Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah pegas diberi beban 6,4 kg pada ujungnya, kemudian beban ditarik 20 cm dari titik setimbang dan dilepas sehingga mengakibatkan beban bergetar dengan percepatannya. Jika beban ditarik dan dilepas, maka percepatan beban 5 m/s 2 , tentukan gaya tarik pegas!

Sebuah pegas diberi beban 6,4 kg pada ujungnya, kemudian beban ditarik 20 cm dari titik setimbang dan dilepas sehingga mengakibatkan beban bergetar dengan percepatannya. Jika beban ditarik dan dilepas, maka percepatan beban 5 m/s2, tentukan gaya tarik pegas! 

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

besar gaya tarik pegas adalah 64 N.

besar gaya tarik pegas adalah 64 N. undefined 

Iklan

Pembahasan

Diketahui: m = 6,4 kg ∆ x = 20 cm = 0,2 m a = 5 m/s 2 Ditanya: F = ...? Jawaban: Gerak harmonik sederhana adalah gerak bolak-balik suatu benda yang melewati titik keseimbangan tertentu dengan banyaknya getaran benda dalam setiap sekon selalu konstan. Gaya pemulih dimiliki oleh setiap benda elastisyang terkena gaya sehingga benda elastis tersebut berubah bentuk. Gaya yang timbul pada benda elastis untuk menarik kembali benda yang melekat padanya di sebut gaya pemulih. Pegas adalah salah satu contoh benda elastis. Oleh sifat elastisnya ini, suatu pegas yang diberi gaya tekan atau gaya regang akan kembali pada keadaan setimbangnya mula-mula apabila gaya yang bekerja padanya dihilangkan. Pada pegas tersebut, besar gaya tarik pegas sama dengan gaya berat benda, sehingga Jadi, besar gaya tarik pegas adalah 64 N.

Diketahui:

m = 6,4 kg

x = 20 cm = 0,2 m

a = 5 m/s2 

Ditanya: F = ...?

Jawaban:

Gerak harmonik sederhana adalah gerak bolak-balik suatu benda yang melewati titik keseimbangan tertentu dengan banyaknya getaran benda dalam setiap sekon selalu konstan. Gaya pemulih dimiliki oleh setiap benda elastis yang terkena gaya sehingga benda elastis tersebut berubah bentuk. Gaya yang timbul pada benda elastis untuk menarik kembali benda yang melekat padanya di sebut gaya pemulih. Pegas adalah salah satu contoh benda elastis. Oleh sifat elastisnya ini, suatu pegas yang diberi gaya tekan atau gaya regang akan kembali pada keadaan setimbangnya mula-mula apabila gaya yang bekerja padanya dihilangkan.

Pada pegas tersebut, besar gaya tarik pegas sama dengan gaya berat benda, sehingga

begin mathsize 14px style F equals m g F equals open parentheses 6 comma 4 space kg close parentheses open parentheses 10 space straight m divided by straight s squared close parentheses F equals 64 space straight N end style 

Jadi, besar gaya tarik pegas adalah 64 N. undefined 

Latihan Bab

Pengantar Gerak Harmonik Sederhana

Gaya Pemulih

Persamaan Gerak Harmonik Sederhana

Periode dan Frekuensi Gerak Harmonik Sederhana

50

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Era melakukan eksperimen ayunan sederhana dengan, menggantungkan beban bermassa 125 g. Dengan memvariasi simpangan pada bandul diperoleh besar gaya pemulih yang disajikan dalam bentuk tabel berikut. ...

113

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia