Pertanyaan

Sebuah rak buku dapat memuat 42 buah buku yang tebalnya 5 mm. Jika tiap buku tebalnya 14mm, berapa banyak buku yang dapat ditaruh di rak tersebut?

Sebuah rak buku dapat memuat 42 buah buku yang tebalnya 5 mm. Jika tiap buku tebalnya 14 mm, berapa banyak buku yang dapat ditaruh di rak tersebut?

A. Salim

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pelita Harapan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jika tiap buku tebalnya 14mm maka banyak buku yang dapat ditaruh di rak tersebut adalah 15 buah buku.

jika tiap buku tebalnya 14 mm maka banyak buku yang dapat ditaruh di rak tersebut adalah 15 buah buku.

Pembahasan

Kita bisa membuat tabel berisi informasi dari soal untuk menentukan jenis perbandingan apa yang dimaksud. Jika kita perhatikan dan pikirkan, maka ini merupakan perbandingan berbalik nilai. Karena untuk ketebalan buku 5 mm, rak mampu memuat 42 buah buku. Jika ketebalan bukunya 14 mm makabuku yang termuat dalam rak akan lebih sedikit dari 42 buah buku. Ketebalan buku meningkat, banyak buku berkurang. Ini merupakan ciri-ciri perbandingan berbalik nilai dimana variabel satu meningkat/bertambah sedangkan variabel lainnya menurun/berkurang. Dalam perbandingan berbalik nilai memiliki konstanta yang bernilai tetap. Konstanta didapat dari hasil kali kedua variabel atau bisa ditulis . Disini kita misalkan banyak buku ketebalan buku Sehingga, Jadi, jika tiap buku tebalnya 14mm maka banyak buku yang dapat ditaruh di rak tersebut adalah 15 buah buku.

Kita bisa membuat tabel berisi informasi dari soal untuk menentukan jenis perbandingan apa yang dimaksud.

 

Jika kita perhatikan dan pikirkan, maka ini merupakan perbandingan berbalik nilai.

Karena untuk ketebalan buku 5 mm, rak mampu memuat 42 buah buku. Jika ketebalan bukunya 14 mm maka buku yang termuat dalam rak akan lebih sedikit dari 42 buah buku.

Ketebalan buku meningkat, banyak buku berkurang. Ini merupakan ciri-ciri perbandingan berbalik nilai dimana variabel satu meningkat/bertambah sedangkan variabel lainnya menurun/berkurang.

Dalam perbandingan berbalik nilai memiliki konstanta begin mathsize 14px style left parenthesis k right parenthesis end style yang bernilai tetap. 

Konstanta undefined didapat dari hasil kali kedua variabel atau bisa ditulis begin mathsize 14px style k equals x y end style.

Disini kita misalkan
begin mathsize 14px style x equals end style banyak buku
begin mathsize 14px style y equals end style ketebalan buku 

Sehingga,

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell x times 14 end cell equals 210 row cell 14 x end cell equals 210 row x equals cell 210 over 14 end cell row x equals 15 end table end style 

Jadi, jika tiap buku tebalnya 14 mm maka banyak buku yang dapat ditaruh di rak tersebut adalah 15 buah buku.

720

5.0 (3 rating)

Muhammad Rayhan

Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah proyek dikerjakan oleh 8 orang selesai dalam waktu 15 hari. Supaya proyek itu selesai dalam waktu 12 hari, banyak pekerja yang harus ditambah adalah ... orang.

3rb+

4.4

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia