Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah bola konduktor A berada di dalam sebuah kulit bola konduktor B, yang jejarinya lebih besar daripada jejari bola A. Mula-mula, kedua bola itu netral. Kemudian, bola A diberi muatan Q dan bola B diberi muatan - Q. Medan listrik di daerah yang berada di antara bola A dan bola B menjadi tidak sama dengan nol. SEBAB Medan listrik yang terdapat di sekitar bola A dan B berarah sama.

Sebuah bola konduktor A berada di dalam sebuah kulit bola konduktor B, yang jejarinya lebih besar daripada jejari bola A. Mula-mula, kedua bola itu netral. Kemudian, bola A diberi muatan Q dan bola B diberi muatan - Q. Medan listrik di daerah yang berada di antara bola A dan bola B menjadi tidak sama dengan nol.

SEBAB

Medan listrik yang terdapat di sekitar bola A dan B berarah sama.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, saling berhubungan

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tidak saling berhubungan

  3. Pernyataan benar, alasan salah

  4. Pernyataan salah, alasan benar

  5. Pernyataan salah, alasan salah

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan benar dan alasan salah.

pernyataan benar dan alasan salah.

Iklan

Pembahasan

Sebuah bola konduktor A berada di dalam sebuah kulit bola konduktor B, yang jejarinya lebih besar daripada jejari bola A. Artinya kedua bola ini diletakkan konsentris, dengan keadaan awal netral. Kemudian bola A diberi muatan Q dan bola B diberi muatan –Q, maka medan listrik di daerah yang berada di antara bola A dan bola B tidak mungkin nol. Medan listrik akibat kulit luar memang sama dengan nol, namun medan listrik akibat kulit dalam tidak sama dengan nol. Jadi, medan listrik di antara kedua kulit tidak mungkin nol. Karena muatan listrik yang ada pada A dan bola B tidak sejenis, maka seharusnya medan listrik yang terdapat di sekitar bola A dan bola B berlawanan arah. Jadi, pernyataan benar dan alasan salah.

Sebuah bola konduktor  A berada di dalam sebuah kulit bola konduktor B, yang jejarinya lebih besar daripada jejari bola A. Artinya kedua bola ini diletakkan konsentris, dengan keadaan awal netral. Kemudian bola A diberi muatan Q dan bola B diberi muatan –Q, maka medan listrik di daerah yang berada di antara bola A dan bola B tidak mungkin nol. Medan listrik akibat kulit luar memang sama dengan nol, namun medan listrik akibat kulit dalam tidak sama dengan nol. Jadi, medan listrik di antara kedua kulit tidak mungkin nol.

Karena muatan listrik yang ada pada A dan bola B tidak sejenis, maka seharusnya medan listrik yang terdapat di sekitar bola A dan bola B berlawanan arah.

Jadi, pernyataan benar dan alasan salah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

182

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah bola konduktor dengan jari-jari R memiliki rongga berbentuk bola yang berjari-jari a dihitung dari pusat bola konduktor, dengan a > 2 R ​ .Di pusat bola konduktor diletakkan sebuah muatan li...

14

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia