Roboguru

Diagram di atas menunjukkan bagan sebuah hovercraft yang sedang bergerak dari kiri ke kanan. Empat gaya bekerja pada hovercraft, yaitu HAMBATAN, ANGKAT, MAJU, dan BERAT. Maka : Dua dari gaya tersebut telah ditandai. Lukis dan beri label kedua panah lainnya untuk menunjukkan kedua gaya lainnya! Massa hovercraft adalah 500 kg. Hitung beratnya! Nyatakan ukuran gaya angkat yang diperlukan untuk mendapatkan hovercraft tepat mengapung di atas ban karetnya!

Pertanyaan

Diagram di atas menunjukkan bagan sebuah hovercraft yang sedang bergerak dari kiri ke kanan. Empat gaya bekerja pada hovercraft, yaitu HAMBATAN, ANGKAT, MAJU, dan BERAT. Maka :

  1. Dua dari gaya tersebut telah ditandai. Lukis dan beri label kedua panah lainnya untuk menunjukkan kedua gaya lainnya!
  2. Massa hovercraft adalah 500 kg. Hitung beratnya!
  3. Nyatakan ukuran gaya angkat yang diperlukan untuk mendapatkan hovercraft tepat mengapung di atas ban karetnya!

Pembahasan Soal:

Sebuah hovercraft yang sedang bergerak dari kiri ke kanan memiliki empat gaya bekerja pada hovercraft tersebut, yaitu HAMBATAN, ANGKAT, MAJU, dan BERAT. Keempat gaya ini dapat dilukiskan seperti gambar di bawah ini:

Menghitung berat hovercraft yang massanya 500 kg. Gaya berat merupakan gaya yang dimiliki benda akibat tertarik oleh percepatan gravitasi bumi, sehingga persamaannya adalah W equals m cross times g. Di dalam soal tidak disebutkan sehingga kita anggap besar percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2. Maka berat hovercraft adalah

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row W equals cell m cross times g end cell row blank equals cell 500 cross times 10 end cell row blank equals cell 5.000 space straight N end cell end table

Jadi, berat berat hovercraft yang massanya 500 kg adalah 5.000 N.

Untuk mendapatkan hovercraft tepat mengapung di atas ban karetnya diperlukan gaya angkat yang arahnya ke atas dan lebih besar daripada gaya berat yang arahnya ke bawah. Sehingga untuk membuat hovercraft tepat mengapung di atas ban karetnya minimal diperlukan gaya angkat sebesar 5.001 N.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved