara tembok dengan lantai. Panjang sisi tegak segitiganya adalah tinggi tembok dengan jarak tembok dengan ujung tangga bawah serta panjang sisi miringnya adalah panjang tangga.

Diketahui:

  • Tinggi tembok 4 m maka tinggi segita 4 m.
  • Panjang tangga 5 m maka sisi miring segitiga 5 m.

Sehingga, diperoleh persamaan sebagai berikut.

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell 5 squared end cell equals cell open parentheses jarak close parentheses squared plus 4 squared end cell row blank left right double arrow cell open parentheses jarak close parentheses squared equals 5 squared minus 4 squared end cell row blank left right double arrow cell jarak equals plus-or-minus square root of 25 minus 16 end root end cell row blank equals cell plus-or-minus square root of 9 end cell row blank equals cell plus-or-minus 3 end cell end table end style 

Karena jarak tidak mungkin negatif maka diperoleh panjang jarak adalah 3 m.

Jadi, jarak tangga dengan dinding adalah 3 m.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah pesawat yang berada pada ketinggian 0 , 8 km akan melakukan pendaratan. Untuk menurunkan ketinggian sampai ke permukaan landasan, pesawat tersebut bergerak menurun dengan kecepatan 125 mperdeti...

3rb+

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia