RoboguruRoboguru
SD

Pada tulisan Kepler terdapat tiga teori penting yang dikenal sebagai hukum Kepler, jelaskan ketiga hukum tersebut!

Pertanyaan

Pada tulisan Kepler terdapat tiga teori penting yang dikenal sebagai hukum Kepler, jelaskan ketiga hukum tersebut! 

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Hukum Kepler ditemukan oleh Johanes Kepler tentang gerak planet yang mengelilingi matahari dan dijelaskan dalam tiga hukum Kepler.

Hukum I Kepler

Hukum ini menjelaskan bentuk lintasan orbit planet-planet yang bergerak mengelilingi matahari. Perhitungan Kepler membuktikan bahwa orbit-orbit tersebut berbentuk elips. Bentuk elips orbit ditentukan oleh nilai eksentrisitas (e) elips, semakin besar eksentrisitasnya maka bentuk elips akan semakin memanjang dan tipis. Sebaliknya, semakin kecil eksentrisitasnya maka bentuk elipsnya akan mendekati bentuk lingkaran. Nilai eksentrisitas elips yaitu lebih besar dari 0 dan lebih kecil dari 1.

Hukum II Kepler

Hukum ini menjelaskan bahwa kecepatan orbit suatu planet akan lebih lambat ketika planet berada pada titik terjauh dari matahari (titik aphelion) dan kecepatan orbit suatu planet akan lebih cepat ketika planet berada pada titik terdekat dengan matahari (titik perihelion). Jadi, kecepatan orbit maksimum planet ketika berada di titik perihelion dan kecepatan orbit minimum planet ketika berada di titik aphelion.

Hukum III Kepler

Hukum ini menjelaskan periode revolusi planet-planet yang mengelilingi matahari. Planet memiliki periode orbit yang lebih panjang ketika planet tersebut letaknya jauh dari matahari dan planet memiliki periode orbit yang lebih pendek ketika planet tersebut letaknya dekat dari matahari. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut:

begin mathsize 14px style open parentheses T subscript 1 over T subscript 2 close parentheses squared equals open parentheses R subscript 1 over R subscript 2 close parentheses cubed end style 

72

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut. Gambar tersebut menunjukkan orbit suatu planet mengitari sebuah bintang, S, dan tanda-tanda membagi orbit ke dalam 14 selang waktu yang sama, t=14T​ dengan T adalah perio...

206

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia