Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah planet memiliki orbit sedemikian rupa sehingga sumbu panjangnya jauh lebih besar daripada sumbu pendeknya. Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang istimewa akibat dari situasi seperti itu!

Sebuah planet memiliki orbit sedemikian rupa sehingga sumbu panjangnya jauh lebih besar daripada sumbu pendeknya. Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang istimewa akibat dari situasi seperti itu!space 

Iklan

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Menurut Hukum I Kepler, planet mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips, dengan matahari berada di salah satu titik fokusnya. Hal ini mengakibatkan planet memiliki orbit sedemikian rupa sehingga sumbu panjangnya jauh lebih besar daripada sumbu pendeknya. Hal ini dijelaskan pula oleh hukum II Kepler, yaitu setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencakup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama. Hal isitmewa yang terjadi dari situasi ini adalah kecepatan planet akan lebih besar ketika berada pada titik dekatnya dengan matahari, dan gerak planet akan lebih lambat ketika planet tersebut berada di titik jauhnya.

Menurut Hukum I Kepler, planet mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips, dengan matahari berada di salah satu titik fokusnya. Hal ini mengakibatkan planet memiliki orbit sedemikian rupa sehingga sumbu panjangnya jauh lebih besar daripada sumbu pendeknya.

Hal ini dijelaskan pula oleh hukum II Kepler, yaitu setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencakup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama. Hal isitmewa yang terjadi dari situasi ini adalah kecepatan planet akan lebih besar ketika berada pada titik dekatnya dengan matahari, dan gerak planet akan lebih lambat ketika planet tersebut berada di titik jauhnya.space 

Latihan Bab

Pendahuluan Gravitasi

Gaya Gravitasi Newton

Medan Gravitasi dan Percepatan Gravitasi

Hukum Pergerakan Planet

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

84

Dippu Gabriel simamora

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tulisan Kepler terdapat tiga teori penting yang dikenal sebagai hukum Kepler, jelaskan ketiga hukum tersebut!

101

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia