Roboguru

Sebuah benda diberikan gaya 200 N bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Berapakah percepatan benda tersebut apabila massa benda diperbesar 4/3 kali massa benda mula-mula ... m/s2.

Pertanyaan

Sebuah benda diberikan gaya 200 N bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Berapakah percepatan benda tersebut apabila massa benda diperbesar 4/3 kali massa benda mula-mula ... m/s2.space 

  1. 1,33space 

  2. 1,4space 

  3. 1,45space 

  4. 1,50space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Diketahui:

F1 = 200 N

a1 = 2 m/s2

m2 = 4/3 m1

Ditanya: a2?

Jawab:

Soal tersebut merupakan perbandingan antara massa dengan percepatan dimana massa berbanding terbalik dengan percepatan. Maka berdasarkan persamaan Hukum II Newton sum F equals m times a dapat ditulis persamaan perbandingannya sebagai berikut:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell a subscript 2 over a subscript 1 end cell equals cell m subscript 1 over m subscript 2 end cell row cell a subscript 2 over 2 end cell equals cell fraction numerator m subscript 1 over denominator 4 divided by 3 space m subscript 1 end fraction end cell row cell a subscript 2 end cell equals cell 3 over 4 times 2 end cell row cell a subscript 2 end cell equals cell 1 comma 5 space straight m divided by straight s squared end cell end table

Sehingga percepatan benda menjadi 1,5 m/s2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Diagram di atas menunjukkan bagan sebuah hovercraft yang sedang bergerak dari kiri ke kanan. Empat gaya bekerja pada hovercraft, yaitu HAMBATAN, ANGKAT, MAJU, dan BERAT. Maka : Dua dari gaya terseb...

Pembahasan Soal:

Sebuah hovercraft yang sedang bergerak dari kiri ke kanan memiliki empat gaya bekerja pada hovercraft tersebut, yaitu HAMBATAN, ANGKAT, MAJU, dan BERAT. Keempat gaya ini dapat dilukiskan seperti gambar di bawah ini:

Menghitung berat hovercraft yang massanya 500 kg. Gaya berat merupakan gaya yang dimiliki benda akibat tertarik oleh percepatan gravitasi bumi, sehingga persamaannya adalah W equals m cross times g. Di dalam soal tidak disebutkan sehingga kita anggap besar percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2. Maka berat hovercraft adalah

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row W equals cell m cross times g end cell row blank equals cell 500 cross times 10 end cell row blank equals cell 5.000 space straight N end cell end table

Jadi, berat berat hovercraft yang massanya 500 kg adalah 5.000 N.

Untuk mendapatkan hovercraft tepat mengapung di atas ban karetnya diperlukan gaya angkat yang arahnya ke atas dan lebih besar daripada gaya berat yang arahnya ke bawah. Sehingga untuk membuat hovercraft tepat mengapung di atas ban karetnya minimal diperlukan gaya angkat sebesar 5.001 N.

0

Roboguru

Kertas yang menempel pada penggaris yang digosok-gosokkan ke rambut disebut gaya ...

Pembahasan Soal:

Sebelum kamu menggosok penggaris dengan rambut, muatan listrik penggaris itu netral. Atom-atom penggaris tersebut memiliki jumlah proton dan elektron yang sama. Pada saat kamu menggosok penggaris tersebut dengan rambut, gosokan itu menyebabkan elektron-elektron itu pindah dari rambut ke penggaris. Dengan membuat lebih banyak elektron terkumpul pada penggaris, kamu memberikan muatan listrik negatif pada penggaris tersebut. Penggaris itu bermuatan negatif, dan rambut tersebut bermuatan positif.  Benda-benda yang bermuatan listrik dapat saling berinteraksi. Interaksi ini dapat berupa tarikan atau tolakan. Sebagaimana potongan kertas kecil yang tertarik dan menempel pada penggaris yang telah bermuatan listrik.

Fenomena diatas termasuk kedalam gaya listrik statis.

Dengan demikian, kertas yang menempel pada penggaris yang digosok-gosokkan ke rambut disebut gaya listrik statis.space 

 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan gaya dan berikan contohnya!

Pembahasan Soal:

Pembahasan :

Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan perubahan pada bentuk benda, arah gerak benda, dan kecepatan gerak benda.

Contoh gaya antara lain :

  • Gaya otot : menendang bola
  • Gaya magnet : magnet menarik paku besi
  • Gaya mesin : kerja motor pada mesin kendaraan
  • Gaya pegas : gaya pada ketapel

Jadi, gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan perubahan pada bentuk benda, arah gerak benda, dan kecepatan gerak benda.

Contoh gaya yaitu menendang bola (gaya otot), magnet menarik paku besi (gaya magnet), kerja motor pada mesin kendaraan (gaya mesin), dan gaya pada ketapel (gaya pegas).

1

Roboguru

Gaya ... dapat menarik potongan-potongan kertas kecil.

Pembahasan Soal:

Gaya listrik dapat menarik potongan-potongan kertas kecil. Penggaris yang sudah digosokkan sebelumnya ke kain dapat menarik potongan-potongan kertas kecil karena keduanya memiliki muatan yang berbeda.

Gaya listrik adalah gaya tarik menarik atau tolak menolak yang terjadi pada muatan listrik. Muatan yang sama akan saling tolak menolak sedangkan muatan yang berbeda akan saling tarik menarik.

Jadi, Gaya listrik dapat menarik potongan-potongan kertas kecil. 

0

Roboguru

Saat kamu melempar batu dengan ketapel, maka kamu menggunakan gaya...

Pembahasan Soal:

Gaya otot adalah dorongan ataupun tarikan yang bekerja pada suatu benda yang bersumber dari otot kita. Gaya otot juga terjadi saat kita menarik, mendorong, dan mengangkat benda.

Dengan demikian, saat kamu melempar batu dengan ketapel, maka kamu menggunakan gaya otot.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved