Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah batu dilempar vertikal ke atas. Beberapa saat kemudian kembali ke titik asal pelemparan. Lukislah sketsa grafik yang menunjukkan hubungan energi kinetik dan waktu!

Sebuah batu dilempar vertikal ke atas. Beberapa saat kemudian kembali ke titik asal pelemparan. Lukislah sketsa grafik yang menunjukkan hubungan energi kinetik dan waktu!

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ketika batu dilempar ke atas, dengan mengabaikan gaya gesek dengan udara maka batu akan mengalami perlambatan hingga mencapai ketinggian maksimum kemudian akan bergerak turun kembali karena mengalami percepatan akibat gravitasi. Sehingga ketika batu dilempar ke atas, Energi potensial batu berasal dari 0 kemudian nilainya akan bertambah hingga mencapai ketinggian maksimum. Energi potensial batu akan kembali berkurang saat batu kembali bergerak turun. Sedangkan e nergi kinetik batu ketika dilempar ke atas akan terus berkurang hingga mencapai nilai 0 saat batu berada di ketinggian maksimum, lalu energi kinetik batu akan bertambah saat batu bergerak turun dipercepat. Sehingga grafik energi kinetik dan waktu digambarkan sebagai berikut;

Ketika batu dilempar ke atas, dengan mengabaikan gaya gesek dengan udara maka batu akan mengalami perlambatan hingga mencapai ketinggian maksimum kemudian akan bergerak turun kembali karena mengalami percepatan akibat gravitasi.

Sehingga ketika batu dilempar ke atas, Energi potensial batu berasal dari 0 kemudian nilainya akan bertambah hingga mencapai ketinggian maksimum. Energi potensial batu akan kembali berkurang saat batu kembali bergerak  turun.

Sedangkan energi kinetik batu ketika dilempar ke atas akan terus berkurang hingga mencapai nilai 0 saat batu berada di ketinggian maksimum, lalu energi kinetik batu akan bertambah saat batu bergerak turun dipercepat.

Sehingga grafik energi kinetik dan waktu digambarkan sebagai berikut;

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah kelapa bermassa 2,5 kg dijatuhkan dari sebuah gedung setinggi 22 m dengan kecepatan 4 m/s. Hitunglah besarnya energi potensial ( EP ), energi kinetik ( EK ), dan kecepatan buah kelapa saat menc...

30

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia