Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa gaya pegas yang bekerja pada benda di ujung pegas menyebabkan benda mengalami gerak harmonik?

Mengapa gaya pegas yang bekerja pada benda di ujung pegas menyebabkan benda mengalami gerak harmonik?space 

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ketika pegas ditarik dari titik setimbang akan terjadi gerak harmonik karena ada gaya pemulih yang menyebabkan pegas bergerak menuju titik setimbangnya.

ketika pegas ditarik dari titik setimbang akan terjadi gerak harmonik karena ada gaya pemulih yang menyebabkan pegas bergerak menuju titik setimbangnya.

Iklan

Pembahasan

Seperti yang ditunjukkan pada gambar 2, posisi kesetimbangan benda merupakan posisi pegas ketika belum ditarik atau ditekan. Pada posisi ini simpangan sama dengan nol. Saat pegas ditarik dari posisi setimbangnya (gambar 1), pegas akan memiliki gaya pemulih yang menyebabkan pegas bergerak ke arah titik setimbang (gambar 3), setelah melewati titik setimbang, pegas akan kembali bergerak menuju titik setimbang, maka terjadilah gerak harmonik. Dengan demikian, ketika pegas ditarik dari titik setimbang akan terjadi gerak harmonik karena ada gaya pemulih yang menyebabkan pegas bergerak menuju titik setimbangnya.

Seperti yang ditunjukkan pada gambar 2, posisi kesetimbangan benda merupakan posisi pegas ketika belum ditarik atau ditekan. Pada posisi ini simpangan sama dengan nol. Saat pegas ditarik dari posisi setimbangnya (gambar 1), pegas akan memiliki gaya pemulih yang menyebabkan pegas bergerak ke arah titik setimbang (gambar 3), setelah melewati titik setimbang, pegas akan kembali bergerak menuju titik setimbang, maka terjadilah gerak harmonik.

Dengan demikian, ketika pegas ditarik dari titik setimbang akan terjadi gerak harmonik karena ada gaya pemulih yang menyebabkan pegas bergerak menuju titik setimbangnya.

Latihan Bab

Pengantar Gerak Harmonik Sederhana

Gaya Pemulih

Persamaan Gerak Harmonik Sederhana

Periode dan Frekuensi Gerak Harmonik Sederhana

400

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Era melakukan eksperimen ayunan sederhana dengan, menggantungkan beban bermassa 125 g. Dengan memvariasi simpangan pada bandul diperoleh besar gaya pemulih yang disajikan dalam bentuk tabel berikut. ...

113

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia